28

JUN 20

Tim writer GoodLife

Kenali Penyebab Wajah Kusam dan Cara Mengatasinya

Goodpeeps, apa yang kamu rasakan ketika udah pakai make up bagus tetapi hasilnya kurang maksimal karena wajah kamu kusam? Pasti bikin bad mood kan

Banyak orang mendambakan kulit wajah yang glowing, sehat dan cerah, cerah yang dimaksud bukan selalu putih ya melainkan bersih. Namun, pola hidup yang kurang sehat seperti paparan matahari, kurang tidur hingga pola makan bisa membuat kita belum bisa mendapatkan kulit idaman yang flawless

Pola hidup kurang sehat dan teratur tersebut itulah yang dapat mengakibatkan kulit kusam. Sebenarnya kulit kusam bisa dihilangkan dengan skincare dan cara lainnya. Sebelum kamu memutuskan memakai produk skin care apa, ada baiknya kamu mengetahui beberapa penyebab kulit kusam dan cara mengatasinya. Yuk simak:

1.  Kulit kering

Kulit yang kering merukana salah satu penyebab kulit kusam. Kurangnya kelebaban pada kulit akan membuat kulit kering dan akhirnya tampak kusam. Kulit kering juga memimbulkan garis-garis halus dan kerutan yang terlihat kasar. Kulit kering bisa dikarenakan beberapa hal seperti tidak cukup pelembab, cuaca dan iklim kering, terlalu sering mandi dengan air panas dan udara didalam ruangan. 

Hal-hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan pembersih kulit dan sabun yang sifatnya melembutkan serta melembabkan dan menggunakan pelembab setelah mandi. Gunakan pelembab setiap kulitmu membutuhkannya

 

2.  Penumpukan sel kulit mati

Sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk akan membuat kulit kehilangan sinar alami nya. Kulit secara alami membuang sel-sel kulit mati, tetapi seiring dengan bertambahnya usia hal tersebut melambat. 

Sebaiknya lakukan eksfoliasi setidaknya satu minggu sekali dengan menggunakan scrub yang mengangkat sel kulit mati secara manual atau eksfoliasi dengan bahan kimia seperti pembersih yang mengandung AHA BHA.

 

3.  Penuaan

Seiring bertambahnya usia, jumlah pelembab yang diproduksi kulit kita secara alami berkurang bersamaan dengan produksi kolagen, sementara produksi melanin meningkat dan membuat lebih banyak bintik hitam. 

Jika hal tersebut terjadi kamu bisa menggunakan pelembab secara langsung dan pijit sebentar menggunakan jari, atau bisa juga menggunakan roller wajah. Tidak lupa untuk banyak mengonsumsi air putih hingga makanan seperti sayur dan buah yang kaya akan vitamin. 

 

4.  Sinar matahari dan polusi

Paparan sinar matahari dan polusi lingkungan menghasilkan radikal bebas di kulit yang merusak sel dan juga dapat menyebabkan kelebihan pigmen, kehilangan kolagen, dan kerusakan pada kulit. 

Solusinya adalah usahakan menggunakan tabir surya atau sunblock sebelum beraktivitas diluar rumah, setelah seharian beraktivitas di luar pastikan untuk selalu mencuci wajah dengan bersih sebelum tidur. Selain perlindungan dari luar kamu juga sebaiknya cukup mengonsumsi air putih, buah dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin E 

 

5.  Stres

Stres ternyata bisa mempengaruhi kondisi kesehatan dan kulit kamu lho Goodpeeps. Stres kronis dapat menyebabkan peningkatan kortisol dalam tubuh dan kulit, yang berkontribusi pada peningkatan peradangan kulit. Stres juga dapat memperburuk kondisi kulit yang meradang, seperti rosacea dan jerawat. 

Cobalah untuk melakukan pijat wajah singkat sambil membersihkan wajah atau mengaplikasikan pelembab untuk menstimulasi aliran darah, dan terakhir jangan lupa be happy Goodpeeps

 

6.  Sirkulasi darah kurang lancar

Kurangnya aliran darah berarti lebih sedikit nutrisi dan oksigen yang dibawa ke sel-sel kulit. Akibatnya kulit kekurangan oksigen dan nutrisi yang akhirnya membuat kulit kering atau kusam. 

Solusinya adalah lakukan gerakan memijat dengan tangan pada wajah dengan pola gerakan tertentu, kamu bisa melihat teknik memijat wajah di internet. Jika kamu memiliki roller wajah  kamu bisa menggunakannya untuk membantu meningkatkan sirkulasi yang melancarkan aliran darah dan nutrisi ke sel-sel kulit

Selamat mencoba, semoga membantu.

Source

 

Baca Juga:

Manfaat Kulit Bebas Make Up Selama di Rumah

5 Racikan Minyak Alami Untuk Perawatan Kulit Kering

Recommended Articles