21

JUN 20

Tim writer GoodLife

Siapa Bilang Gerakan Yoga itu Sulit? Yuk, Ketahui Jenisnya Berikut!

Mungkin banyak orang yang berpikir kalau yoga hanyalah sebuah kegiatan untuk meditasi yah, Goodpeeps. Namun jauh dari itu, yoga merupakan salah satu olahraga populer dengan manfaat yang beragam. Manfaat dari yoga ini sangat berguna bagi kesehatan, baik itu secara fisik maupun mental.

Fakta lainnya, yoga juga bisa meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh. Selain itu, yoga pun dapat membantu melepas stres serta menenangkan pikiran kita. Jika masih bingung, Goodpeeps bisa membaca penjelasan dari poin di bawah ini.

 

Sebenarnya... Apa itu yoga?

“Sederhana dan mudah, yoga adalah sebuah penyatuan antara tubuh, pikiran dan jiwa. Kegiatan ini yaitu tempat untuk mengkoneksikan diri dengan tubuh kita sendiri. Adapun di dalamnya terkandung beberapa aspek yang meliputi keseimbangan, teknik peregangan yang tepat, pernapasan, meditasi, memusatkan pikiran dan jiwa. Itulah yoga dalam bentuk aslinya.” Kata Miriam Amselem, seseorang yang sudah hampir 30 tahun menjadi praktisi yoga.

Dalam yoga terdapat jenis gerakan yang beraneka ragam. Setiap jenis tersebut memiliki definisi atau interpretasi yang berbeda-beda. Filosofi dalam yoga, tidak membuat seseorang yang melakukannya mengalami rasa sakit. Maka dari itu, gerakan yang akan dilakukan tidak boleh melampaui batas diri atau mengabaikan kondisi tubuh kita.

Ayo, Goodpeeps. Sekarang kita bahas mengenai jenis-jenis yoga.

 

7 Jenis Yoga: Cara Memilih Gerakan yang Tepat

 

Berikut ini Goodlife jelaskan beberapa jenis gerakan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

1.  Restorative Yoga

Jika kamu adalah seorang pemula, saat melihat gerakan ini mungkin kamu akan mengira bahwa orang-orang yang melakukannya hanya sedang tertidur. Menggunakan sebuah matras dan alat bantu, kita melakukan 5-6 gerakan mudah seperti merebahkan tubuh.

Restorative yoga menempatkan fokusnya pada pengaturan sistem saraf. Gerakannya tersebut dapat memberi manfaat bagi kita yang perlu bersantai dan menghilangkan stres. Cocok juga dijadikan perawatan diri saat membutuhkan tempat untuk beristirahat, serta bagi kita yang sedang berurusan dengan rasa sakit.

 

2.  Hatha Yoga

Hatha yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti matahari dan bulan, yang dirancang untuk menciptakan keseimbangan. Keseimbangan dalam gerakannya berasal dari kekuatan dan kelenturan, energi fisik dan mental, serta sistem pernapasan dengan tubuh.

Walaupun terbilang lebih santai dan simple, namun gerakannya merupakan sesuatu yang mendasar dan sederhana. Dari kenyamanan antara fisik dan pernapasan manusia ini, dapat menciptakan tubuh yang lebih bugar serta lebih lentur.

 

3.  Ashtanga Yoga

Bila dibandingkan dengan Hatha, Ashtanga Yoga adalah salah satu jenis yoga yang sangat dinamis dan intens. Jenis ini disebut juga 'power yoga' karena menuntut latihan fisik. 

Dalam gerakannya, terdapat 6 seri yang dibagi dalam level atau tingkatan. Perlu waktu yang tidak sebentar untuk menguasai teknik-tekniknya tersebut. Sehingga, jenis yoga ini cocok dilakukan untuk kamu yang penuh komitmen dan berdedikasi. Termasuk juga bagi kamu yang merupakan orang atletis.

 

4.  Vinyasa Yoga

Vinyasa yoga dapat juga disebut dengan aliran Vinyasa. Aliran Vinyasa merupakan gerakan yang disinkronkan dengan nafas dalam gerak ritmik. Gerakannya lebih rumit karena membutuhkan kelenturan dan kekuatan tubuh kita agar keseimbangan tetap terjaga selama kegiatan berlangsung.

Gerakan disini cocok untuk kamu yang suka bergerak aktif, Goodpeeps. Tetapi meskipun banyak bergerak, aliran ini tetap bisa digunakan sebagai sarana meditasi, menenangkan pikiran dan melancarkan kerja dari sistem saraf.

 

5.  Kundalini Yoga

Kundalini berasal dari bahasa Sansekerta yang saat diterjemahkan berarti energi kehidupan. Urutan kegiatan dalam jenis yoga ini dirancang secara hati-hati untuk dapat membuka energi, mengurangi rasa stres,  serta menghalau pikiran negatif.

Adapun gerakan disini menggabungkan sebuah teknik latihan yang berulang, teknik pernapasan dinamis, nyanyian, meditasi, dan mantra. Hal yang unik juga, seseorang yang melakukannya akan menggunakan pakaian serba putih saat kegiatan berlangsung.

 

6.  Prenatal Yoga

Ibu hamil tidak bisa berolahraga? Mungkin pertanyaan seperti ini dibantahkan pada poin enam sekarang. Prenatal yoga merupakan salah satu kegiatan yang baik dilakukan oleh seorang wanita yang tengah berbadan dua.

Jenis yoga yang satu ini bisa menjadi latihan yang luar biasa bagi calon ibu. Manfaatnya pun dapat meredakan nyeri yang terkait dengan kehamilan, seperti sakit pinggul atau sakit punggung. Selain juga dapat sebagai penghilang stres, latihan pernapasan disini dapat berguna untuk proses persalinan. Tidak perlu takut, sekalipun kamu belum pernah melakukan yoga, namun gerakan dirancang sebaik mungkin agar tetap aman.

Tapi pastikan juga untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan ya, Goodpeeps.

 

7.  Yin Yoga

Untuk jenis yoga terakhir yang dijelaskan pada artikel ini, Yin yoga menjadi jenis kegiatan dalam merileksasikan tubuh. Gerakan yang dilakukan yaitu dengan cara duduk, fokus pada spiritualitas, kedamaian pikiran, dan relaksasi.

Secara gerakan, manfaat yang akan dihasilkan adalah melatih tubuh kita agar lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Selain itu bisa juga membantu melancarkan aliran darah serta pengendalian energi tubuh.

 

Bagaimana? Yoga bukanlah olahraga yang menyulitkan, bukan? Kalau ada kesempatan untuk berlatih yoga, jangan lupa mempraktikan salah satu jenis di atas yah, Goodpeeps. Namaste~

 

Source

 

Baca Juga:

Berlatih Mencintai Diri Sendiri Dengan Yoga

Pop Up Class Yoga bersama Goodlife X Mad Yoga

Recommended Articles