29

JUN 20

Tim writer GoodLife

Pengganti Obat, 7 Minuman Ini Bisa Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid

Siklus bulanan wanita memang pasti akan menemui masa haid ini dalam kehidupannya. Rasa sakit, nyeri bahkan hingga nyeri pada perut, menjadi sesuatu yang akrab dalam setiap bulannya. Kondisi hormonal yang berubah pun ikut andil dalam masa-masa ini sehingga cenderung sulit untuk mengendalikan emosi.

Rasa sakit yang tak tertahan inilah membuat kita menjadi memilih untuk mengkonsumsi obat pereda sakit. Jika sudah ketergantungan obat seperti itu, maka kemudian hal ini akan mengakibatkan tubuh mengalami penumpukan zat kimia.

Untuk itu, beberapa minuman berikut bisa dijadikan solusi saat kamu mengalami rasa sakit akibat haid. 

 

Minuman yang baik diminum saat haid

Minuman berbahan alami ini aman untuk tubuh, dan rasanya lebih enak daripada meminum obat. Goodlife sudah siapkan daftarnya untuk kamu, ini diantaranya:.

1.  Teh Lemon Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang sangat baik untuk menghalau rasa sakit. Hal ini dikarenakan adanya kehebatan dari sifat anti-inflamasi yang terdapat di dalamnya. Bahkan ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa jahe itu sama efektifnya dengan obat ibuprofen dalam menghilangkan rasa sakit ataupun nyeri.

Dan karena kita tahu rasa dari jahe memang berbeda, maka dari itu kita bisa atasi untuk membuatnya lebih enak dengan teh lemon jahe. Cara membuatnya pun cukup mudah nih, Goodpeeps. Pertama yang harus dilakukan adalah isi cangkir dengan air panas, lalu masukkan potongan jahe dan lemon. Kita juga bisa tambahkan madu untuk penambah rasa manisnya.

 

2.  Teh Chamomile

Penelitian telah menemukan bahwa senyawa dalam teh chamomile terbukti bermanfaat untuk meredakan sakit saat haid. Senyawa ini diantaranya yaitu hippurate dan glisin yang dapat membantu meredakan kejang otot serta berfungsi untuk merilekskan bagian rahim. Seperti jahe, chamomile juga memiliki sifat anti-inflamasi yang baik.

Selain itu, chamomile juga memiliki efek menenangkan setelah kita meminumnya. Tentu hal ini juga dapat sangat membantu dalam mengatasi suasana hati yang tidak menentu, akibat perubahan hormonal saat haid berlangsung.

 

3.  Teh Peppermint

Masih dalam jenis teh, minuman yang satu ini juga tak kalah dengan dua temannya di atas tuh, Goodpeeps. Teh lain peppermint dianggap dapat meredakan sakit saat menstruasi, serta mengatasi masalah pencernaan.

Satu studi menemukan bahwa minyak peppermint memiliki manfaat untuk melemaskan otot-otot perut dan mengurangi durasi keparahan saat sakit atau nyeri haid berlangsung. Peneliti menyimpulkan bahwa ini disebabkan oleh sifat anti-spasmodik dari kandungan mentolnya. Jika digolongkan dalam jenis obat-obatan, anti-spasmodik itu merupakan golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot.

 

4.  Cokelat Panas

Beralih dari jenis teh, sekarang kita membahas salah satu bahan yang hampir disukai semua orang. Ya, betul banget Goodpeeps, ini adalah Cokelat!

Selain mampu meredakan sakit perut saat haid, kandungan zat serotonin di dalam cokelat bisa untuk memperbaiki mood kamu. Cara membuatnya pun tergolong mudah. Tinggal masukkan bubuk cokelat yang siap seduh ke dalam cangkir dan beri air panas. Lalu, hirup uapnya dan minum dalam keadaan hangat. Sakit perutmu berkurang, perasaan bahagia juga akan datang.

 

5.  Kombinasi Jus Sayuran dan Buah

Selain aneka teh dan cokelat, jus kombinasi ini juga bisa menjadi pilihan Goodpeeps. Untuk pilihan sayuran, kita bisa menggunakan sawi atau bayam. Kemudian bisa dikombinasikan dengan menambah jeruk lemon atau apel sebagai tambahannya.

Jus sayuran dan buah-buahan seperti ini kaya akan vitamin A, C, K, serta asam folat, sehingga dapat membantu meredakan rasa nyeri saat haid.

 

6.  Jamu Kunyit Asam

Pindah lagi ke minuman tradisional, jamu kunyit asam memang terkenal sejak dulu dalam mengatasi rasa sakit akibat kontraksi saat haid.

Kunyit mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik (meredakan nyeri), antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam), dan antiradang. Lalu dari asam jawa sendiri bisa menjadi bahan aktif sebagai antiradang, antipiretik, dan penenang. Inilah alasan mengapa jamu kunyit asam bisa membantu meredakan rasa sakit atau nyeri saat haid.

 

7.  Air Putih

Terakhir, minuman yang paling simple dan mudah untuk kita dapatkan adalah air putih. Segelas air putih hangat ini mampu meredakan rasa sakit bulanan tersebut. Selain itu, air putih hangat juga aman dikonsumsi sehingga dapat menjaga kesehatan serta memberikan energi lebih pada tubuh.

 

Minuman yang harus dihindari saat haid

Selain mengkonsumsi minuman pereda rasa sakit, kita juga harus memperhatikan minuman apa saja yang tidak baik selama haid. Dan berikut ini beberapa yang harus Goodpeeps ketahui.

1.  Minuman Manis dan Berkarbonasi

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda dan minuman berenergi, dapat menyebabkan tingkat energi meningkat dengan cepat, yang akibatnya membuat kita menjadi lebih cepat lesu. Karena kelelahan sering menjadi masalah selama haid, disarankan untuk menghindari minuman berjenis ini.

 

2.  Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein dapat membuat kita merasa gelisah dan cemas. Hal ini dikarenakan kafein dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik, yang mengatur tingkat stres. Kafein juga bertindak sebagai stimulan yang berarti dapat menyebabkan hormon berfluktuasi. Jenis ini dihindari lantaran perubahan hormonal saat haid yang akan sangat mengganggu. Dengan demikian, emosional kita menjadi dapat lebih terjaga nih, Goodpeeps.

 

3.  Susu

Susu mengandung lemak jenuh yang berpotensi meningkatkan peradangan dan iritasi. Tentu hal ini cenderung memperburuk sakit saat haid. Susu juga diketahui mengandung bahan yang disebut prostaglandin, yang dapat berkontribusi pada rasa sakit. Oleh karena itu, minuman susu tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah besar saat kita sedang haid.

Semoga terbantu dengan informasi di atas yah. Goodpeeps juga bisa menyebarkan info ini untuk membantu para wanita lain yang terganggu oleh sakit haid.

 

Source

 

Baca Juga: Nggak Tahan Nyeri Haid? 10 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Solusi

 

Recommended Articles