24

MAY 20

Tim writer GoodLife

Manfaat Meminta Maaf, Ternyata Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, bagi Goodpeeps yang merayakannya~

Setelah harus menahan haus dan lapar serta amarah di bulan yang suci, akhirnya Hari Kemenangan pun tiba. Selain acara makan dan berkumpul bersama dengan keluarga saat lebaran, prosesi penting yang paling utamanya adalah saling bermaaf-maafan. Kegiatan ini bukanlah suatu kebiasaan, namun diperlukan kesungguhan hati untuk saling memaafkan satu sama lain.

Sebagai makhluk sosial, kita pasti tidak bisa lepas dari bersosialisasi dengan orang lain. Ada kalanya, dalam berinteraksi dengan orang lain, kita mengalami masalah, salah paham, atau emosi. Entah siapa yang salah, tapi mengakui kesalahan dan meminta maaf terlebih dahulu tidak membuat kita tampak bersalah. Justru dengan meminta maaf dapat mendatangkan segudang manfaat bagi kesehatan.

Seperti yang dilansir dari Psychology Today, meminta maaf membuat tekanan darah menurun, denyut jantung melambat, dan napas lebih stabil. Hal itu tentu saja bisa menghindarkan kita dari sakit jantung, nyeri otot, tegang, dan stress.

Sementara itu, dari segi psikis, mengakui kesalahan dan meminta maaf juga punya segudang manfaat. Seperti yang dijelaskan oleh psikolog Naomi Ernawati Lestari, M.Psi dari Light House.

Berikut ini manfaat meminta maaf untuk kesehatan psikis.

 

1.  Mematikan Api Emosi

“Dengan kita meminta maaf, maka orang yang kita sakiti merasa emosinya tersembuhkan. Kita pun akan merasakan hal yang sama, emosi kita lebih baik,” kata Naomi.

 

2.  Menghindarkan Pertikaian Tak Berujung

 

“Ketika kita meminta maaf, kita tidak dianggap sebagai ancaman lagi atau bahkan musuh.” Hal itu akhirnya bisa membawa harmoni dan menjaga kehidupan sosial kita, bukan?

 

3.  Move on, Yuk! Dari Amarah yang Dirasakan

Orang yang memendam amarah bisa mengalami gangguan yang bahkan mengarah pada nafsu makan kita. “Dengan meminta maaf, kita bisa membuka kehidupan baru. Move on dari rasa marah dan mencegah kita stuck di masa lalu,” kata Naomi.

 

4.  Bebas dari Rasa Bersalah

Mengakui kesalahan dan meminta maaf juga bisa melepaskan beban kita dari rasa bersalah. Hal itu tentu akan membuat kondisi emosi lebih stabil.

 

5.  Menurunkan Tingkat Stress

Dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf, kita tidak lagi terlalu memikirkan tentang masalah yang dialami serta membebani. “Semua masalah biasanya akan reda dengan kita meminta maaf dan itu mengurangi tekanan psikis dan menurunkan tingkat stress.”

 

Bagi manusia normal, memang rasanya mungkin tidak mudah untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf. Tapi melihat segudang manfaatnya bagi kesehatan fisik dan mental di atas, apakah Goodpeeps masih berpikir ulang untuk melakukannya?

Jika masih terasa sulit, kita bisa gunakan momentum lebaran ini untuk meminta maaf dan saling memaafkan. Gunakan kesempatan yang ada karena kita pun tidak bisa memprediksi kehidupan esok akan seperti apa ^^

 

Baca Juga: Hidup Anti Galau Dengan Filosofi Jepang "Ikigai"

 

Recommended Articles