29

JUL 19

Tim writer GoodLife

Sukses Presentasi di Depan Klien dengan 5 Tips Ini

Presentasi di depan klien bisa jadi momok yang menakutkan.

Membayangkan bicara di depan orang banyak, apalagi itu klien dan bos cukup membuat sakit perut karena cemas dan grogi.

Semua itu wajar kok, hampir semua orang mengalaminya. Tapi rasa cemas dan grogi biasanya akan hilang dengan sendiri seiring kamu terus menyajikan bahan materi.

Nah supaya sukses presentasi di depan klien, mungkin kamu harus mengikuti tips berikut ini.

 

1.   Kuasai Materi

Dengan menguasai materi, presentasi kamu sudah mendekati sukses 25%. Selain lebih percaya diri, dengan menguasai materi, gesture tubuhmu juga akan terlihat lebih luwes dan meyakinkan. Calon klien yang melihat dan mendengarnya pun pasti akan lebih menyukainya.

 

2.   Gaya Bercerita

Presentasi yang membosankan sudah bisa dinilai begitu kamu menyajikan materi hanya dengan membacakan apa yang sudah tertulis di layar proyektor.

Sebaiknya, sajikan materi menggunakan gaya bercerita yang runut sehingga enak diidengar oleh klien. Apa yang ingin disampaikan pun akan diterima dengan mudah oleh audience.

 

3.   Komunikasi Dua Arah

Ini juga trik yang wajib kamu lakukan, yaitu membangun komunikasi dua arah selama presentasi. Ajak audience untuk aktif terlibat, misalnya dengan kamu menanyakan pengalaman mereka atau selalu membuka kesempatan untuk mereka bertanya.

 

4.   Kuasai Alat Penunjang

Misalnya kamu presentasi dengan bantuan projector, handle remote, dan laptop. Kuasai cara kerja semua alat penunjang tadi sebelum presentasi dimulai.

Dengan begitu kamu akan tampil dengan lebih percaya diri dan nggak panik ketika ada hal tak terduga yang terjadi.

 

5.   Berlatih dan Berlatih

Enggak ada tips paling ampuh untuk membuat presentasi kamu lancar dan sukses, selain berlatih dan terus berlatih. Dengan jam terbang yang semakin tinggi, skill kamu pun akan semakin mumpuni menyajikan presentasi yang menarik. 

Recommended Articles