15

MAY 20

Tim writer GoodLife

Saat Flu Melanda, Coba Atasi dengan Obat Alami Berikut

Gejala flu biasa hampir mirip sekali dengan gejala terserang virus covid-19. Oleh karena nya, orang-orang terkadang sangat sensitif apabila menemukan seseorang dengan gejala flu. Untuk segera menyembuhkannya, kita bisa gunakan obat alami dari bahan-bahan yang ada di dapur. Daripada ketergantungan dengan obat berbahan kimia.

Sejak zaman nenek moyang, home remedies menjadi andalan ketika anggota keluarga ada yang sakit. Cukup meracik aneka herbal atau rempah alami di dapur atau memetik tanaman obat yang ditanam di halaman rumah. 

Satu dekade belakangan, metode home remedies kembali tren. Ketimbang terpapar zat kimia dari obat-obatan, orang beralih pada pengobatan berbahan alami untuk mengobati sakit. Termasuk ketika tubuh terserang virus influenza yang membuat segala aktivitasmu terhambat.

Berikut ini 6 bahan alami yang bisa kamu coba dan mudah ditemukan di dapur.

1. Jahe

Air Jahe

Efektif meningkatkan imunitas tubuh serta melegakan saluran pernapasan dan hidung yang tersumbat. Rasanya yang hangat bisa meredakan demam, gejala pusing dan mual.

Cukup rebus 1,5 cangkir air dan 3-4 ruas jahe ukuran sedang yang sudah dicuci bersih dan dimemarkan. Jika ingin aroma jahe lebih keluar, kamu juga bisa memarutnya. Biarkan air mendidih dan berkurang hingga 1 cangkir. Saring air rebusan jahe dan minum selagi hangat dengan tambahan perasan lemon.

 

 

2. Madu

Sifat antiseptik dan antimikroba pada madu bisa melawan peradangan akibat virus flu. Untuk pemulihan, kamu bisa mengkonsumsi 2 sendok madu murni per hari. Minum langsung atau dicampur air putih atau teh jika tidak suka teksturnya yang terlalu kental dan manis.

 

3. Bawang Putih

Bawang putih

Sejak zaman Mesir Kuno, bawang putih sudah digunakan untuk pengobatan, termasuk flu. Jurnal Clinical Nutrition mencatat kandungan vitamin C dan senyawa allicin pada bawang putih memperkuat imunitas tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Kalau doyan, kamu bisa langsung mengunyah bawang putih mentah. Tapi kalau nggak berani, kamu bisa menumisnya dengan sayuran misalnya. Atau, saat hidung lagi mampet-mampetnya, memarkan 2 siung besar bawang putih lalu seduh dengan air panas. Hirup uap panasnya hingga hidung mampet berangsur mereda.

 

4. Garam

Air garam bisa membantu mencairkan lendir di dinding hidung yang membuat mampet dan di tenggorokan yang membuatnya gatal. Caranya mudah kok, larutkan setengah sendok the garam dengan air hangat lalu kumur-kumur selama 30 detik.

 

5. Daun Mint

Nggak ada salahnya menanam satu pot kecil mint dan letakkan di dapur. Daun berbau khas ini bisa menjadi penolong kamu saat terkena flu. Ekstrak mint mirip dekongestan yang berguna mencairkan lendir penyebab hidung mampet dan melegakan pernapasan.

Campur beberapa lembar daun mint ke dalam teh atau cukup remas-remas dan hirup aromanya yang menenangkan.

 

6. Teh Hijau

Teh hijau

Masyarakat Tiongkok biasa menggunakan teh hijau sebagai obat flu. Tingginya antioksidan dalam teh hijau bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal virus flu. Yuk, legakan tenggorokan yang perih dan tubuh menggigil karena demam dengan segelas teh hijau hangat.

Jika bisa diatasi dengan yang alami, tidak perlu terburu-buru minum obat flu kan, Goodpeeps?

 

Baca Juga: Kenapa Sup Dipercaya Bisa Sembuhkan Flu? Ini Alasannya

Recommended Articles