16

JUN 20

Tim writer GoodLife

9 Manfaat Kesehatan dari Minum Air Putih, Bisa Jaga Berat Badan

Semua orang tahu bahwa penting untuk tetap terhidrasi, tetapi apa alasannya?

Minum cukup air atau tetap terhidrasi, adalah aturan utama dalam menjaga kesehatan dan nutrisi. Jika tanpa makanan, tubuh tetap bisa melangsungkan kehidupannya, bahkan berminggu-minggu lamanya. Namun tidak dengan masalah air. Tubuh tidak akan mampu jika tanpa pasokan air, walaupun hanya beberapa hari saja. Hal kontras seperti ini menjadi masuk akal karena tubuh kita terdiri dari 60% air. Peristiwa dehidrasi, kemudian dapat mempengaruhi kita baik secara fisik maupun mental. 

Buat kamu yang malas minum air putih dengan alasan apapun, kali ini Goodlife akan mengajak Goodpeeps untuk mengetahui sembilan manfaat dari minum air yang cukup:

 

1.  Meningkatkan daya ingat dan suasana hati

Penelitian telah menunjukkan bahwa sekalipun dehidrasi ringan, itu akan mengganggu daya ingat serta suasana hati pada setiap orang. Baik anak-anak hingga orang dewasa. Agar otak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka kita harus rajin memenuhi kebutuhan cairan harian.

 

2.  Membantu mengelola kecemasan

Melanjutkan poin pertama, dampak yang mengarah pada suasana hati, umumnya akan berujung pada gejala kecemasan. Tercukupinya kebutuhan air dalam tubuh, akan mengontrol daya kerja otak serta tubuh. Sehingga masalah kecemasan bisa teratasi dari sini.

 

3.  Membantu menjaga berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air sebelum makan, dapat membuat kita merasa kenyang lebih banyak. Dan oleh karenanya, kita akan memilih porsi kecil saat berlangsungnya makan tersebut sehingga lonjakan berat badan tak terjadi.

Sebuah studi di tahun 2015 pun memperlihatkan, bahwa seseorang yang melakukan diet menggunakan air  putih mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Selain itu juga dapat meningkatkan resistensi insulin.

 

4.  Membantu menjaga tekanan darah

Jika kita tidak mengkonsumsi air putih yang cukup, maka darah pun akan mengalami imbasnya. Darah akan menjadi semakin mengental, sehingga alirannya ikut terhambat. Akibatnya, tekanan darah menjadi semakin tinggi.

 

5.  Mengurangi sakit kepala

Kekurangan air dapat meningkatkan risiko sakit kepala atau migrain pada sebagian orang. Oleh karena itu, dengan minum air putih dapat membantu meredakan kedua kondisi tersebut.

 

6.  Mengurangi masalah kulit

Pada kulit manusia terkandung banyak air yang berfungsi sebagai tameng untuk mencegah tubuh mengalami kehilangan cairan. Saat kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, kulit pun akan mengalami masalah. Contohnya seperti kulit kering dan juga keriput. Oleh karenanya, mencukupi kebutuhan cairan itu sangatlah penting.

 

7.  Mencegah masalah pencernaan

Manfaat air putih lainnya yang perlu diketahui adalah membantu melancarkan pencernaan. Kurangnya asupan cairan, dapat meningkatkan risiko terhadap konstipasi atau yang kerap disebut dengan sembelit.

 

8.  Mencegah penyakit batu ginjal

Dengan kita minum air putih, itu akan membuat urine terbentuk di ginjal. Aliran urine tersebut kemudian membantu dalam proses pelarutan mineral di saluran kemih, serta mencegah terbentuknya batu ginjal.

 

9.  Baik untuk sirkulasi tubuh

Karena adanya cairan dalam tubuh, sirkulasi darah menjadi lancar. Hal ini disebabkan oleh 90% kandungan darah adalah air. Selain itu, air juga akan membantu proses pengeluaran zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Pengeluaran zat-zatnya terjadi melalui keringat, urine, serta feses atau tinja.

Takaran Normal Supaya Tidak Kekurangan Cairan

Kebutuhan akan cairan pada setiap orang itu berbeda-beda. Pada orang dewasa misalnya, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas per hari atau setara dengan 2 liter.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan kita asupan cairan pada tubuh. Sekitar 20%. cairan dari makanan ini dapat kita peroleh dari buah dan sayur. Buah dan sayur yang baik dikonsumsi yaitu bayam dan semangka,  yang mengandung 90% air.

 

Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari

Buat Goodpeeps yang susah atau tidak terbiasa dengan minum air putih yang cukup, berikut adalah tipsnya.

  1. Cobalah untuk membiasakan minum air putih, setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan.
  2. Sediakan gelas atau botol air minum yang diletakkan di meja maupun di tas. Tujuannya adalah agar kita selalu mengingatnya di tengah aktivitas setiap hari.
  3. Kita bisa menambahkan perasa pada air putih agar terasa lebih fresh dan enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water.

 

Nah, Goodpeeps.. Mulai sekarang harus membiasakan diri untuk minum air putih, yah! Jangan tunggu sampai haus banget atau bisa-bisa menjadi dehidrasi, loh.

 

Source

Baca Juga: Sayu, Air Hangat Yang Sering Diminum Orang Jepang Ini Menyehatkan

Recommended Articles