30

JUL 19

Tim writer GoodLife

4 Hal Penting Sebelum Membeli Mobil Pertama Kali

Butuh atau sekedar lifestyle?

Kendaraan roda empat atau mobil saat ini sudah bukan lagi sepenuhnya barang mewah. Di kota-kota besar seperti Jakarta, mobil sudah menjadi kebutuhan. Selain karena moda transportasi umum yang belum memadai, efisiensi memakai mobil pribadi juga menjadi pertimbangan saat membeli mobil. Nah, buat kamu yang baru akan membeli mobil pertama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelumnya, di antaranya:

 

1.   Tentukan fungsinya

Sebelum menentukan pilihan merek dan tipe mobil, tentukan dulu kegunaan mobil yang akan kamu beli. Apakah untuk aktivitas sehari-hari seperti ke kantor atau meeting di berbagai tempat, untuk keluarga (jika sudah berkeluarga dan punya anak), utuk keperluan bisnis, dan sebagainya. 

Masing-masing pilihan fungsi tadi membutuhkan jenis mobil yang berbeda-beda. Misalnya untuk beraktivitas sehari-hari (misalnya ke kantor), city car atau sedan hatchback bisa menjadi pilihan, sementara untuk bepergian bersama keluarga, multi purpose vehicle alias MPV adalah pilihan yang paling tepat. Jangan sampai salah pilih, ya. Setelah itu, kamu boleh memilih merek mobil dan warna favorit 

 

2.   Pertimbangkan biaya bulanan

Sebelum memutuskan membeli mobil, sebaiknya konsultasikan dengan orang yang sedikit banyak tahu tentang mobil, dari mulai merek sampai ke soal mesin. Review atau pendapat dari orang-orang ini sangat penting karena urusan mobil tak hanya soal desain, melainkan berkaitan juga dengan budget (servis, pajak kendaraan, konsumsi BBM, dan sebagainya). Dengan begitu kamu jadi punya gambaran, sebulan kira-kira bakal mengeluarkan berapa rupiah untuk merawat mobil kesayangan.

 

3.   Sesuaikan dengan budget

Setelah menentukan tipe mobil dan gambaran pengeluaran bulanan, tentukan mobil harga berapa yang akan kamu beli. Sesuaikan dengan budget yang disiapkan, misalnya karena budget terbatas, maka yang dipilih adalah mobil bekas. Pertimbangkan juga apakah akan membeli secara tunai atau kredit. Jika memilih membeli secara kredit, pastikan besar cicilan tak lebih dari 30% penghasilan bulanan.

 

4.   Jangan tergiur harga yang murah

Saat ini ada banyak merek dan tipe mobil yang beredar di pasaran. Harganya pun bervariasi, mulai yang relatif terjangkau hingga premium. Jika budget mencukupi, ada baiknya memilih mobil yang performanya sudah dijamin memuaskan. Jangan hanya tergiur oleh harga murah yang ditawarkan, ya. Tidak apa-apa sedikit lebih mahal, tetapi kamu tidak direpotkan oleh berbagai kekurangan mobil murah tersebut. 

Recommended Articles