18

JUN 20

Tim writer GoodLife

Kaya Vitamin C, Ini Buah dan Sayur Berwarna Merah

Kita tentu sudah ditanamkan pemahaman sejak kecil bahwa mengkonsumsi buah dan sayur itu baik bagi kesehatan yah, Goodpeeps. Tapi seiring bertumbuh dewasa, ditambah dengan urusan ini-itu yang harus diurus, kita menjadi seolah tidak memperhatikan asupan makanan lagi. Kita cenderung makan makanan olahan berlemak, melakukan diet yang salah, mengkonsumsi banyak gula dari makanan atau minuman manis, dan lain-lain.

Kebiasaan tidak baik tadi, jika dilakukan secara berulang maka akan mendatangkan banyaknya masalah penyakit. Apabila tetap rajin mengkonsumsi buah dan sayur, maka nutrisi dari mereka itulah yang mampu melindungi tubuh kita dari penyakit.

Khususnya dari buah dan sayur berwarna merah, mereka mengandung nutrisi yang dapat menjaga tekanan darah sehat, mencegah pertumbuhan tumor, mengurangi kolesterol jahat, mengurangi risiko kanker prostat pada pria, dan membantu mencegah radang sendi.

 

Kandungan Gizi "Si Merah’

Jika kamu memiliki pertanyaan tersebut, mari kita membahasnya pada bagian ini, Goodpeeps.

Vitamin C

Vitamin C diketahui dapat menunda proses penuaan serta mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan radang sendi. Sumber vitamin C yang sangat baik, dapat kita temui pada lada merah, jambu biji, stroberi, raspberry, tomat, serta pepaya.

Likopen

Likopen merupakan pigmen organik atau karotenoid yang memberi karakteristik warna cerah pada buah maupun sayur. Adanya antioksidan juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker tertentu, menurunkan risiko penyakit jantung, serta mengurangi dan menurunkan risiko gangguan mata akibat faktor usia. Adapun 3 jenis makanan yang mengandung likopen, diantaranya meliputi jambu biji, semangka, dan tomat.

Quercetin

Quercetin adalah flavonoid yang ditemukan di banyak buah dan sayuran berwarna cerah. Manfaat dari kandungan ini yaitu membantu menjaga tekanan darah yang sehat, menurunkan risiko kanker tertentu seperti kanker usus besar, membantu meringankan gejala alergi dan asma dengan mencegah pelepasan histamin oleh sel-sel kekebalan tubuh. Bawang mentah, cranberry, ceri, apel, serta paprika merah, merupakan sumber quercetin yang baik.

Asam Elagik

Di dalam kandungan asam elagik, terdapat sebuah antioksidan yang mampu mematikan sel kanker. Antioksidan ini juga dikenal untuk mengurangi risiko penyakit jantung serta penyembuhan luka dalam tubuh. Jenis buah-buahan merah yang mengandung asam elagik diantaranya raspberry, stroberi, delima, jambu biji dan cranberry.

Hesperidin

Seperti quercetin, hesperidin membantu meringankan gejala alergi dan asma dengan bertindak sebagai anti-histamin serta mencegah agar tidak terjadinya pelepasan histamin tersebut. Manfaat lain dari hesperidin ini yaitu menjaga kadar kolesterol yang sehat, mengurangi risiko kanker tertentu, dan memperkuat pembuluh kapiler atau pembuluh darah kecil. Sumber hesperidin terkaya adalah terletak pada grapefruit.

 

10 Buah dan Sayur Berwarna Merah

Berikut ini beberapa contoh dari buah berwarna merah yang sehat itu, Goodpeeps.

1.  Semangka

Pada daerah beriklim subtropis, semangka digemari orang-orang di musim panas. Lain halnya di Indonesia yang kita dengan mudah menemukannya. Semangka itu selain rasanya enak, ternyata menyimpan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kita, termasuk membantu menurunkan tekanan darah.

Ada banyak vitamin yang tersimpan di dalam semangka. Kandungan ini diantaranya fosfor, magnesium, kalsium, mangan, dan zat besi. Tak sedikit pula orang yang memakan buah semangka untuk program diet, karena dapat menurunkan berat badan juga.

 

2.  Strawberry

Walaupun buahnya memiliki bentuk yang kecil, tapi tidak dengan manfaatnya. Manfaat yang besar ada di buah strawberry ini. Strawberry kaya akan vitamin, serat, antioksidan, kalium, dan mangan. Selain itu, ia juga merupakan salah satu buah yang rendah kalori, bebas sodium, bebas lemak, serta bebas kolesterol.

 

3.  Cherry

Tak mau kalah dengan strawberry yang sama-sama berbentuk mungil, buah cherry yang manis pun memiliki beberapa manfaat. Manfaat tersebut datang karena mereka kaya akan serat. Selain itu, adanya vitamin dan mineral seperti kalium, Vitamin A, kalsium, dan asam folat, menambah kelengkapan nutrisi pada buah ini.

 

4.  Raspberry

Raspberry memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan sumber antioksidan yang baik karena adanya kandungan Vitamin C, quercetin, asam galat serta asam elagik. Mereka juga memiliki sifat anti kanker dan sangat baik untuk menciptakan jantung yang sehat.

 

5.  Anggur Merah

Manfaat kesehatan dari anggur merah diantaranya membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi dari ancaman diabetes. Buah ini juga kaya akan vitamin, terutama pada vitamin C dan K. Selain itu, manfaat lainnya datang karena adanya antioksidan serta dapat menghindarkan tubuh dari kanker tertentu.

 

6.  Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang fenomenal. Pasalnya, tomat sering diperdebatkan dari dua kubu, yaitu kubu yang mengatakan buah dan ada yang menyebut sayur. Namun untuk manfaatnya, tidak perlu diperdebatkan lagi nih, Goodpeeps. Tomat diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga dipercaya dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

7.  Bawang Merah

Dikatakan bahwa bawang merah itu lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Meskipun saat proses mengupasnya, cenderung membuat pedih di mata. Jika dikonsumsi, bawang merah juga dapat menghasilkan energi untuk tubuh.

 

8.  Paprika Merah

Sering muncul sebagai bahan masakan pada chinese food, paprika berwarna ini memiliki beberapa komponen yang baik apabila dikonsumsi. Beberapa komponen menyehatkan itu diantaranya terdapat antioksidan, vitamin C, dan beta karoten.

 

9.  Lobak Merah

Keberadaan lobak merah memang tidak begitu terkenal seperti lobak putih. Tapi Goodpeeps harus tahu, bahwa banyak sekali kandungan di dalam sana yang sangat baik untuk kesehatan kita. Lobak merah ini ternyata kaya akan Vitamin E, A, C, B6, dan K. Selain itu, terdapat pula kandungan seperti potasium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, serta mangan.

 

10.  Bayam Merah

Baru-baru ini, bayam merah telah menjadi makanan sehat yang mulai populer. Bayam merah mengandung banyak nutrisi, bagian daunnya bisa untuk digoreng, sampai dengan bagian biji pun bisa dimanfaatkan. Tertarik mencobanya, Goodpeeps?

 

Source

 

Baca Juga: 

8 Buah Ini Kadar Air Tinggi Dan Rendah Kalori

Longan, Buah Lengkeng Asal Tiongkok Untuk Antioksidan

Recommended Articles