26

MAY 20

Tim writer GoodLife

Tetap Makan Sehat Walaupun Low Budget, Apa Bisa?

Siapa bilang kalau mau makan sehat harus mahal?

Makanan sehat memang sering identik dengan harganya yang melambung. Sering kali kita pun sulit untuk mendapatkannya. Bukan karena soal harga saja, namun juga tidak banyaknya ketersediaan yang ada. Untuk menyikapi hal tadi, jawabannya kita bisa kok tetap makan sehat walaupun low budget. Berikut adalah tipsnya yang bisa dilakukan, Goodpeeps.

 

1.  Buatlah perencanaan

Ada sebuah pepatah berbahasa inggris yang mengatakan, “Fail to Plan, Plan to Fail”. Kalimat itu berarti sesuatu yang gagal direncanakan dan perencanaan yang gagal. Saat kita memiliki rencana, jika hanya dibayangkan saja tanpa ada tindakan maka cenderung tidak akan berhasil.

Membuat perencanaan yang matang dan menuliskannya menjadi to-do list bisa dilakukan agar pengeluaran “tak terduga” tidak banyak terjadi. Rencanakan makanan sehat apa yang ingin dibeli. Saat kita telah memiliki rencana, kita juga bisa melakukan pemangkasan terhadap suatu pengeluaran yang tidak penting.

 

2.  Buatlah prioritas belanjaan

Melanjutkan poin pertama, untuk pemangkasan biaya belanja tersebut bisa dilakukan dari adanya prioritas. Dahulukan apa yang benar-benar dibutuhkan, bukan diinginkan. Karena keinginan tidak ada habisnya jika selalu diikuti. Apalagi masalah makanan yang terkadang sulit dilakukan apabila kita sedang ingin sekali memakannya.

 

3.  Konsumsi dalam satu waktu

Makanlah makanan sehat ini dalam satu waktu contohnya habiskan dengan jangka waktu satu hari. Hal itu dapat menghindari mood kita yang mungkin tiba-tiba saja bosan dan tidak melihat makanan sehat menjadi sesuatu yang menarik lagi. 

 

4.  Lawan keinginan makan berlebih

Seringkali keinginan makan yang berlebihan itu bisa datang dengan sendirinya. Apalagi dalam masa-masa di rumah aja begini. Dorongan untuk keinginan makan seperti ini dapat disebut dengan emotional eating. Untuk mengatasinya, kita bisa mencari alternatif makanan sehat yang menyerupai. Seperti mengubah junk food menjadi makanan yang lebih baik. Contohnya seperti mengubah pizza yang berkalori tinggi dengan pizza sehat, ataupun kamu bisa mencoba aneka catering sehat lainnya. Di Indonesia sendiri sudah banyak kok tempat yang menjualnya.

 

5.  Lakukan langkah kreatif

Untuk membuat makanan sehat gak harus mahal kok asalkan kita kreatif. Misalkan untuk membeli daging berprotein itu mahal, kita bisa ganti dengan mengubahnya menggunakan bahan telur. Kok bisa? Iya, bisa. Karena sebenarnya protein yang terkandung di dalamnya memang sebanding tapi tentu dengan harga yang cukup berbeda diantara mereka.

 

6.  Jika suka minuman tertentu, coba buatlah sendiri

Berbagai jenis minuman manis dan menyegarkan banyak sekali dijual diluar sana. Seperti aneka jenis kopi, thai tea, boba, dan minuman kekinian lainnya. Daripada kita terus-terusan membeli, ada baiknya kita membuat sendiri di rumah. Tentunya akan lebih murah saat kita membeli bahan mentah dan menyulapnya menjadi minuman buatan sendiri. Selain itu, kita pun bisa mengatur dan menggunakan bahan yang lebih aman bagi tubuh. Apalagi untuk kamu yang memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu.

 

7.  Gunakan metode belanja online

Untuk mempermudah dan memperingan biaya akomodasi berbelanja di suatu toko, kita bisa memanfaatkan metode belanja online ini. Tak sedikit juga sekarang e-commerce di Indonesia yang menawarkan diskon besar, bahkan sampai dengan bebas ongkir. Hal tersebut tentu dapat menekan angka pengeluaran dari belanja kebutuhan kita.

 

8.  Belanja secukupnya

Nah, kalau kita belanja online dengan kemudahan memilih apapun dengan mudah dan cepat, kita pun harus mengetahui batasannya. Jangan sampai berbelanja sesuatu yang sebetulnya tidak dibutuhkan, tetapi hanya karena diskon. Tetap berbelanja dengan bijak dan secukupnya ya, Goodpeeps.

 

9.  Gunakan aplikasi pengatur keuangan, jika diperlukan

Jika kamu mengalami kesulitan untuk melakukan kalkulasi dengan keuangan sendiri, bisa juga menggunakan aplikasi pengatur keuangan dari smartphone mu yang akan memberi kemudahan. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan akan membantu kamu dalam mengelola uang yang dimiliki. Hal tersebut tentunya sangat cocok buat kamu yang merasa sudah tidak bisa mengontrol keuangan bulanan. Kamu bisa mencari tahu aplikasi apa yang cocok digunakan dan bisa untuk Android maupun IOS.

 

Source

 

Baca Juga: Mengulik Diet Murah dan Mudah Lewat YellowFit Kitchen

Recommended Articles