17

JUN 20

Tim writer GoodLife

Bahan Makanan Yang Ternyata Tidak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak

Goodpeeps, dalam memasak pasti kamu akan  mencuci bahan makanan terlebih dahulu, terutama jika kamu membeli bahan-bahan makanan tersebut di pasar, kamu pasti akan merasa perlu mencucinya ya kan? Hal itu karena banyak orang beranggapan bahwa dengan mencuci bahan-bahan makanan tersebut dapat menghilangkan segala bentuk kotoran yang menempel. 

Ada beberapa jenis bahan makanan yang sebenarnya tidak perlu kamu cuci terlebih dulu, karena jika dicuci bisa merusak rasa dan tekstur, selain itu  juga bisa berbahaya untuk kesehatan. Bukan hanya itu mencuci bahan makanan tersebut dapat menyebarkan bakteri ke semua peralatan masak kamu lho.

Berikut daftar bahan makanan yang tidak perlu dicuci beserta alasannya

1. Ikan

Bahan makanan ikan

Hindari mencuci ikan air tawar untuk menghindari risiko penyebaran bakteri di dapur kamu. Sebaiknya saat membeli ikan tersebut, mintalah kepada penjual untuk membersihkan ikannya terlebih dahulu.

Cara terbaik untuk membersihkan ikan adalah gunakan perasan jeruk nipis yang dilumuri di seluruh permukaan ikan agar terhindar dari bau amis dan bakteri yang ada di ikan hilang. Selain itu kamu bisa masak ikannya dengan menggunakan api tinggi agar bakteri yang ada pada ikan bisa mati.

Sedangkan untuk ikan air laut, harus tetap dicuci ya karena ikan laut banyak mengandung logam.

2. Ayam atau unggas

Bagi kebanyakan orang mencuci daging ayam atau unggas itu adalah hal yang wajar, tapi ternyata bahwa mencuci daging ayam terlebih dahulu sebelum dimasak adalah hal yang salah. Jika kamu mencucinya terlebih dahulu maka bakteri dapat menyebar ke tempat cuci bahkan ke tangan kamu.

Bakteri paling berbahaya yang ada pada ayam atau unggas adalah bakteri salmonela.

Mengingat bakteri akan mati pada suhu tinggi, maka disarankan daging ayam atau unggas tersebut dididihkan dua kali. Air didihan pertama harus dibuang, kemudian didihkan lagi dengan air yang baru.

3. Daging mentah

bahan makanan daging mentah

Sama seperti daging ayam atau unggas, air yang digunakan untuk mencuci daging mentah akan dapat menyebarkan bakteri ke lantai atau ke tempat cucian daging. Selain itu, bakteri pada daging tertanam pada daging, sehingga dicuci berkali kali pun bakteri tidak akan hilang.

Untuk menghindari bakteri, kamu harus memasaknya dengan suhu tinggi supaya bakteri yang ada pada daging mentah tersebut mati. Kemudian, usai memasak daging, secepatnya untuk membersihkan permukaan dapur agar tidak menimbulkan bakteri dan aroma yang tidak sedap. 

4. Telur 

Mencuci telur sebelum dimasak juga tidak direkomendasikan lho goodpeeps. Teknik membersihkan telur hanya cukup melap cangkang telur dengan menggunakan kertas yang dilapisi dengan minyak mineral, sehingga telur tidak perlu dicuci lagi.

5. Pasta 

bahan makanan pasta

Apabila pasta dicuci, pati yang menutupi pasta akan hilang, sehingga pasta jadi kurang efektif menyerap saus dan bumbunya.  Setelah dimasak, pasta bisa kamu siram dengan air dingin agar tidak menempel satu dengan yang lainnya. Namun dalam hal ini pun ada yang setuju dan ada pula yang menentang. Para pecinta pasta menentang sepenuhnya, karena mereka berpendapat bahwa jika pasta disiram dengan air dingin, maka akan mengurangi rasa dan kelezatannya.

6. Jamur 

Kalau jamur dicuci sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, maka akan mempercepat jamur mengalami kelembaban sehingga jamur mengalami kelembaban, sehingga membuat kondisi jamur memburuk.

Selain itu, apabila jamur dicuci, akan sulit untuk mendapatkan tekstur yang renyah saat memasaknya karena tekstur sama pentingnya dengan rasa, keringkan jamur terlebih dahulu dengan menggunakan sikat. Namun jika kamu ingin tetap mencucinya, maka gunakan sedikit air agar jamur tersebut tidak rusak.

Source 1, source 2

Baca Juga: Memahami Teknik Memasak yang Baik Bagi Kesehatan

Recommended Articles