08

MAY 20

Tim writer GoodLife

Ini Jenis Nutrisi Yang Kamu Butuhkan Saat Berpuasa

Selama berpuasa seharian, pastinya tubuh membutuhkan asupan nutrisi lebih tinggi dibandingkan biasanya, karena tubuh kamu ditantang supaya tetap kuat untuk menjalani puasa dari sahur hingga berbuka. Maka dari itu kamu harus memperhatikan asupan nutrisi agar tetap sehat dan bugar.

Nah agar puasa tetap berjalan lancar, kamu wajib tahu nutrisi apa saja yang harus dipenuhi selama berpuasa. Ini diantaranya:

 

1. Karbohidrat

Nutrisi yang satu ini sebagai sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh, tanpa asupan karbohidrat yang cukup di tengah puasa kamu pasti sudah merasa lemas karena kurang tenaga. Supaya puasa kamu lancar, pastikan pada saat sahur kamu mengkonsumsi menu sahur seperti gandum utuh, nasi merah atau nasi coklat.

 

2. Protein

protein

Protein tak hanya berperan untuk mempercepat terbentuknya jaringan otot pada tubuh. Asupan protein yang cukup saat berpuasa bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, hal ini karena protein bernama peptida bekerja menghalangi syaraf Moupioid Receptor yang berfungsi mengirim sinyal lapar ke otak, sehingga mengkonsumsi makanan yang banyak protein di bulan puasa akan membuatmu menjalankan puasa tanpa diganggu oleh rasa lapar.

Protein dapat kamu temukan pada kacang-kacangan, ikan, telur, daging, dan ayam.

 

3. Lemak

Mungkin sebagian dari kamu menganggap bahwa lemak merupakan zat yang rentan akan penyebab terjadinya obesitas. Padahal saat kamu berpuasa, lemak juga dibutuhkan lho, supaya kalian tetap kuat dalam menjalankan puasa. Lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita tentunya lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL).

Nutrisi ini bisa kamu dapatkan di makanan seperti alpukat, gandum, minyak zaitun, dan biji-bijian.

 

4. Vitamin

Diantara sekian banyak vitamin ada beberapa jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama pada saat berpuasa, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : 

vitamin

Vitamin A

Vitamin A dalam tubuh memiliki banyak peran penting untuk membantu tubuh kita selama berpuasa. Fungsi vitamin A antara lain meningkatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan mata, selain itu vitamin A juga meliputi zat beta karoten yang dapat membantu retina, kornea dan mata agar dapat berfungsi dengan baik pada saat berpuasa.

Makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah sayur bayam, ubi jalar, hati sapi, telur, susu, labu, sawi, paprika merah dan wortel. 

 

Vitamin C

Sudah banyak diketahui, bahwa dengan mengonsumsi vitamin C dapat membantu imunitas tubuh kamu terjaga.  Vitamin C merupakan sumber zat antioksidan penting untuk tubuh. Selain  itu, vitamin C bisa mampu mencegah penyakit kardiovaskular dan membuat kulit kamu sehat dan cantik lho goodpeeps.

Kamu bisa dapat menemukan vitamin C pada buah-buahan dan suplemen. 

Contoh buah dan sayur  yang mengandung vitamin C adalah jambu biji, jeruk, kiwi, stroberi, brokoli dan bayam. 

 

Vitamin D

Goodpeeps, pada saat puasa terus kamu mengalami suasana hati yang tidak bagus, berarti itu tandanya kamu sedang kurang vitamin D lho. Ternyata vitamin D ini dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan atau melepaskan hormon dopamine dan serotine yang memiliki efek seperti obat antidepresan. 

Kebutuhan vitamin D pasa saat puasa, dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi makanan seperti susu, ikan salmon, telur, dan jamur. 

Namun sumber alami dari vitamin D adalah sinar matahari pagi, sempatkan untuk berjemur di pagi hari sekitar 10-15 menit.

 

5. Zinc

Zinc atau seng juga dibutuhkan oleh manusia pada saat berpuasa, karena zinc juga membantu sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Nutrisi zinc ini berpengaruh pada motorik, kognitif, dan fungsi psikososial. Kekurangan asupan zinc, menyebabkan seseorang lebih mudah lelah.

Makanan yang banyak mengandung zinc atau seng ini ada di daging merah, kacang-kacangan, susu, dan makanan laut.



Nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa kurang lebih sama dengan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari. Namun sebaiknya jangan dianggap remeh ya goodpeeps, karena proses dari fungsional tubuh untuk orang yang sedang berpuasa berbeda dengan biasanya. Mulai sekarang sajikan makanan sehat untuk sahur dan buka puasa, karena dengan kandungan nutrisi yang ada pada daging, sayur dan buah-buahan akan sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh kamu.

 Baca juga :  Jaga Kekebalan Tubuh Dengan Makanan Berprotein Ini

Recommended Articles