28

MAY 20

Tim writer GoodLife

Essential Oils, Minyak Aromaterapi dengan Banyak Manfaat Kesehatan

Apakah kamu sudah familiar dengan essential oils?

Salah satu minyak beraroma wangi ini diklaim oleh sebagian orang memiliki banyak manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan tubuh hingga pikiran. Pada bahasan artikel sekarang, yuk kita sama-sama membahasnya Goodpeeps.

 

Sebenarnya, apa itu essential oils?

Menurut Michelle K Gagnon, seorang ahli biological dan pendiri dari Bio Alchemy Olfactive and MKG Bio Alchemy, ia mengungkapkan bahwa essential oils diproduksi dari tanaman aromatik yang mudah menguap. Aroma yang berasal dari bunga hingga akarnya tersebut dinyatakan mampu mempengaruhi fisik, emosional, serta spiritual manusia. Oleh karenanya, penggunaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang diperbolehkan lantaran berdampak secara menyeluruh bagi tubuh.

Namun manfaat klinis yang dapat dijelaskan tersebut, secara ilmiah belum bisa dibuktikan. Maka dari itu, tidak boleh digunakan untuk mengobati penyakit tertentu apalagi jika tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Penting juga untuk dicatat bahwa essential oils tidak diatur oleh FDA, dan beberapa dapat menyebabkan iritasi pada kulit atau alergi. FDA sendiri kepanjangan dari Food and Drug Administration yang merupakan sebuah lembaga pengawasan obat dan makanan di Amerika Serikat.

 

Apa sajakah jenis-jenis essential oils?

Beragam jenis essential oils ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Tentunya dari jenis-jenis ini memiliki ragam tanaman yang berbeda. Jenis tanaman ini seperti menjadi rasa yang bisa kita pilih sesuai selera. Berikut adalah ulasannya, Goodpeeps.

 

1.  Essential Oils untuk Pereda Stres

 

  • Frankincense, ketika berhadapan dengan stres, ketegangan saraf, kegelisahan, dan bahkan depresi, jenis esensial yang satu ini sangat baik untuk digunakan. Terkenal karena kemampuannya untuk menenangkan, serta untuk memperlambat dan menstabilkan pernapasan sambil menenangkan pikiran kita.
  • Bergamot, merupakan salah satu tanaman yang memiliki buahnya seperti jeruk. Dengan berbagai khasiat. Aromanya yang terasa lembut, diyakini mampu untuk membangkitkan semangat baru.
  • Lavender, tanaman ini memang sudah banyak diketahui mampu membawa ketenangan dan aromanya cocok untuk menemani waktu bersantai. Dari sinilah kemudian rasa kecemasan dan stres dapat ditekan karenanya. Kita bisa mencampurkan esensial tersebut pada lotion ataupun dalam diffuser.

 

2.  Essential Oils untuk Rambut Sehat

Essential oils dapat digunakan untuk membantu menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat. Tetapi ini bukan salah satu perawatan untuk rambut rontok yang serius.

  • Rosemary, esensial dari tanaman ini mampu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, dapat juga digunakan untuk melindungi kulit dari ketombe dan kondisi kulit kering.
  • Cedarwood, tanaman ini mampu mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Contohnya seperti memperkuat kutikula rambut dan membuatnya tidak mudah patah.
  • Laurel, perawatan rambut menggunakan jenis tanaman ini diketahui sudah dikenal sejak zaman Yunani. Keunggulannya adalah untuk menstimulasi kulit kepala dan folikel rambut agar tetap sehat dan terawat.

 

3.  Essential Oils untuk Tidur yang Nyenyak

 

  • Chamomile, aroma yang ditimbulkan adalah wangi lembut untuk relaksasi dan menenangkan pikiran. Cocok juga untuk menangani masalah ketegangan saraf dan meredakan kegelisahan sebelum tidur.
  • Marjoram, memiliki aroma yang menghangatkan memang membuatnya berbeda dengan jenis lainnya. Wangi yang ditimbulkan menciptakan aromaterapi yang baik digunakan untuk penanganan insomnia atau gangguan tidur.
  • Lavender, seperti telah disebutkan diatas, tanaman ini dikenal karena khasiatnya yang menenangkan. Setelah merasa rileks dan nyaman, tentu kita menjadi lebih mudah tertidur.

 

4.  Essential Oils untuk Meredakan Pilek

 

  • Thyme, esensial ini pun termasuk dalam minyak herbal. Alasan mengapa membuatnya dapat meredakan pilek dikarenakan memiliki fungsi antivirus, antibakteri, antimikroba, antioksidan, dan memperlambat pertumbuhan jamur.
  • Lemon, ekstraknya memiliki kegunaan yang mampu menciptakan udara lebih sehat. Disana terdapat unsur detoksifikasi sebagai pembersihan dan antibakteri.
  • Ravintsara, adalah salah satu tanaman yang tumbuh di pulau Madagaskar. Tanaman ini efektif untuk menangani batuk dan penyakit pernapasan atau flu biasa. Terdapat imunostimulan yang merupakan senyawa dalam meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Serta ada pula kandungan antibakteri dan ekspektoran disana.

 

Bagaimana cara menggunakan essential oils?

Setiap menggunakan sebuah produk, pasti terdapat bagaimana cara penggunaannya. Begitu juga dengan cara perawatannya, yang juga harus kita perhatikan Goodpeeps. Seperti contohnya menghindari dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Dan berikut ini adalah cara terbaik dan teraman dalam menggunakan essential oils:

 

1.  Buat sauna uap untuk wajah menggunakan essential oils. Caranya dengan memanaskan air hingga mendidih, tambahkan 8-10 tetes essential oils, lalu biarkan uapnya untuk merelaksasi wajah kita. Jauhkan kira-kira 10 inci agar wajah tidak terasa begitu panas dan menghindari kulit terbakar.

2.  Gunakan essential oils ke dalam diffuser. Alat ini memang umumnya digunakan untuk menciptakan ruangan dengan udara yang lebih bersih dan tambahan oil ini akan menciptakan wangi yang menenangkan.

3.  Kita bisa gunakan essential oils kepada kulit tubuh kita. Tetapi yang perlu diingat, kita tidak boleh menuangkan begitu saja essential oilnya secara murni. Campurkan dengan beberapa minyak penetral lainnya seperti minyak zaitun, kelapa, atau ekstrak biji anggur. Hal ini dapat menjauhkan kita terhadap reaksi berbahaya yang akan ditimbulkan pada kulit.

 

Source

Baca Juga:

6 Aromaterapi Untuk Meningkatkan Mood dan Produktivitas

Rekomendasi Essential Oil Buatan Lokal Yang Berkualitas

Recommended Articles