24

JUN 20

Tim writer GoodLife

Buah dan Sayur Berwarna Kuning Ini Punya Banyak Manfaat

Buah dan sayur diciptakan dengan berbagai bentuk, ukuran, dan juga warna yang berbeda-beda. Tentu dari berbagai perbedaan ini memiliki manfaat dan keunggulannya masing-masing, seperti layaknya penciptaan pada manusia.

Memasukkan beragam pilihan buah dan sayuran ke dalam makanan kita, tentu akan menambah jumlah dan variasi vitamin serta mineral yang bisa didapatkan. Asupan makanan dengan jalan tadi, dapat menawarkan manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, penurunan risiko penyakit kardiovaskular, dan risiko terkena kanker.

Selain warna merah, buah-buahan dan sayuran berwarna kuning dan oranye juga bisa menjadi pilihan Goodpeeps untuk menu sehat. Mereka mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, beta-karoten, vitamin A, kalium, zeaxanthin, flavonoid, serta likopen.

Antioksidan berlimpah dalam makanan berwarna kuning dan oranye pun bisa membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, serta baik untuk kesehatan mata dan kulit. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh kandungan vitamin, serat, serta fitonutrien di dalamnya

Vitamin A

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, kalau vitamin A tidak jauh hubungannya dengan kesehatan mata dan hal tersebut benar adanya. Tetapi selain itu, vitamin A juga dapat menetralkan radikal bebas loh, Goodpeeps.

Vitamin C

Untuk masalah vitamin C, buah dan sayur berwarna orange memang ahlinya. Antioksidan yang terdapat dalam vitamin C, mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mereka juga dapat membangun kembali kondisi kolagen dalam kulit kita. Bahaya penyakit jantung pun bisa dihalau dengan kandungan vitamin C.

Beta-Karoten

Beta-karoten adalah salah satu unsur yang memberikan pigmen warna pada buah dan sayur. Manfaat lainnya juga yang dapat terlihat dari sini adalah kemampuan dalam melindungi kulit, yang sering kali terjadi akibat jahatnya sinar UV matahari.

 

Buah dan Sayur Kuning dan Oranye

Berikut adalah beberapa contoh dari buah sampai dengan sayur berwarna oranye dan kuning. Semoga salah satunya ada yang favorit Goodpeeps, yah.

1.  Jeruk

Berbicara tentang jeruk, ragam dan warnanya memang bermacam-macam. Tetapi yang dibahas disini adalah jeruk berwarna oranye yah, Goodpeeps.

Kandungan vitamin dalam jeruk ini diantaranya adalah vitamin C, B1, B9. Lalu, kandungan seperti pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin, dapat membantu tubuh dalam pemenuhan serat. Konsumsi serat yang cukup membantu meredakan faktor risiko diabetes. Adanya unsur kalium pun berkontribusi dalam pengendalian tekanan darah.

 

2.  Persimmon

Dalam bahasa Indonesia, buah yang satu ini juga dikenal dengan istilah kesemek. Kesemek atau persimmon merupakan buah yang berasal dari daratan China yang kemudian menyebar ke Jepang. Buahnya yang berbentuk bulat oranye, sepintas menjadi mirip dengan tomat.

Buah persimmon memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebat dengan apel, bahkan ia memiliki kandungan zat-zat tertentu yang tak dimiliki buah lainnya. Misalnya saja seperti senyawa antioksidan di dalamnya, yang berkhasiat mencegah kanker dan menghambat proses penuaan dini. Fakta unik lainnya, kandungan serat dalam satu butir persimmon, ternyata dua kali lebih banyak dibanding sebutir apel.

 

3.  Paprika Kuning

Sayuran berwarna cerah dari paprika kuning ini kaya akan nutrisi, serat, dan juga antioksidan. Tak hanya itu, terdapat pula zat folat yang dapat mendukung sel darah merah. Vitamin K nya juga sangat penting dalam proses pembekuan darah.

Kemudian, kandungan vitamin C dalam paprika kuning mampu meningkatkan kekebalan tubuh, energi, kesehatan kulit, hingga penyembuhan luka.

 

4.  Labu Kuning

Sayuran yang memiliki nama ilmiah Cucurbita moschata ini pun kaya manfaat. Beberapa manfaat tersebut diakibatkan adanya kandungan vitamin A, C, B6, folat, magnesium, serat, fosfor, hingga kalium.

Labu kuning juga kaya akan mangan, sejenis mineral yang bisa membantu menguatkan tulang, dan membantu tubuh memproses lemak serta karbohidrat. 

 

5.  Bit Kuning

Selama ini kita mungkin hanya mengenal bit yang berwarna merah keunguan kan, Goodpeeps? Namun pada 2014 lalu, perusahaan grosir multinasional asal Inggris bernama Tesco, memperkenalkan bit kuning ini. Faktanya, bit kuning ternyata lebih bergizi dan memiliki rasa yang lebih manis daripada bit ungu.

Menurut sebuah studi, bit kuning kaya akan beta-karoten. Kandungan tersebut berubah menjadi vitamin A saat sudah dicerna oleh tubuh. Mereka juga disebut-sebut baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, bisa pula dalam membantu ginjal membersihkan racun, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta mengobati kelelahan.

 

Sumber:

https://www.onegreenplanet.org/vegan-food/why-orange-and-yellow-fruits-and-vegetables-pack-a-nutritional-punch/

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-jeruk-si-buah-populer-untuk-kesehatan-tubuh

https://www.indofresh.co.id/articles/detail/34/Persimmon-Buah-Langka-Hits-Kembali

https://kumparan.com/kumparanfood/5-sayuran-kuning-untuk-atasi-kelelahan-hingga-obati-sembelit-1rYWKiNJAgu/full

Recommended Articles