07

JUN 20

Tim writer GoodLife

Longan, Buah Lengkeng Asal Tiongkok Untuk Antioksidan

Apakah Goodpeeps tahu, seperti apa buah longan itu?

Longan adalah buah sejenis lengkeng yang berasal dari Tiongkok. Selama ribuan tahun, buah ini telah dipercaya sebagai obat tradisional yang ampuh digunakan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Selain itu, ada pula manfaat lainnya untuk mengatasi insomnia dan sebagai penawar racun dari gigitan ular. Para peneliti mencurigai bahwa kehebatan dari buah longan berasal dari senyawa aktif dan kandungan antioksidan di dalamnya.

Tanpa berlama-lama, kita mulai membahasnya yuk, Goodpeeps~

Serba-serbi Tentang Buah Longan

Buah yang memiliki nama latin Dimocarpus Longan, selain terkenal di negara asalnya di Tiongkok, ia juga ditanam di negara lain seperti India, Thailand, dan banyak negara Asia lainnya. Buah ini masih satu keluarga dengan buah-buahan seperti leci.

Bentukan dari buah longan ketika dikupas yaitu menyerupai dengan bola mata. Maka tak heran jika dalam bahasa mandarinnya, ia diberi julukan dragon’s eye atau mata naga.

Bukan hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, namun bagian bunga dan biji pun dapat dimanfaatkan. Bunga dari buah longan dijual di pasaran sebagai ramuan. Selain itu, di Taiwan menggunakan bagian ini sebagai kesiapan infus. Kemudian, bubuk biji dari longan kering secara tradisional digunakan untuk mengurangi pendarahan, meredakan kelenjar getah, dan mengatasi penyakit kulit seperti eksim.

Bunga dan biji dari buah longan kaya akan polifenol, yang merupakan antioksidan. Mereka mengandung proanthocyanidins, senyawa aktif utama yang telah diteliti untuk mendukung kesehatan jantung dan kekebalan tubuh.

Beralih pada ekstrak daunnya, meskipun lebih sedikit penelitian pada bagian ini namun kaya akan flavonoid. Kandungan yang dapat mengatasi masalah gula darah dan berpotensi sebagai anti-inflamasi.

Manfaat Dari Buah Longan

Walaupun dapat mengatasi berbagai penyakit di bawah ini, namun tetap diperlukan adanya konsultasi kepada dokter yang lebih ahli ya, Goodpeeps.

1.  Mengatasi Anemia

Sebuah studi pada Traditional Chinese Medicine (TCM) melakukan sebuah riset kepada 200 ibu hamil dengan masalah anemia. Hasilnya adalah buah longan mampu meningkatkan jumlah sel darah merah dan kadar hemoglobin. Efek lainnya adalah kandungan di buah ini kaya akan vitamin c dan juga baik untuk menghasilkan asam folat.

2.  Mengatasi Insomnia

Biji buah longan kering telah dipakai sebagai penanganan insomnia karena adanya beberapa kandungan di dalamnya. Adanya pentobarbital yang mirip dengan obat tidur. Selain itu di dukung dengan adenosine untuk menghilangkan kecemasan agar tidur lebih lelap.

3.  Booster Imunitas

Para ilmuwan menyelidiki bahwa buah longan dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih. Sel darah putih sendiri merupakan bagian terpenting dalam tubuh yang bertugas sebagai sistem kekebalan tubuh alami. Adanya polisakarida di dalamnya pun ikut andil dalam penanganan antibodi.

4.  Manfaat Antioksidan

Buah longan kaya akan asam galat dan asam ellagic yang merupakan antioksidan yang baik. Manfaat terbesar pada antioksidan adalah untuk menangkal bahaya radikal bebas yang mengancam kesehatan. Radikal bebas ini berasal dari aktivitas yang banyak melibatkan manusia, seperti polusi, paparan sinar UV, kepulan asap rokok dan lain-lain.

5.  Penanganan Masalah Gula Darah

Komponen dari biji longan yaitu corilagin, dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Ia juga dapat mengatasi masalah insulin yang akan berdampak pada penyakit diabetes. Namun sampai sejauh ini, ilmuwan masih melakukan uji klinis, apalagi terhadap seseorang yang memiliki sindrom metabolik atau resistensi insulin.

6.  Dapat Membakar Lemak

Kabarnya, buah longan ini mampu mencegah naiknya lemak darah dan juga memperlambat kenaikan berat badan loh, Goodpeeps. Manfaat lainnya juga dapat mengurangi kadar trigliserida darah, mengurangi lemak hati, mengurangi aktivitas gen yang terlibat dalam penyimpanan lemak dalam tubuh, serta meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Prosesnya pembakaran yang terjadi akan dikeluarkan bersamaan dengan feses manusia.

 

Efek Samping Dari Buah Longan

Masih banyaknya proses penelitian dalam tahap pengerjaan oleh para ahli, membuatnya minim dalam hal penanganan dari efek yang ditimbulkan. Maka dari itu, berkonsultasi dengan dokter sangatlah dianjurkan sebelum kita mengkonsumsi buah longan sebagai pengobatan.

Beberapa orang mungkin alergi terhadap kandungan dari buah ini. Jika terjadi demikian, maka biasanya yang timbul adalah gatal-gatal dan beberapa bagian tubuh membengkak. Namun efeknya memang akan berbeda-beda tiap orang. Tergantung dengan respon tubuh yang menghadapinya.

 

Dosis Anjuran yang Disarankan

Berdasarkan studi pada Traditional Chinese Medicine atau TCM, dosis yang tepat dalam mengkonsumsi buah longan ini adalah 6 - 15 gram per harinya. Ingat, jangan sampai berlebih yah!

Itulah berbagai informasi dari buah longan ini. Buat kamu yang simple dan gak mau ribet, buah longan bisa ditemukan dalam peach gum dessert. Ya, buah tersebut menjadi salah satu campuran yang tentunya bersama bahan-bahan lain yang menyehatkan.

 

Source

 

Baca Juga: Peach Gum Healthy Dessert, Kenapa Dibilang Sehat?

Recommended Articles