01

JUL 20

Tim writer GoodLife

Tips Bepergian Aman Saat Era New Normal

Di tengah cobaan pandemi, kegiatan bekerja sudah harus kembali dilakukan. Bukan hanya rutinitas harian seperti Work from Office saja, tapi juga moda transportasi umum, yang berjalan untuk memenuhi kebutuhan angkutan. Tatanan seperti inilah yang disebut dengan era New Normal.

Mengingat bahaya covid-19 masih belum mereda, masyarakat dihimbau untuk tetap menuruti aturan yang dibuat selama New Normal ini. Jika memungkinkan, saat ingin bepergian maka disarankan untuk pergi secara mandiri dengan kendaraan pribadi. Saat menggunakan kendaraan pribadi, kita menjadi terhindar oleh keramaian dan menghindari kontak fisik dengan mereka yang tidak diketahui sebagai pembawa atau siapa yang sudah terkena virus corona. Kendaraan seperti sepeda pun menjadi sorotan karena dapat menghindari kemacetan dan emisi bahan bakar yang dapat menimbulkan polusi.

Tetapi kita tahu, bahwa tak semua orang mendapat kesempatan untuk pergi menggunakan kendaraan pribadi. Maka dari itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Penjelasannya pada poin di bawah ini.

Tips Saat Menggunakan Transportasi Umum

  1. Ikuti update terbaru terkait aturan atau prosedur tertentu, yang diberlakukan pada setiap kendaraan publik yang kamu pilih.
  2. Hindari menyentuh sesuatu yang tidak penting. Manfaatkan metode pembayaran secara cashless serta aktivitas lainnya yang bisa dilakukan tanpa sentuhan langsung. Jika tidak sengaja atau harus memegang sesuatu, segeralah mencuci tanganmu atau gunakan hand sanitizer.
  3. Lakukan pembatasan fisik atau yang biasa dikenal dengan physical distancing. Apabila ada penanda jarak yang sudah disediakan, ikutilah tanda tersebut. Dan apabila tidak ada, maka buatlah perkiraan sendiri yaitu dengan jarak minimalnya kurang lebih 6 langkah dari orang lain.
  4. Biasakan untuk mempraktekan gaya hidup sehat. Contohnya seperti rajin cuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air mengalir. Pembersih tangan atau opsi memakai hand sanitizer dilakukan apabila tidak memungkinkan untuk mencuci tangan secara konvensional.
  5. Memaksimalkan sirkulasi udara berjalan lancar. Saat menggunakan taksi atau kendaraan mobil lainnya yang bersifat publik, bukalah jendela atau mengatur udara melalui AC.
  6. Bersihkan permukaan benda atau tempat yang akan digunakan selama berkendara. Kita bisa menggunakan tisu desinfektan untuk membersihkan area-area tersebut.

Nah Goodpeeps, informasi diatas merupakan tips saat kita berada dalam transportasi umum. Namun, ada pula beberapa hal yang harus kita perhatikan terkait etika hidup sehat dan aturan penting.

(Image: Gambar oleh Alexander Hood dari Pixabay)

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Agar Tetap Aman

  1. Cuci tangan setidaknya selama 20 detik dengan sabun dan air yang mengalir. Untuk hand sanitizer, gunakan produk yang memiliki kandungan alkohol setidaknya 60 persen. Memastikan tangan agar tetap bersih harus dilakukan sebelum dan sesudah perjalanan.
  2. Hindari menyentuh area wajah menggunakan tangan secara langsung. Khususnya pada bagian mata, hidung, dan juga mulut.
  3. Saat batuk ataupun bersin, maka wajib untuk menutupnya. Kita bisa menutup dengan tisu dan buang tisu tadi ke tempat sampah sesudahnya. Setelah itu, langsung bersihkan tangan agar menghilangkan sisa-sisa virus dan kuman yang tertinggal.
  4. Tetap menjalankan physical distancing dengan orang-orang yang tidak satu tempat tinggal dengan kita.
  5. Jangan lupa selalu menggunakan masker saat berada pada lingkungan luar. Penggunaan masker ini bukan hanya untuk menjaga kesehatan diri sendiri, tetapi juga ikut menjaga kesehatan orang lain. Selain itu, bisa dijadikan suatu teladan juga untuk mengingatkan mereka yang masih “bandel.”
  6. Saat kita sakit, lebih baik untuk beristirahat di rumah saja sampai benar-benar sembuh dan kondisi telah pulih kembali.
  7. Batasi aktivitas di luar rumah jika itu bukanlah keperluan yang mendesak. Perhatikan pula riwayat kesehatan kita, apakah berpotensi lebih mudah terserang virus atau tidak.
  8. Jika harus keluar rumah, pastikan kembali apakah kita memerlukan bantuan atau semuanya bisa diatasi sendiri. Kamu bisa mengajak orang terdekat kalau dibutuhkan saat bepergian agar tetap aman.

Tetap semangat Goodpeeps. Jangan lelah untuk terus menjaga kesehatan diri kamu dan juga orang-orang sekitar, yah! Mari kita sama-sama menyikapi New Normal dengan bijak~

 

Source

Baca Juga: Barang Wajib Ada Di Dalam Tas Kamu Saat New Normal

Recommended Articles