11

MAY 20

Tim writer GoodLife

Hanya 10 Menit Sebelum WFH, Rasakan Manfaat dari Stretching!

Walaupun hanya di rumah aja, bukan berarti kita tidak berolahraga. Banyak olahraga yang tetap bisa dilakukan dari rumah kok. Jika olahraga yang berat terlalu menyusahkan, kamu bisa lakukan dengan minimalnya stretching sebelum memulai work from home atau WFH ini.

 

Otot-otot tubuh tetap memerlukan adaptasi dan latihan supaya kuat dan lentur. Otot yang kuat dan lentur akan membuat gerak menjadi lebih fleksibel sehingga performa fisik kita meningkat. Fisik yang kuat, tentu juga dapat membuat lebih baik saat bekerja. Salah satu cara menjaga kelenturan dan kesehatan otot adalah dengan melakukan stretching alias peregangan.

 

Sebaiknya lakukan peregangan dengan teknik yang tepat dan benar. Salah melakukan gerakan stretching bisa-bisa malah menyebabkan cedera. Stretching dinamis dan stretching statis merupakan 2 jenis stretching yang paling umum. Stretching dinamis adalah peregangan dengan melakukan gerakan-gerakan sehingga otot bergerak dan tertarik dan cukup lentur untuk melakukan aktivitas atau olahraga. Stretching dinamis terbukti juga bisa membantu menyiapkan otot serta meningkatkan performa saat beraktivitas. Sementara stretching statis adalah peregangan dalam posisi tubuh statis dan nyaman.

Apa saja manfaat stretching?

Yang pasti membuat otot-otot tubuh menjadi lebih fleksibel, kuat, dan sehat. Fleksibilitas otot sangat penting untuk menjaga sendi-sendi tetap berfungsi baik. Tanpa fleksibilitas, otot akan memendek dan mengeras sehingga tak cukup kuat dan lentur untuk beraktivitas. Resikonya, bisa terjadi nyeri sendi, otot-otot tegang, cedera punggung, bahkan kerusakan otot.

Stretching secara teratur ternyata juga bisa mengurangi sakit kepala akibat stres. Selain memilih diet yang tepat, minum dan istirahat yang cukup, stretching juga bisa membantu mengurangi sakit kepala tipe ini.

Melakukan peregangan secara teratur juga membantu memperlancar peredaran darah ke otot sehingga mengurangi nyeri atau sakit pada otot atau delayed onset muscle soreness alias DOMS.

Berapa lama waktu untuk stretching?

Tak perlu lama-lama, cukup 5-10 menit. Misalnya 5-10 menit melakukan stretching dinamis sebelum beraktivitas, dan 5-10 menit stretching statis setelah beraktivitas. Jika kamu baru memutuskan untuk memasukkan stretching ke dalam jadwal harian, mulailah dengan perlahan-lahan lebih dulu. Sama halnya latihan atau olahraga lain, tubuh juga butuh waktu untuk membiasakan diri dengan peregangan.

 

Olahraga memang sangat penting. Otot yang kencang dan tegang karena tak pernah berolahraga akan menyebabkan kemampuan gerak tubuh berkurang. Akibatnya, selain nyeri otot, punggung pun bisa cedera karena tegang. Nah, stretching bisa mengurangi ketegangan maupun cedera otot di punggung.

 

Baca Juga : Gerakan Stretching Ini Bisa Bikin Kamu Makin Kreatif Di Kantor

Recommended Articles