12

JUN 20

Tim writer GoodLife

Ramuan Khas Nenek Moyang Kita Untuk Atasi Batuk, Sudah Pernah Coba?

Batuk bisa terjadi dalam berbagai usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Walaupun bukan penyakit yang berat, tetapi saat terserang flu disertai batuk, pasti akan tetap mengganggu aktivitas kita ya Goodpeeps. Bukan hanya aktivitas, namun tidur pun dapat terganggu dari sini. Padahal, istirahat yang cukup termasuk salah satu penyembuhan.

Untuk mengatasi batuk pun beragam, nih. Mulai dari yang mempercayakan langsung kepada obat kimia, memilih pengobatan tradisional, atau bahkan dibiarkan untuk sembuh sendiri saja.

Nenek moyang terdahulu juga ternyata mewariskan herbal khas mereka, yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk ini. Berikut ada 5 jenis herbal yang bisa menjadi alternatif saat Goodpeeps sedang batuk. Simak penjelasannya dibawah ini.

 

1.  Satu sendok madu

Ada sebuah studi dari Penn State College of Medicine, yang menjelaskan bahwa madu  merupakan sumber efektif dalam menghilangkan batuk, daripada obat-obatan yang banyak beredar di luar sana.

Dalam madu, terdapat enzim yang bersifat antibakteri dan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Madu pun aman dikonsumsi orang dewasa, bahkan anak-anak. Madu diketahui mengandung spora bakteria, yaitu Clostridium botulinum. Dimana spora ini mampu mencegah bahaya neurotoksin, yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Toksin ini sangat berbahaya karena dapat menyerang anak-anak dengan serangan pada sistem saraf otak serta sumsum tulang belakang.

Namun yang harus menjadi perhatian adalah madu ini tidak disarankan untuk anak usia dibawah 2 tahun, Goodpeeps.

 

2.  Teh licorice

Untuk kamu yang suka minum teh, mungkin tidak akan asing dengan teh licorice ini, yah. Dengan banyak manfaat yang ada, salah satunya dapat mengatasi batuk.

Ekstrak dari akar licorice diketahui memiliki ekspektoran dan penawar rasa sakit, serta sekaligus dapat menipiskan mukosa atau selaput lendir. Selaput lendir dapat mengganggu pernapasan dikarenakan dahak yang diciptakan saat batuk.

Selain itu, licorice juga mampu menghambat enzim pengatur hormon steroid. Obat golongan steroid sendiri, terkenal dengan sebutan obat anti radang. Apabila kita ingin membuat minuman ini sendiri pun bisa. Caranya dengan rebus dua sendok makan akar licorice yang sudah kering, bersama dengan delapan ons air selama 10-5 menit. Kemudian, bagilah menjadi dua kali minum, untuk pagi dan sore atau malam hari.

Catatan untuk yang memiliki masalah ginjal, tidak dianjurkan meminum herbal ini, Goodpeeps.

 

3.  Air garam

Terlihat begitu simple, air garam mampu meringankan batuk. Secara penjelasan ilmiah, kandungan konsentrasi garam ini mampu melancarkan dahak yang terperangkap dalam selaput lendir.

Cara untuk mengeluarkan dahak yang membandel ini dengan memasukkan satu sendok teh air garam ke dalam secangkir air hangat. Lalu, gunakan air garam tadi untuk berkumur selama 15 detik. Setelahnya, lanjutkan berkumur dengan menggunakan air biasa.

 

4.  Rimpang jahe

Berdasarkan hasil penelitian, baik itu jahe biasa maupun jahe merah, keduanya sama-sama dikenal sebagai obat pereda flu dan batuk.

Kandungan yang terdapat di dalam jahe memiliki banyak hal yang dapat dimanfaatkan. Jahe mengandung minyak atsiri, terpenoid zingiberol, gingerol dan shogaol. Semua senyawa tadi diketahui berkhasiat dan kerap digunakan untuk pembuatan obat dalam dunia farmasi.

Cara untuk mengkonsumsi ini dengan kupas satu atau dua ruas jahe, rebus bersama segelas air sampai mendidih. Setelah itu, biarkan rebusan tadi agar dingin terlebih dahulu, kemudian minum sampai habis. Kita bisa meminumnya dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore atau malam hari.

Menurut profesor Dr. Leonardus broto Sugeng Kardono, seorang ahli ekstraksi bahan alam dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), beliau menyarankan kepada kita untuk menggunakan panci keramik atau stainless steel saat perebusan. Hal ini dilakukan agar khasiat jahe tadi tidak menjadi hilang.

 

 

5.  Lada dan madu

Lada dan madu ini dianggap perpaduan yang pas dalam meredakan batuk dan melancarkan pernapasan, nih.

Saat serbuk lada tidak sengaja terhirup, reaksi hidung kita pasti akan bersin ya, Goodpeeps. Nah hal ini baik karena dari bersin tadi dapat mengeluarkan kotoran di saluran pernapasan. Sedangkan madu sendiri memiliki sifat antibakteri dan mengurangi iritasi saluran napas.

Untuk menciptakan herbal dari lada dan madu pun cukup mudah. Caranya dengan memasukkan satu sendok teh bubuk lada (sebaiknya lada hitam) dan satu sendok makan madu murni ke dalam segelas air mendidih. Aduk hingga merata, dinginkan selama 10 menit terlebih dahulu, kemudian minum dan habiskan. Herbal ini bisa diminum 1-2 kali sehari, sampai dengan batuk mereda dan pernapasan pun lancar.

 

Source

 

Baca Juga:

Segarnya Jus Nanas untuk Obat Batuk Alami

Recommended Articles