09

MAY 20

Tim writer GoodLife

Hara Hachibunme: Metode Makan Ala Jepang yang Cocok di Bulan Puasa

Halo Goodpeeps, di bulan puasa ini, Goodlife memperkenalkan metode makan asal Jepang, bernama hara hachibunme atau makan hanya kenyang 80%, ini mirip dengan nasehat makan di Indonesia, berhentilah makan sebelum kenyang. 

Pada saat bulan puasa, orang cenderung makan dengan porsi banyak di saat berbuka dan gak jarang saat sahur, makan kita jadi terburu-buru takut imsak. Keduanya mengakibatkan rasa kenyang maksimal yang tidak baik akibatnya bagi tubuh kita.

Kenapa metode makan hara hachibunme bagus untuk kesehatanmu? Menurut penelitian yang dilakukan di berbagai negara, penuaan pada sel dapat ditunda dengan perut terisi 80% atau disebut juga dengan pembatasan kalori.

Efek lain yang ditimbulkan dari perut yang terisi 80% adalah bisa mencegah munculnya kanker yang disebabkan oleh disfungsi sel dan gangguan pembuluh darah karena arteriosklerosis (hipertensi, stroke, dll) serta penyakit lain seperti diabetes.

Penilitian lain juga menyebukan bahwa pembatasan kalori bisa meningkatkan kekebalan tubuh.Bagaimana mempraktikkan makan dengan hara hachibunme di bulan puasa, yang di saat berbuka rasanya lapar sekali, bukan?

Semuanya dimulai dari pola pikir kita bahwa begitu waktunya berbuka puasa, meskipun kita sudah dibolehkan makan, namun sebaiknya tetap memikirkan apa yang dimakan dan polanya bagaimana, demi membuat tubuh kita tetap sehat.

Berikut tips menjalankan makan dengan metode hara hachibunme:

1.  Makan jangan buru-buru. Ketahuilah bahwa otak manusia merespons kenyang dalam 20 menit setelah mulai makan. Jadi, jangan makan buru-buru. Caranya perbanyak jumlah kunyahan, lalu selesaikan makan Anda segera saat merasa mulai kenyang.

2.  Pakai piring sedikit kecil daripada piring biasa. Dengan menggunakan piring kecil, maka porsi makanan automatis berkurang, tapi merasa puas. Jangan juga pakai piring yang sangat kecil karena mungkin Anda tambah lagi. 

3.  Potongan makanan yang masuk mulut berukuran besar. Dengan demikian Anda mengunyahnya jadi lebih banyak. 

4.  Tambah jumlah lauk, bila tersedia banyak jenis lauk di atas meja. Banyak lauk memberikan rasa puas, walaupun porsinya kecil.

5.  Sengaja meletakkan sendok, jangan selalu dipegang. Setelah suap pertama, letakkan sendok di meja. Lalu, selesai mengunyah, baru ambil sendok lagi dan menyuap.

6.  Fokus pada makanan. Matikan TV dan gadget yang bisa mengganggu makan Anda. Makan tanpa terganggu membuat porsi makan kita tak berlebihan dan bisa menikmati makanan yang kita santap.

7.  Pilih menu rendah kalori. Perbanyak makan ikan, kedelai, juga sayur-sayuran segar dan bijian yang kaya serat. Jangan sering makan daging berlemak dan makanan yang digoreng. Jika kamu harus makan daging coba pilihlah daging dengan sedikit lemak atau metode memasak yang dapat mengurangi lemak.

8.  Olahraga rutin. Lakukan aktivitas fisik secara rutin dan harus disesuaikan dengan usia. Gak usah yang berat-berat olahraganya kok. Kamu juga bisa mencoba Olahraga Murah tanpa Biaya Mahal, yang penting niat dan konsisten.

 

Sepertinya mudah dilakukan ya goodpeeps.

Recommended Articles