04

JUN 20

Tim writer GoodLife

5 Alasan Kenapa Sup Ayam Dipercaya Bisa Redakan Flu

Flu menjadi salah satu penyakit yang agak menakutkan saat ini. Gejala saat flu menyerang biasanya dimulai oleh badan terasa meriang, kepala berat, hidung mampet, dan bersin-bersin yang akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman hingga bisa mengganggu aktivitas kamu. 

Selain istirahat cukup tubuh kita tetap butuh makanan bernutrisi agar cepat pulih dari sakit. Makanan-makanan berkuah seperti sup ayam bisa menjadi pilihan aman dan menyegarkan saat tubuh terkena flu. Selain itu, sup ayam juga ternyata dipercaya bisa menyembuhkan flu. 

Ada penelitian menunjukkan bahwa semangkuk sup ayam dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat dan mengurangi gejala pilek menurut Sandy Allonen seorang ahli diet klinis di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston. Menurutnya bahan-bahan yang terkandung di sup ayam itulah yang mampu meredakan flu

Apa saja?

 

1.  Kuah Kaldu Hangat

Sup ayam mengandung kuah yang diperlukan untuk menghidrasi tubuh, terlebih saat flu. Meski tenggorokan sakit, semangkuk kuah sup hangat sangat mudah ditelan dan bisa meredakan sakit tenggorokan. Kuah hangat ini membantu mencairkan lendir yang menyumbat di sepanjang saluran pernapasan dan membuat tenggorokan tidak kering

Dokter Anil Ballani dari Hinduja Hospital menjelaskan sup ayam bisa menghambat pergerakan neutrofil (tipe sel darah putih) di saluran pernapasan sehingga bisa mengurangi sumbatan lendir. Selain itu, kaldu ayam kaya gelatin dan kolagen yang juga baik untuk daya tahan tubuh.

 

2.  Daging Ayam

Dalam studi American Journal of Thepapeutics disebutkan daging ayam mengandung senyawa carnosine yang memperkuat kekebalan tubuh untuk melawan flu. Ayam juga kaya akan triptofan, yang membantu tubuh memproduksi serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati

Selain itu protein yang tinggi dan nutrisi lainnya dalam daging ayam mempercepat proses pemulihan sel-sel dalam tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, dan mengatasi rasa nyeri akibat demam flu.

 

3.  Bumbu Rempah

Aneka bumbu dan rempah yang dimasukkan dalam panci sup memberikan efek meningkatkan daya tahan tubuh. Ada merica, bawang putih, kapulaga, pala serta cengkih. 

Misalnya, pala berkhasiat mengatasi masalah susah tidur, mual serta melancarkan peredaran darah. Sensasi pedas dan hangat merica mengobati sakit kepala, sesak napas, serta melawan kuman dalam saluran pencernaan.

 

4.  Sayuran

Potongan wortel, seledri, dan daun bawang selain menyedapkan juga tinggi vitamin C dan K serta mineral lho. Selain itu kandungan antioksidan sayur-sayur tersebut tidak hanya membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat untuk melawan virus, tetapi juga membantu tubuh pulih dari penyakit lebih cepat 

 

5.  Uap Sup

Jangan salah, uap dari sup ayam juga bermanfaat lho Goodpeeps. Menurut Sandy Allonen, uap dari sup ayam dapat membuka saluran udara dan membuat kamu lebih mudah untuk bernapas. Ini juga memiliki efek anti-inflamasi ringan yang dapat membantu mengendurkan otot-otot kamu dan menenangkan rasa tidak nyaman dari gejala pilek atau flu.

 

Banyak banget ya manfaat dari semangkuk sup ayam, namun selain makan sup jangan lupa untuk istirahat yang cukup ya Goodpeeps. Jika keluhan flu tidak mereda hingga lebih dari 3 hari sebaiknya kamu tetap berkonsultasi ke dokter ya.


Source

 

Baca Juga:

Saat Flu Melanda, Coba Atasi dengan Obat Alami Berikut

Recommended Articles