12

MAY 20

Tim writer GoodLife

Butuh Potong Rambut Saat PSBB, Harus Gimana?

Goodpeeps, saat ini kita masih menjalankan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar akibat pandemik COVID-19. Di masa-masa sekarang ini masyarakat diharuskan untuk tetap berada dirumah dan sangat mengurangi aktifitas diluar rumah termasuk bekerja dari rumah atau WFH. Namun, saat ini munculah masalah kecil dari beberapa masyarakat akibat sudah cukup lama dirumah yaitu masalah potong rambut. 

Beberapa orang mengeluhkan tidak bisa pergi ke salon atau barbershop karena PSBB atau karantina mandiri dan banyak salon atau barbershop yang akhirnya tutup setelah diberlakukannya PSBB, sedangkan ada orang yang memerlukan perawatan rambut meskipun #dirumahaja terutama laki-laki yang rambutnya mulai panjang. Selain potong rambut beberapa orang juga membutuhkan perawatan rambut seperti perawatan rambut berwarna yang warnanya mulai pudar dan membutuhkan retouch.

 

Mengapa pergi ke salon dilarang saat ini?

Sebenarnya bukan kegiatan potong rambut yang dilarang, tapi kegiatan yang melibatkan orang luar yaitu pergi ke salon atau memanggil orang ke rumah. Bisnis salon atau barbershop ini kurang dianggap penting atau tidak esensial saat ini, artinya bisnis itu penting untuk menjaga agar negara tetap berjalan atau tidak. Bisnis esensial umumnya mencakup hal-hal seperti toko bahan makanan, bensin dan bisnis lain yang menyediakan layanan masyarakat seperti rumah sakit. 

Perlu kamu ketahui ternyata memotong rambut juga berisiko bagi kesehatan kamu dan kesehatan orang-orang di sekitar. Coronavirus menyebar melalui droplet pernapasan yang berpindah dari orang yang terinfeksi ke orang lain, umumnya dalam jarak 6 kaki. Jadi berada didekat dengan seseorang, seperti penata rambut mungkin bisa membuat kamu berdua berisiko jika salah satu dari kamu positif terkena virus.

 

Kapan kamu bisa potong rambut lagi?

Hingga saat ini masih belum bisa diprediksi kapan pandemik ini akan berakhir, selain itu apabila PSBB masih berlangsung dan diperpanjang kita sebaiknya menunggu waktu yang aman untuk bisa pergi ke salon. Sampai dianggap aman untuk menghentikan jarak sosial dan berkumpul dengan orang lain

Apakah berbahaya memanggil tukang potong ke rumah?

Untuk saat ini sebaiknya jangan dilakukan mengingat masih diberlakukannya social distancing. Ini menempatkan kamu, tukang potong rambut/stylish, dan siapa pun disekitar kamu berisiko termasuk komplek rumah kamu. Walaupun kamu dan tukang potong rambut merasa baik-baik saja, faktanya sebanyak 25 persen orang yang terinfeksi COVID-19 mungkin tidak memiliki gejala virus apa pun tetapi masih bisa menularkannya kepada orang lain, menurut Robert Redfield, MD, direktur dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Hal lain yang mungkin luput perhatian adalah tukang potong atau stylish kamu akan beresiko terpapar virus karena mereka harus melakukan perjalanan dari rumah mereka ke rumah kamu.

Ketika sudah diizinkan untuk bertemu stylist, bagaimana kita bisa pergi bertemu dengan aman?

Beberapa salon yang sudah dibuka mengambil tindakan pencegahan ekstra, seperti menyemprotkan disinfektan secara teratur, stylist dan pelanggan yang memakai masker dan sarung tangan. Yang bisa kamu lakukan adalah cuci tangan sebelum dan sesudah bertemu stylish atau tukang potong rambut kamu dan kenakan masker wajah kain berkualitas tinggi. Jika kamu membuat janji bertemu di rumah sebaiknya kamu dan orang tersebut berada di area yang telah dibersihkan dan diberi didesinfektan.

 

Pada akhirnya, pilihan yang paling aman dan bertanggung jawab adalah menunggu.

Goodpeeps, jika kamu ingin aman sebaiknya kamu menunggu waktu yang benar-benar tepat untuk pergi ke salon yaitu saat social distancing sudah tidak berlaku lagi. Jika rambut kamu sudah tumbuh panjang dan kamu tidak tahan lagi kamu bisa memotongnya sendiri dirumah atau meminta bantuan orang dirumah untuk memotong rambut kamu. Cara itu bisa menjadi alternatif untuk keadaan saat ini daripada memanggil orang asing untuk memotong rambut di rumah


Source

Recommended Articles