07

MAY 20

Tim writer GoodLife

Rahasia Kulit Bersinar Bisa Dengan Bahan Makanan Ini!

Memiliki kulit sehat dan glowing adalah impian wanita. Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang lebih untuk melakukan perawatan, termasuk membeli rangkaian skincare mahal agar kulit mereka glowing seperti artis korea. Apa kamu salah satu diantaranya?

Yah skincare memang mempunyai peran untuk kulit bercahaya, tapi hanya sebagai peran pendukung, ada faktor yang lebih penting yaitu makanan. Yes, kalau ingin menghilangkan jerawat, mengurangi garis-garis halus atau mencegah penuaan dini mulailah untuk makan dengan benar. Cara ini dinilai lebih tepat.

Goodlife coba kasih rekomendasi makanan sehat untuk kecantikan kulit kamu

1.  Avocado Untuk Menjaga Kelembaban Kulit

Buah yang satu ini kaya kandungan lemak sehat yang membantu menjaga kulit tetap fleksibel dan lembab. Avokado kaya vitamin E, antioksidan yang membantu menjaga kulit dari kerusakan. Selain di konsumsi kamu juga bisa menggunakan avokado ini untuk membuat masker, dengan menambah bahan lain seperti kuning telur yang memiliki vitamin A dan juga yogurt untuk mengangkat sel kulit mati. Kamu juga bisa mambahkan madu untuk kelembapan ekstra.

Caranya: Haluskan 1 buah alpukat, campur dengan 3 butir kuning telur, 2 sendok makan yogurt plain dan 2 sendok makan madu. Campur semua bahan, setelah rata oleskan ke dalam kulit wajah. Diamkan 15-20 menit biar meresap, bersihkan dengan handuk kering, setelah masker terangkat bilas wajah kamu dengan air hangat.

 

 2.  Ubi Sebagai Sunblock

Tahukah kamu bahwa ubi ternyata merupakan sumber betakaroten? Betakaroten ini berfungsi sebagai sunblock alamiah yang menjaga kulit tetap sehat. Rajin mengonsumsi ubi  juga jalar juga bisa sebagai anti aging karena kandungan vitamin c nya, dan khasiat lain umbi-umbian ini adalah sebagai antioksidan yang menjaga sel kulit dari paparan sinar matahari sehingga terhindar dari kulit terbakar, sel kulit mati, atau keriput. 

Butuh toner alami? kamu perlu mencoba membuatnya dari ubi jalar. Toner alami ini akan membantu menyarap kotoran dan membersihkan pori-pori, selain itu bisa menenangkan kulit yang teriritasi. Caranya? Jika kamu merebus ubi jalar, jangan dibuar air rebusannya, saring air rebusan tersebut dan simpan kedalam botol dan dinginkan di lemari es. Toner alami sudah siap digunakan.

 

3.  Brokoli Mencegah Kulit Kering

Sayuran ini sangat kaya vitamin dan mineral yang baik bagi kulit di antaranya zinc, vitamin A dan vitamin C. Brokoli juga mengandung lutein yang akan mencegah kulit kering dan berkeriput. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung zat bernama sulforaphane yang berfungsi sebagai antikanker, termasuk kanker kulit.

Brokoli mampu bekerja sebagai tabir surya yang meindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Kamu bisa mengoleskan ekstrak brokoli pada kulit sebelum mandi agar bisa mendapatkan manfaat tersebut.

Cara lain untuk membuat masker brokoli adalah kamu bisa menggunakan batang  brokoli yang dikombinasikan dengan yogurt. Caranya parut batang brokoli agar halus dan campur yogurt plain secukupnya, segera oleskan masker ke wajah kamu dan biarkan 15-20 menit agar meresap. Bilas wajah dengan air bersih. FYI, pilih brokoli yang segar dan berwarna hijau tua, kerena semakin tua warna brokoli semakin baik kandungan nutrisinya.

 

4.  Tomat Untuk Kulit Kusam

Tomat kaya kandungan vitamin C dan juga karetonoid utama seperti lycopene. Beta karoten, lutein, dan lycopene terbukti mampu menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Senyawa flavonoid yang berada di dalam tomat juga ternyata mampu melindungi kulit dari radikal bebas. 

Selain itu jika kamu mempunyai kulit yang kusam, penuh flek dan noda bekas jerawat coba manfaatkan keajaiban dari si tomat ini. Kandungan astringent alami nya bisa memerikan nutrisi baik pada kulit. Selain di konsumsi langsung atau dibuat jus, kamu bisa juga menggunakannya menjadi masker.  Rutin dan sabar adalah koentji karena menggunakan bahan natural hasilnya tidak bisa instan ya Goodpeeps

 

5.  Ikan Salmon Mengurangi Penyebab Jerawat

Ikan salmon sangat baik bagi kulit karena mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan segar. Selain itu, omega-3 juga bisa mengurangi inflamasi penyebab kulit merah dan jerawat. Salmon mengandung astaxanthin dan keto-karotenoid, sebuah senyawa kimia yang memberi warna merah muda pada ikan ini. Yah senyawa inilah yang membantu merangsang kulit agar lebih banyak memproduksi kolagen. Berapa porsi salmon yang harus dikonsumsi?

Sebaiknya makan seporsi salmon tiga kali dalam seminggu. Dimasak atau makan mentah sama baiknya, sebuah studi di USDA mencatat memasak salmon tidak akan menghilangkan nutrisi, asalkan jangan memasak terlalu lama.

 

6.  Green Tea Sebagai Anti Aging

Green tea mempunyai zat antioksidan yang kuat dalam mengeluarkan racun. Setelah kotoran ini sudah dihilangkan maka semua masalah jerawat dan pigementasi akan di detox. Teh hijau ini juga sarat dengan katekin yang membentuk kolagen dan elastin. Kedua protein ini lah yang bisa mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Last but not least, teh kesukaan wanita Jepang ini kaya akan polifenol, teh hijau bisa meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen, inilah kunci tekstur kulit yang sempurna. Minuman ini sangat baik jika dikonsumsi setelah makan. Dengan menambahkan sedikit madu kamu sudah menciptakan minuman yang dipenuhi antioksidan yang memperbaharui sel-sel kulit yang membuat julit jadi lebih muda. 

 

Tunggu apa lagi, yuk coba dan rasakan manfaat kecantikan yang luar biasa di kulit mu, tapi ingat yaa Goodpeeps harus rutin dan sabar untuk hasil maksimal . Selamat mencoba.

 

Baca juga : Hobi merawat Kulit Perhatikan 10 Hal Ini

Recommended Articles