09

JUN 20

Tim writer GoodLife

7 Fakta Menarik Wasabi yang Tidak Banyak Diketahui

Goodpeeps pasti sudah tidak asing dengan wasabi, kan?

Wasabi berasal dari sejenis tanaman endemik Jepang yaitu akar Wasabia Japonica. Si pasta hijau ini pun dikenal sebagai bahan pelengkap sushi, selain menggunakan shoyu atau kecap asin tentunya. Rasanya tanpa wasabi, sushi tak lagi mengundang selera. 

Tak hanya pelengkap sushi, wasabi ternyata juga dipakai untuk pengobatan dan ada beberapa fakta menarik lain dari wasabi yang mungkin belum kamu ketahui. Goodlife coba rangkum khusus untuk kamu nih goodpeeps. Simak Selengkapnya di bawah ini yuk.

 

1.  Beragam manfaat bagi kesehatan

Kata ‘wasabi’ sendiri bisa ditemukan pada kamus tanaman obat kuno Jepang. Ini  menunjukkan bahwa wasabi juga digunakan untuk pengobatan pada masa itu. Ya, selain citarasanya yang tajam menggoda selera, wasabi juga memberi banyak manfaat kesehatan, diantaranya mencegah kanker, mengatasi gangguan pernapasan, melawan peradangan, mencegah infeksi lambung, memperbaiki fungsi pencernaan, mencegah arthritis, menjaga kesehatan jantung, serta untuk detoksifikasi racun dari dalam tubuh.

 

2.  Kaya akan nutrisi

Merupakan sumber serat dan Vitamin C yang sangat baik, kandungan kalori wasabi tercatat sebanyak 109 kalori per 100 gram wasabi. Wasabi juga kaya Vitamin B6, kalsium, magnesium, potasium, dan mangan. Oh ya, wasabi ternyata juga membantu memperlambat penuaan dan menurunkan berat badan.

3.  Berbeda dengan yang lain, menanam wasabi itu sulit

Hanya karena wasabi berasal dari Jepang, bukan berarti disana ladang pertaniannya dipenuhi dengan wasabi layaknya padi di Indonesia. Menanamnya memiliki tingkat kesulitan yang cukup, dilihat dari teknik dan kondisi tempat atau iklim yang mempengaruhi. Wasabi hanya dapat tumbuh di daerah lembah pegunungan yang terhindar dari sinar matahari langsung dan akarnya terhampar masuk dalam tanah yang bagus sumber airnya. Lalu, ia pun akan tumbuh jika suhu air dibawah 80 C atau di atas 200C.

 

4.  Harga wasabi asli sangatlah mahal

Tahu nggak kamu, ternyata wasabi ini merupakan tanaman paling mahal di planet kita. Harganya mencapai sekitar 2,5 juta rupiah per kilogram. Harga pun melambung setiap tahunnya karena angka kebutuhan yang tinggi, sedangkan proses penanaman yang sulit untuk diberdayakan. Menurut BBC, wasabi segar sangat mahal karena sangat sulit untuk dikembangkan dalam skala komersial.

5.  Wasabi palsu?

Dua poin di atas merujuk pada bahasan disini, Goodpeeps. Karena proses penanaman yang sulit ditambah harga aslinya yang mahal, membuat tak sedikit orang untuk memilih bermain dalam memanipulasi produknya.

Diketahui jika pergerakan wasabi asli di luar Jepang hanya disalurkan kepada 5-10% restoran saja. Sisanya, banyak restoran yang memalsukan wasabi dengan campuran yang diciptakannya sendiri. Campuran untuk membuat wasabi tiruan biasanya terkandung dari lobak pedas, saus mustard pedas, dan pewarna serta perasa makanan.

 

6.  Wasabi sebagai penawar racun

Mengkonsumsi ikan mentah, atau daging yang tidak dimasak dengan baik, dapat menyebabkan keracunan makanan. Maka dari itu, inilah alasan mengapa wasabi dihadirkan. Wasabi sendiri diketahui mengandung zat kimia bernama allyl isothiocyanate, yang merupakan zat kimia anti bakteri.

7.  Wasabi bukan hanya pasangan sushi

Di luar Jepang seperti halnya di Indonesia, wasabi biasanya disajikan bersama sushi atau sashimi. Namun di negara asalnya, kita bisa menemukan kalau wasabi disajikan dengan hidangan lain. Contohnya seperti ditambahkan untuk mie soba, campuran saus di yakiniku, wasabi ice cream, unagi (belut) chazuke, dan masih banyak lagi.

Nah, kira-kira itulah fakta unik tentang wasabi. Goodpeeps sendiri apakah suka dengan hidangan dengan wasabi ini?

 

Source

 

Baca Juga:

Gak Hanya Untuk Pelengkap Sushi, Wasabi Juga Bisa Untuk Kecantikan

Recommended Articles