14

MAY 20

Tim writer GoodLife

Rekomendasi Menu Sehat Ala McDonald’s Menurut Ahli Gizi

Seperti kita ketahui, setelah setia menemani masyarakat Indonesia selama 30 tahun lamanya, gerai McDonald's pertama di Indonesia yang terletak di SarinahThamrin resmi tutup. Penutupan itu tepatnya dilakukan malam hari pada Minggu, 10 Mei 2020.

Kesuksesan dari McDonald's di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, membuat banyak orang menyukai beragam menu makanan dan minuman yang ditawarkan oleh tempat fast food tersebut. Namun, stereotype mengenai makanan cepat saji atau fast food sering dikatakan tidak baik bagi kesehatan. Tapi faktanya hal tersebut tidaklah 100% benar.

Berikut adalah menu sehat ala McDonald's di dunia menurut rekomendasi para ahli gizi. Jangan sampai ngiler ya Goodpeeps, hehehe.

 

1.  Menu yang cocok untuk sarapan

Menu pertama adalah Fruit and Maple Oatmeal yang baik saat mengawali hari sehatmu. Oat mengandung nutrisi gandum utuh dan menyediakan serat bagi kecukupan tubuh. Efeknya pun penting untuk menjaga kesehatan jantung dan berat badan. Selain itu, oat juga menyediakan antioksidan. — Patricia Bannan, seorang ahli gizi & healthy cooking expert.

Menu kedua adalah Egg White Delight. Menu ini merupakan pilihan yang baik karena mengandung protein tinggi dan disajikan dengan muffin daripada fried biscuit. Saat memesan, kita bisa meminta untuk mereka gunakan seluruh telur karena kuning telur adalah tempat nutrisi berkumpul dan akan meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Kita juga bisa menghindari makanan yang crispy ataupun sesuatu yang digoreng lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari lemak jenuh dan lemak trans berlebih yang membuat seseorang rentan terhadap risiko kardiovaskular.  — Caroline Weeks, seorang Ahli Gizi & Diet.

 

2.  Sepaket protein yang cocok untuk makan siang

 

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk makan siang, Happy Meal bisa dijadikan menu yang cocok. Eits, ini bukan hanya dikhususkan untuk anak-anak saja loh, Goodpeeps. Menu ini sendiri umumnya terdiri dari cheese burger, kids fries, dan irisan apel untuk asupan yang relatif seimbang dari segi gizi. 

"Dari menu tersebut, kita akan mendapatkan protein dari burger dan keju, karbohidrat dari roti burger dan kentang, dan buah dari apel. Adapun angka gizi yang terkandung adalah 390 kalori dan 13 gram lemak".Toby Amidorseorang ahli dan penulis buku The Greek Yogurt Kitchen: More Than 130 Delicious, Healthy Recipes for Every Meal of the Day.

 

3.  Mau mengurangi konsumsi protein ? Bisa 

Artisan grilled chicken sandwich ini nampaknya cocok untuk kamu yang ingin mengurangi kandungan protein berlebih dari makanan. Menu ini dapat mengurangi total lemak sebesar 6 gram dan 380 miligram natrium. Untuk menjaga kandungan vitamin agar tetap sampai dalam tubuh, kita bisa memakan salad didalamnya dan ditambah dengan jeruk mandarin segar . - jim white , seorang owner dari jim white fitness and nutrition studios 

 

4.  Untuk kamu si pecinta salad


Menu pertama yang bisa kamu coba adalah Southwest Grilled Chicken Salad. Menu ini kaya akan serat. Tidak hanya dari sayuran, tetapi juga berasal dari kacang-kacangan. Angka gizinya adalah 290 kalori, memiliki 8 gram lemak dan 27 gram protein. Tetapi untuk menu salad sendiri, hal yang harus sangat diperhatikan yaitu bagian dressing atau pada saat kita menambahkan pelengkap lain seperti saus dan lainnya. — Amy Shapiro, founder dari Real Nutrition di kota New York.

Menu kedua adalah Bacon Ranch Grilled Chicken Salad. Selain sebagai sumber serat yang baik, menu ini juga dapat mengenyangkan serta membantu melancarkan pencernaan. Lalu, ini merupakan salah satu yang rendah karbohidrat dan memiliki lebih sedikit kalori daripada pilihan menu lainnya. — Lauren Minchen, seorang Ahli Gizi & Diet  di kota New York.

 

5.  Untuk kamu yang sweet

Untuk yang menyukai sesuatu dengan rasa manis, Fruit 'N Yogurt Parfait menjadi pilihan tepat. Memiliki 150 kalori dan 4 gram protein, menjadikannya salah satu sweet menu yang baik untuk dikonsumsi , --  Gina consalvo , seorang owner dari Eat Well With Gina di Pennsylvania 

 

Sayangnya menu di atas banyak yang belum tersedia di gerai McDonald's Indonesia, tapi kamu bisa menyimpan dan membaca artikel ini ketika berkunjung ke negara-negara lain.

 

Baca Juga:

Ini Dia Pilihan Menu Sehat Di Restoran Fast Food

GLReview: Makan Fast Food Tetap Sehat Kini Tersedia di YellowFit Express

 

Recommended Articles