13

MAR 20

Tim writer GoodLife

Jokowi Minum Herbal Khas Indonesia, Untuk Booster Imunitas

Bahan ini mungkin ada di dapur mu!

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan maraknya kasus virus Corona di Indonesia saat ini, kita memang harus waspada. Namun ternyata virus Corona masih bisa kita cegah penyebarannya lho, Goodpeeps.

Salah satunya adalah menjaga tubuh tetap prima. Ada banyak cara agar imun tubuh terjaga, dan agar badan tetap prima, termasuk dengan mengkonsumsi ramuan jamu.

Jangan salah lho, minum jamu ternyata bisa membuat badan sehat dan tetap prima,sama seperti yang dilakukan oleh Presiden Jokowi yang mengkonsumsi jamu hingga tiga kali sehari. Resep jamu ala Pak Jokowi adalah dengan mencampurkan Temulawak, Kunyit, Jahe dan Serai yang ditumbuk kemudian diseduh dengan air panas. Selain bahan di atas ternyata masih banyak lagi tumbuhan herbal yang sangat bermanfaat sebagai booster imunitas dan Goodlife telah mengumpulkan daftarnya untuk kamu.

1. Jahe

Herbal ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, mengatasi inflamasi, mengurangi risiko penyakit jantung serta memperbaiki pencernaan. Sifat antioksidannya bisa mengurangi demam, batuk serta pilek. 

2. Kunyit

Mengandung zat kurkumin, minyak atsiri dan mineral. Berfungsi sebagai antibakteri, antiinflamasi serta antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama pencernaan dan kardiovaskuler.

3. Serai

Kaya vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan. Senyawa flavonoid dan fenoliknya meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Sifat antimikrobanya meredakan gangguan pencernaan, nyeri, infeksi, dan demam.

4. Lengkuas

Lengkuas mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang yang dapat mengurangi risiko peradangan, mengobati gangguan pencernaan, serta berbagai infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti batuk, radang tenggorokan dan brokhitis. Lengkuas juga mengandung analgesic dan antipiretik yang meredakan demam, nyeri serta infeksi bakteri.

5. Kencur

Minyak atsiri dan alkaloid pada kencur bekerja meningkatkan stamina dan energi pada tubuh. Zat sitotoksik dan antibakterinya mencegah beragam penyakit, seperti diare dan radang tenggorokan. Mengonsumsi minuman kencur membuat tubuh lebih hangat dan segar.

6. Temulawak

Tanaman rimpang ini mirip kunyit. Banyak digunakan sebagai bahan jamu penambah nafsu makan dan stamina. Selain itu menjaga fungsi hati, meredakan radang sendi, menurunkan lemak darah serta mengatasi kelelahan otot.

7. Asam Jawa

Asam Jawa ternyata kaya zat besi yang meningkatkan sel darah merah dan membuat asupan oksigen bagi tubuh lebih optimal. Selain itu berkhasiat menurunkan tekanan darah dan kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung. Asam Jawa juga kaya vitamin C dan memiliki sifat antimikroba yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Recommended Articles