31

MAY 20

Tim writer GoodLife

Jadi Isian Peach Gum Dessert, Ini Dia Hebatnya Buah Kundur

Ada yang tau?

Kalau kamu penikmat dessert kekinian peach gum healthy dessert pasti pernah mendengar nama buah kundur atau winter melon. Yah, buah tersebut menjadi salah satu dari 9 campuran bahan peach gum healthy dessert. Buah yang masih terdengar asing di telinga dan jarang dikenal banyak orang ini, ternyata mempunyai banyak manfaatnya yang harus kamu ketahui.

Buah kundur adalah jenis buah yang berasal dari daerah tropis, nama lain dari buah kundur adalah beligo, bligo, atau baligo. Meskipun dikenal dengan sebutan “buah” tapi di beberapa tempat buah ini banyak digunakan sebagai sayuran yang dikonsumsi sehari-hari. Kalau dilihat dari bentuknya banyak yang mengira buah labu. Wajar jika memang orang mengira seperti itu, karena buah kundur atau bligo masih satu kerabat dengan labu-labuan.

Image: Peach Gum Dessert/Laysee's Kitchen

Buah kundur mengandung berbagai jenis nutrisi penting, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Vitamin C, B1, B2, dan B3
  • Zat gizi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak
  • Serat yang bermanfaat untuk pencernaan
  • Kandungan mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, zat besi, mangan, tembaga, selenium, potasium, dan magnesium.

Kandungan nutrisi yang ada pada buah kundur itu sangat banyak,maka banyak pula manfaatnya. Berikut beberapa manfaat dari buah kundur:

 

1. Obat diet alami

Kalau kamu berniat untuk menurunkan berat badan, sepertinya buah kundur bisa masuk ke dalam deretan menu diet kamu. Karena kandungan serta yang tinggi dan rendah kalori, ketika kamu mengonsumsi buah kundur ini perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga bisa terhindar dari makan berlebih atau ngemil.

 

2. Menjaga suhu tubuh tetap normal

Menjaga suhu tubuh

Buah kundur memiliki kandungan air yang sangat banyak, kandungan air yang ada di dalamnya memiliki manfaat terhadap stabilitas suhu tubuh. Kamu bisa mengolah buah kundur menjadi sup hangat ketika cuaca sedang dingin. 

 

3. Mengatasi penyakit asma

Dikarenakan buah kundur memiliki senyawa yang bersifat anti-inflamasi oleh karena itu buah kundur dipercaya dapat mengatasi penyakit asma.

 

4. Baik untuk kesehatan jantung

penyakit jantung

Potasium yang ada pada buah kundur berfungsi sebagai vasodilator yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan melepaskan tegangan pada pembuluh darah arteri sehingga darah dapat mengalir dengan lancar. selain itu,kehadiran serat larut yang ada didalamnya terbukti mampu mengurangi penyerapan kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh.

 

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat yang ada di dalam kandungan buah ini mampu melancarkan buang air besar. Proses pencernaan cenderung lebih lancar sehingga tidak ada penumpukan kotoran pada usus kamu. Orang yang memiliki pencernaan yang sehat akan terhindar dari penyakit kanker usus.

 

6. Mencegah sariawan

Buah kundur dapat mencegah terjadinya sariawan karena buah ini banyak mengandung vitamin C, dengan mengonsumsi buah ini dapat mencukupi vitamin C didalam tubuh kamu sehingga mampu mencegah sariawan.

 

7. Melawan radikal bebas

Radikal bebas sendiri dapat bersumber dari dalam dan luar tubuh. Endogen atau radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh bersumber dari proses autooksidasi, respiratory burst atau dari proses oksidasi enzimatik. Sedangkan radikal bebas yang berasal dari luar tubuh atau eksogen bersumber dari polusi udara, pestisida, asap rokok atau radiasi sinar UV.

Buah kundur kaya akan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Kemampuan inilah yang dapat dimanfaatkan untuk melawan atau melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang berkontribusi terhadap penyakit kronis dan degeneratif seperti serangan jantung, alzheimer, stroke bahkan kanker.

 

8. Obat migrain alami

migrain

Masih banyak yang belum tahu, bahwa kandungan vitamin B2 yang ada pada buah kundur ini cukuplah tinggi maka dari itu vitamin B2 ini mampu mencukupi lebih dari 11% kebutuhan harian. Kandungan vitamin B2 inilah yang dapat membantu menangani atau meringankan sakit kepala akibat migrain. 

 

Melihat begitu banyak manfaat buah kundur bagi kesehatan, sepertinya sangat sayang jika kamu tidak segera mengonsumsi buah ini. Jadi cobalah untuk menikmati kesegaran dari buah ini lalu rasakan manfaatnya yaa goodpeeps.

 

Baca Juga:

Peach Gum Healthy Dessert, Kenapa Dibilang Sehat?

Diet di Rumah Ditemani Senam Radio Taiso

Source

 

 

Recommended Articles