16

MAY 20

Tim writer GoodLife

5 Menu Sahur Sehat, Praktis dan Murah Selama Ramadan

Gak terasa kita sudah memasuki minggu terakhir bulan puasa. Walaupun ibadah puasa tahun ini masih dalam keadaan PSBB karena wabah covid-19 dan perekonomian tidak stabil jangan sampai kita menjalankan puasanya menjadi terhambat. Para ibu rumah tangga pun harus lebih ekstra pintar untuk menyiasati kebutuhan rumah tangga, seperti menyiapkan menu sahur yang sehat, praktis dan murah.

Biar gak kehabisan ide menu sahur, Goodlife memberikan 5 rekomendasi menu yang dapat menghemat uang belanja kamu. Ini di antaranya :

1. Ayam suwir

ayam suwir( Image : dapur kobe )

Kalau kamu ingin tetap kenyang lebih lama, sahur dengan ayam suwir bisa jadi jawabannya. Karena protein yang tinggi pada ayam dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kamu cuma siapkan dada ayam yang sudah direbus dan di suwir-suwir, bumbu bawang merah, bawang putih, cabe merah, tomat, garam dan gula yang sudah dihaluskan.  

Caranya pun mudah, kamu tinggal goreng ayam yang sudah di suwir (setelah matang dipisahkan) lalu tumis bumbu halus dan masukkan ayam tambahkan kecap manis dan sedikit air lalu aduk hingga merata.

 

2. Sayur bening bayam

Dengan mengonsumsi sayur bening pada saat sahur dapat menenangkan perut kamu lho goodpeeps, karena adanya rasa hangat dan lembut dari sayur bayam ini. Vitamin dan mineral yang ada pada bayam pun bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh kamu selama menjalankan puasa.

Cara memasaknya pun praktis lho goodpeeps. Kamu tinggal rebus air hingga mendidih, lalu masukkan irisan bumbu bawang merah, bawang putih, temu kunci, kencur, daun salam, garam dan gula secukupnya. Terakhir masukkan potongan daun bayam, jagung manis, tomat dan wortel. 

 

3. Tumis brokoli

tumis brokoli

( Image : Dapur kobe )

Resep sehat dan praktis lainnya adalah tumis brokoli, sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya serat, karbohidrat kompleks, protein, air, mineral kalium, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, zinc, dan beragam jenis vitamin, termasuk vitamin A, B, C, E, dan vitamin K serta folat.

Bahan yang dibutuhkan adalah brokoli yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih. Sedangkan bumbu-bumbunya adalah cabe merah, bawang merah, bawang putih, gula dan garam secukupnya.

Caranya gampang masukkan bumbu yang sudah dipotong-potong ke dalam minyak panas masak sampai harum, lalu masukkan brokoli dan aduk hingga bumbu rata.

 

4. Tumis jagung manis

Jagung merupakan makanan yang paling gampang kamu temui baik itu di pasar tradisional atau supermarket. Dalam 100gr jagung memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut 96 kalori, 73% air, 3,4 gr protein, 21 gr karbohidrat, 4,5gr gula, 2,4gr serat, 1,5gr lemak.

Untuk memasaknya juga mudah lho goodpeeps. Kamu tinggal siapkan bahan-bahannya seperti jagung manis yang sudah dipipil, irisan sosis, saus tiram, bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang, garam, lada bubuk dan minyak secukupnya.

Cara memasaknya masukkan bawang merah dan bawang putih ke dalam sedikit minyak tumis hingga harum, lalu masukkan sosis dan jagung manis, setelah itu masukkan saus tiram garam dan lada bubuk aduk hingga merata, diamkan sebentar sampai jagung matang.

 

5. Gado-gado betawi

gado-gado betawi

Aneka sayuran yang ada di dalam sepiring gado-gado betawi mengandung kaya serat, vitamin dan mineral yang berguna untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cukup iris-iris kol, bayam, mentimun, taoge, kacang panjang, lalu rebus sebentar saja agar nutrisinya tidak hilang. Tambahkan irisan kentang rebus, tahu kuning dan telur rebus. Siram sayuran dengan sambal kacang, taburi bawang goreng dan kerupuk.

 

Nah goodpeeps, mudah kan cara buatnya? Selain mudah dibuat, bahan-bahan untuk memasak pun mudah didapat, dan yang paling penting harganya terjangkau.

 

~ Selamat mencoba ~

 

Baca juga :

Variasi Resep Makanan Untuk Menemani Waktu Sahur Dan Berbuka

 

Recommended Articles