24

JUL 19

Tim writer GoodLife

Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Ketemu Camer

Inhale, Exhale

Menikah tak hanya menyatukan 2 hati, melainkan menyatukan 2 keluarga. Karena itu, penting untuk mengenal dan mendekatkan diri kepada keluarga calon pasangan. Salah satu yang harus kita kenal dan dekati adalah calon mertua. Sebelum melaksanakan pernikahan tentu kita harus mengenal lebih dulu siapa calon mertua kita. 

 

1. Berpakaian sopan

Sebagai orang yang lebih muda, tentu kita harus bersikap sopan saat bertemu calon mertua. Tak hanya sikap, penampilan pun harus kita jaga supaya tidak membuat calon mertua bertanya-tanya atau menyangsikan pribadi kita. Baju memang tidak selalu menunjukkan pribadi seseorang tetapi akan lebih baik jika kita datang mbertemu calon mertua dengan baju yang sopan dan rapi.

 

2. Kenali budaya calon mertua

Sama halnya saat bertemu orang baru lain, yang pertama kita lakukan biasanya adalah mengenali seperti apa lawan bicara kita. Begitu pun ketika bertemu calon mertua. Sebaiknya kenali karakter calon mertua lebih dulu sebelum bertemu. Kamu bisa bertanya ke pasangan, seperti karakter calon mertua, apa yang disukai dan apa yang tak disukai, dan sebagainya.

Kamu juga bisa mengambil hati calon mertua dengan mengenali budayanya, misalnya memasak makanan daerah kesukaan mertua atau berbahasa daerah halus. Jika calon mertua berdarah Jawa misalnya, kamu bisa belajar memasak gudeg, garang asem, lodeh, dan sebagainya. Sebagai calon menantu orang Jawa, kamu sebaiknya juga bisa berbahasa Jawa halus setiap kali berbincang dengan calon mertua. 

 

3. Siapkan topik pembicaraan

Pertemuan pertama dengan calon mertua tentu bisa membuat kita deg-degan, bahkan panik. Ada baiknya menyiapkan topik pembicaraan sebelumnya. Cari tahu topik apa yang menjadi isu favorit calon mertua. Selain membuat perbincangan menjadi lancar, ini juga akan membuat calon mertua “jatuh cinta” kepada kita.

 

4. Bawa bingkisan

Meskipun hanya sebagai basa-basi, tak ada salahnya membawa bingkisan untuk calon mertua. Tak perlu sesuatu yang mahal, yang penting bingkisan itu menunjukkan betapa besar perhatian kamu sebagai calon menantu kepada keluarga calon mertua. Akan lebih baik jika bingkisan itu sesuatu yang memang disukai calon mertua, misalnya makanan favorit. 

 

5. Pahami kebiasaan keluarga calon mertua

Peribahasa mengatakan, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Begitu juga ketika kita datang ke rumah calon mertua. Kamu harus menyesuaikan diri dengan situasi dan kebiasaan yang berlaku di sana. Meskipun itu rumah calon mertua, jangan bersikap seolah-olah rumah sendiri sehingga menimbulkan kesan tak simpatik.

Recommended Articles