25

MAY 20

Tim writer GoodLife

Cara Sehat Konsumsi Makanan Bersantan Saat Lebaran

Setelah berpuasa sebulan penuh lebaran adalah momen yang ditunggu-tungu umat muslim , banyak yang menjadikan lebaran sebagai momen silaturahmi dan kumpul-kumpul bersama keluarga. Oleh sebab itu jika pada saat lebaran banyak makanan khas yang disajikan seperti opor ayam, rendang, lodeh dan tentu saja ketupat, tak heran jika kebanyakan orang bertambah berat badannya pasca lebaran.

Namun, perlu kamu ketahui Goodpeeps bahwa makan-makanan seperti opor, lodeh dan rendang kurang baik jika dikonsumsi terlalu banyak karena mengandung santan. Sebenarnya santan yang dimasak dengan tepat dan dikonsumsi secara tidak berlebihan dapat memberikan manfaat , namun sayangnya santan mengandung kalori dan lemak tingkat tinggi terlebih diolah bersama makanan lainnya yang tinggi kolestrol. 

Tentunya  hal tersebut dapat memiliki efek buruk bagi kesehatan seperti sembelit hingga kolesterol. Efek buruk tersebut bisa diminimalisir sehingga kamu masih tetap bisa makan menu lebaran favorit kamu

Berikut cara yang lebih sehat untuk makan-makanan bersantan

1.  Makan sekali habis

Selain membatasi diri santan akan menjadi makanan yang sehat apabila dimasak dan dimakan sekaligus dalam waktu yang bersamaa, serta tidak memanaskan makanan bersantan berulang kali. Lemak sehat yang awalnya ada dalam santan bisa berubah menjadi lemak jahat jika kita terus memanaskannya kembali hingga berkali-kali.

2.  Dimasak dengan cara yang benar

Santan yang dimasak hingga mendidih dapat menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol ditubuh karena dapat mengubah asam lemak menjadi lemak jenuh. Sebaiknya hindari memasak santan hingga mendidih apalagi memanaskan berulang kali

3.  Konsumsi sayur dan buah

Serat dari buah dan sayuran akan mengikat kelebihan lemak dalam santan. Konsumsi sayur dan buah sebanyak mungkin untuk menetralisir asam lemak jenuh. Selain membuat perut lebih kenyang buah dan sayur juga membantu mencegah kolesterol akibat makan daging-dagingan dan makanan bersantan

4.  Olahraga

Jangan pernah bosan ya Goodpeeps dengar tips yang satu ini karena memang sagat efektif membuat tubuh sehat dan mencegah penyakit. Penelitian mengungkapkan jika olahraga dapat meningkat kadar kolesterol baik (HDL) 3-6 persen dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sampai 10 persen, bahkan menurunkan kadar trigliserida. olahraga yang bersifat aerobik dan melibatkan otot-otot besar seperti berlari, jalan cepat, bersepeda, renang atau senam dinilai paling efektif menurunkan kolestrol

5.  Sebaiknya tidak dimakan saat perut kosong

Hindari mengonsumsi makanan bersantan saat perut kosong. Pastikan perut sudah terisi saat mengonsumsi agar menghindari keluhan lambung seperti asam lambung, kembung ,rasa nyeri di ulu hati dan sakit maag

Jangan kalap yaa Goodpeeps.

 

Baca Juga:

Sering Salah Kaprah, Ini Manfaat Santan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Recommended Articles