09

AUG 19

Tim writer GoodLife

20 Detik Pelukan di Pagi Hari, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pelukan terbukti membantu membuat kita merasa nyaman. Tetapi tak hanya itu, pelukan terbukti juga memiliki manfaat kesehatan, lho.

 

1.  Melepas Hormon Oksitoksin

Pelukan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini banyak dikaitkan dengan meningkatnya kadar oksitoksin. Oksitoksin sering disebut sebagai hormon cinta karena biasanya dilepaskan ketika kita sedang dalam kondisi sayang atau cinta, seperti berciuman, pelukan, maupun perhubungan intim. Ketika kita berpelukan, lebih banyak hormon oksitksin yang dikeluarkan dibandingkan ketika melakukan aktivitas lain yang tidak berkaitan dengan kasih sayang atau cinta.

 

2.  Mengurangi Stres

Pelukan terbukti membantu mengurangi stres dengan melepas hormon oksitoksin, yang menyerupai obat antikecemasan alami. Selain itu, pelukan juga membuat tubuh nyaman dan rileks, seolah terlepas dari situasi hektik sehari-hari. Pelukan sambil melakukan aktivitas lain juga membuat diri jadi nyaman, misal berbaring atau menonton TV di sofa. Momen-momen seperti ni memang sangat membantu mengurangi stres.


3.  Membantu Tidur Nyenyak

Ya, pelukan membantu kita tertidur lelap. Sebuah studi yang dilakukan Max Planck Institute of Psychiatry tahun 2003 lalu menemukan bahwa hormon oksitoksin membantu tikus tidur. Tetapi, catatan tambahannya adalah, supaya bisa tidur lelap, butuh kondisi bebas dari stres. Dan ini bisa diperoleh dengan melepas oksitoksin lewat pelukan hangat. Pelukan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini banyak dikaitkan dengan meningkatnya kadar oksitoksin. Oksitoksin sering disebut sebagai hormon cinta karena biasanya dilepaskan ketika kita sedang dalam kondisi sayang atau cinta, seperti berciuman, pelukan, maupun perhubungan intim. Ketika kita berpelukan, lebih banyak hormon oksitoksin yang dikeluarkan dibandingkan ketika melakukan aktivitas lain yang tidak berkaitan dengan kasih sayang atau cinta.

 

4.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain hormon hormon oksitoksin, pelukan juga melepas hormon serotonin alias ‘hormon bahagia.’ Kedua hormon ini bahu-membahu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  tahun 2014 yang dilakukan peneliti dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang-orang yang sering berpelukan ternyata lebih kebal terhadap virus flu dibandingkan mereka yang tak pernah berpelukan atau pelukan tapi tidak sesering mereka.

 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Stres jelas sangat tak bagus bagi kesehatan, lebih-lebih bagi kesehatan jantung. Study yang dilakukan University of North Caroline-Chapel Hill terhadap lebih dari 100 orang dewasa menemukan bahwa pelukan singkat yang disertai berpegangan tangan sambil menonton video singkat akan membantu menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

 

6.  Meningkatkan Gairah Seks

Bagi pasangan suami istri, pelukan yang dilakukan dalam suasana yang nyaman dan bisa meningkatkan gairah dan libido seks serta kepuasan hubungan, khususnya pasangan yang sudah memiliki anak. Artikel yang dimuat pada Archives of Sexual Behavior tahun 2014 menemukan bahwa pelukan setelah hubungan intim berkaitan erat dengan kepuasan seksual dan kepuasan hubungan suami istri, bahkan 3 bulan setelahnya. Studi itu juga menemukan bahwa dampak positif pelukan ini lebih dirasakan oleh perempuan ketimbang oleh pria.

Recommended Articles