31

JUL 19

Tim writer GoodLife

4 Manfaat Akupresur Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sehat dan cantik tanpa kosmetik.

Mau sehat dan cantik tanpa kosmetik, kamu bisa lho mencoba akupresur. Metode pengobatan alternatif berusia ribuan tahun yang menggunakan tekanan jari ini ternyata punya banyak manfaat kecantikan dan kesehatan. 

 

Akupresur bisa diartikan sebagai teknik penekanan dengan jari pada ribuan titik-titik simpul syaraf yang berada di atas 14 jalan meridian tubuh dan wajah, yang berhubungan langsung dengan organ-organ penting seperti jantung, paru-paru, ginjal, kandung kemih, lambung, hati, hingga organ reproduksi.

 

Menurut Dian Priharjati, pakar akupresur sekaligus pendiri Dian Kenanga Totok Aura, metode yang sudah ada ribuan tahun ini punya banyak sekali manfaat bagi kecantikan dan kesehatan.

 

1.   Seimbangkan Metabolisme Tubuh

“Utamanya, akupresur bermanfaat menyeimbangkan metabolisme tubuh. Dalam artian seluruh sistem tubuh bekerja maksimal, aliran darah lancar termasuk yang memasok ke otak sehingga metabolisme tubuh seimbang,” papar Dian.

Dengan metabolisme tubuh yang seimbang, lanjut Dian, energi atau chi seseorang pun menjadi lebih sehat yang kemudian terpancar juga pada kecantikannya. 

 

2.   Tubuh Lebih Segar

Akupresur juga membuat tubuh lebih bugar dan segar. “Cocok juga untuk generasi milenial karena mereka memiliki mobilitas yang tinggi sehingga berpotensi besar mengalami gangguan metabolisme tubuhnya, baik yang berasal dari kelalaian pola konsumsi, istirahat dan udara,” ujar Dian.

 

3.   Redakan Sakit Kepala

Salah satu manfaat akupresur adalah meredakan rasa sakit kepala. “Kebanyakan keluhan orang adalah sakit kepala,” tandas Dian.

Saat sakit kepala datang, kamu bisa juga mempraktikkan teknik akupresur sendiri dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari menekan sambil memutar. Dimulai dari batas dahi kanan kiri, lakukan gerakan menekan dan memutar hingga dua jari tersebut bertemu di pusaran rambut.

Namun perlu diingat, jika sakit kepala jangan menekan putar pada titik pelipis yang berongga karena bisa mengganggu keseimbangan. 

 

4.   Menunda Kerutan di Wajah

Teknik akupresur juga bisa digunakan saat kamu membersihkan wajah. Lakukan gerakan membersihkan wajah dari bagian wajah paling bawah dekat dagu dengan gerakan memutar berlawanan arah jarum jam dan sedikit ditarik ke atas.

“Gerakan ini bisa bermanfaat menunda kerutan dan cepat merangsang pergantian sel-sel kulit wajah,” terang Dian.

Recommended Articles