07

AUG 19

Tim writer GoodLife

Sering Dianggap Musuh, Ini Manfaat Karbo untuk Tubuh

Karbo pun ada yang baik guys

Belakangan, diet karbo sedang ngetren di kalangan milenial.

Diet mengurangi bahkan menghilangkan karbo dari menu makanan sehari-hari dianggap sangat berhasil untuk mengurangi berat badan.

Karbo sering dianggap musuh bagi yang ingin punya bentuk tubuh ideal. Tapi tahukah kamu bahwa karbo juga punya manfaat bagi tubuh?

Berikut ini manfaat karbo untuk tubuh yang mungkin enggak kamu sadari.

 

1. Sumber Energi

Semua aktivitas kita memerlukan energi, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Karbohidrat menjadi sumber energi setelah dicerna oleh tubuh diubah jadi glukosa. Glukosa ini yang kemudian diserap oleh dinding sel dan berubah menjadi sumber energy tubuh.

 

2. Mengontrol Berat Badan

Karbohidrat mengandung kalori yang lebih sedikit dibanding yang terkandung di dalam lemak dalam jumlah yang sama. Oleh karena itu, ketika kita makan karbohidrat, akan memberi efek kenyang. Hal itu yang kemudian bisa mengontrol berat badan.

Yang perlu diperhatikan adalah asupan karbo tetap ditakar agar tidak melebihi yang diperlukan sehingga akan mengendap sebagai lemak.

 

3. Mencegah Penumpukan Kolesterol

Kandungan serat dalam karbohidrat juga bisa mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Namun sebaiknya pilih karbohidrat dari biji-bijian, buah segar, sayuran, dan gandum utuh. Sebaliknya, karbohidrat yang berasal dari tepung mengandung gula dan lemak, yang tidak baik bagi kesehatan.

 

4. Menjaga Jaringan Otot

Asupan karbohidrat akan disimpan sebagai cadangan glikogen atau gula dalam darah. Glikogen yang cukup bisa mencegah jaringan otot rusak karena digunakan untuk melakukan aktivitas fisik sehari-hari.

 

5. Menjaga Fungsi Pencernaan

Asupan karbohidrat juga membuat kebutuhan serat tubuh tercukupi. Serat ini yang kemudian bisa menjaga fungsi pencernaan lebih lancar.

Yang perlu diperhatikan adalah pilih jenis makanan yang punya fungsi karbohidrat yang baik bagi tubuh, seperti biji-bijian utuh, gandum, nasi merah, kacang-kacangan, sayuran, dan buah.

Recommended Articles