23

JUL 19

Tim writer GoodLife

Enggak Usah Bete, Ini 7 Ide Jawab Pertanyaan ‘Kapan Nikah’

Jadi, kapan nikah?

Orang Indonesia terkenal banget dengan keramahannya. Tapi saking ramahnya, kadang suka menerobos ranah privacy kita.

Contohnya nih, sering banget orang bertanya soal kapan nikah. Mungkin niatnya mereka mau berbasa-basi tapi tetap aja bikin bete orang yang ditanya.

Apalagi kalau yang ditanya emang udah lama jomblo atau baru putus. Hmm… kaya sakit tapi enggak berdarah kali ya.

Kalau kamu yang dapat pertanyaan kapan nikah, biasanya cuma bisa jawab ‘doain aja ya’, mungkin bisa coba jawaban lain nih supaya enggak bosen.

 

1. Ikutan Nanya

Kamu bisa ikut-ikutan nanya soal jodoh kamu sendiri. “Iya nih, kapan ya. Saya juga penasaran sama jodoh saya, kapan datangnya.”

Dengan begitu, semoga di penanya sadar bahwa jodoh di tangan Tuhan. Jadi kamu pun enggak bisa kasih jawaban soal itu.

 

2. Diplomatis

Biasanya yang suka nanya kapan nikah adalah orang yang usianya di atas kita. Nah kalau dapat pertanyaan ‘kapan nikah’ kamu bisa jawab diplomatis seperti ‘saat ini fokus saya ngejar karier sambil membahagiakan orangtua.’

Dijamin begitu dengar jawabanmu, si penanya jadi sungkan untuk kasih pertanyaan lanjutan.

 

3. Senyum Terpaksa

Kamu enggak perlu jawab apa-apa. Cukup suguhkan senyum terpaksa dengan wajah datar.

Seenggaknya dia jadi tahu kalau pertanyaan itu enggak nyaman untuk kamu dan kamu keberatan membicarakan hal pribadi seperti itu.

 

4. Kasih Ceramah Singkat

Saat ditanya ‘kapan nikah’ mungkin ini saatnya kamu mengedukasi dikit si penanya. Beri dia pencerahan bahwa jodoh ada di tangan Tuhan.

Kamu bisa kasih ceramah singkat, ‘kita enggak tahun kapan jodoh terbaik yang dikasih Tuhan akan datang. Karena jodoh yang tepat akan datang di saat yang tepat. Lagipula saya enggak mau nikah cuma gara-gara sering ditanya kapan nikah. Nikah itu kan sekali seumur hidup jadi pengennya enggak pilih sembarang pasangan.’

 

5. Jawaban Nyeleneh

Kadang orang yang suka bertanya kapan nikah, perlu juga dikasih jawaban nyeleneh. Supaya mereka tahu bahwa pertanyaan seperti itu enggak penting untuk ditanggapi.

‘wah kayanya ada yang mau jadi donatur bayarin catering dan gedung nih soalnya nanya-naya mulu.’

 

6. Minta Cariin Jodoh

Untuk kamu yang memang masih jomblo, mungkin bisa sekalian minta cariin jodoh. Kamu bisa jawab, ‘ah nanya mulu nih. Cariin jodohnya dong.’

Kamu bisa jawab sambil tertawa atau tersenyum ya supaya suasana juga tetap cair.

 

7. Alihkan Pembicaraan

Mengalihkan pembicaraan sudah cukup memberi pernyataan bahwa kamu sebenarnya keberatan dengan pertanyaan kapan nikah.

Jadi ketika ditanya kapan nikah, kamu buru-buru bicara soal lain misalnya ‘wah makanannya enak nih, makan yuk’ atau ‘eh kamu tahu kabar si A enggak? Dia sekarang jadi pengusaha kuliner loh’.

 

Kamu bukan satu-satunya orang yang bosan dan malas ditanya soal kapan nikah kok. Jadi tenang aja. Pernikahan itu kan sesuatu yang sakral, bukan untuk menunjukkan siapa yang nikah duluan, dia yang lebih laku.

Jadi tetap percaya Tuhan akan kirimin jodoh yang tepat di saat yang tepat pula ya. Semangat!

Recommended Articles