25

MAY 20

Tim writer GoodLife

Tips Menjaga Tubuh Dari Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran

Saat puasa, kita diwajibkan untuk menahan hawa nafsu yaitu seperti makan dan minum. Puasa sendiri berjalan selama satu bulan penuh, dimana kita tidak bisa makan dan minum di siang hari. Ketika lebaran tiba, semua orang seperti ingin balas dendam dengan makan sepuasnya, apalagi menu makanan khas lebaran sangat beraneka ragam. Duh, bisa lupa untuk menjaga berat badan.

Supaya berat badan kamu tetap terjaga saat lebaran, kuncinya adalah kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu sama dengan yang dikeluarkan juga ya goodpeeps. Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini :

 

1. Kurangi minuman manis

Saat lebaran, biasanya sangat lah banyak minuman-minuman manis seperti sirup, sop buah, atau lain-lainnya. Minuman manis sendiri bukan hanya menimbun kalori, melainkan membuat kalian cepat lapar kembali sehingga ingin lebih banyak lagi mengkonsumsi yang manis-manis.

2. Gunakan piring kecil

Apabila kalian menggunakan piring kecil, bisa membantu mengontrol keinginan untuk mencicipi semua makanan dalam jumlah besar dan cukup sekali untuk mencicipi makanan tersebut.

3. Berhenti makan sebelum kenyang

Menu lebaran( image : hellosehat.com )

Kita harus tau batasan kita nih peeps.. Jangan makan sampai perut kalian penuh, tapi makan sampai kenyang secukupnya saja. Apabila kalian makan sampai perut kalian terlalu penuh biasanya membuat jadi males gerak.

4. Makan dengan kesadaran penuh

Ada sebuah penelitian, orang yang makan sambil melakukan hal lain, cenderung akan makan berlebih. Karena mereka kurang mampu mengetahui kapan tubuh memberi sinyal kenyang. Untuk mencegah hal ini terjadi, makanlah dengan kesadaran penuh dan tanpa gangguan, agar bisa merasakan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

5. Jeda antar makan 

Setelah makan satu menu, sebaiknya jangan langsung ambil makanan lain peeps. Kasih dulu jeda beberapa menit sekitar 20 atau 30 menit, setelah merasa lapar kembali baru boleh ambil makanan.

6. Perhatikan jenis makanan

Jangan terlalu banyak makan-makanan yang berlemak, seimbangkan jenis makanan yang dimakan. Jangan lupa untuk banyak makan sayur dan buah, karena serat yang terkandung di dalamnya dapat mencegah dari kenaikan berat badan.

7. Tetap bergerak atau berolahraga

olahraga

Aktivitas menetap seperti santai-santai di rumah sambil nonton acara TV adalah liburan yang biasa dilakukan setelah puasa selesai. Kurang bergerak sangat berpotensi timbulnya kenaikan berat badan, terutama duduk santai sambil makan kue lebaran yang ada di meja. Jika kamu bergerak atau berolahraga, kamu bisa mengimbangi kalori yang masuk ke dalam tubuh sehingga berat badan lebih bisa dikendalikan.

8. Jaga porsi makan

Karena telah menahan makan dan minum selama sebulan puasa,dan pada saat lebaran tiba, bukan berarti saatnya kamu balas dendam untuk makan dengan porsi yang berlebih. Sebaiknya kamu tetap perhatikan porsi makan kamu, jangan sampai makan dengan berlebihan.



Nah Goodpeeps, semoga tips ini bermanfaat ya!

 

 ~Selamat Hari Raya Idul Fitri~


Baca juga :

Hara Hachibunme Metode Makan Ala Jepang Yang Cocok Di Bulan Puasa

Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Bisa Nggak Ya 

Recommended Articles