22

JUL 19

Tim writer GoodLife

Pentingnya Self Care Untuk Generasi Milenial, Kenapa?

Balance your life with self care!

Menurut psikolog Henny Wirawan, Psi, semua orang membutuhkan self care. Sayangnya, belum banyak yang menyadari hal itu dan pentingnya self care bagi kesehatan mental dan fisik.

 

“Self care adalah segala tindakan yang kita upayakan sendiri untuk menjaga dan mempertahankan fisik dan mental kita,” kata Henny.

Oleh karena pentingnya self care, Henny menyarankan agar semua orang perlu dan wajib melakukannya.

“Manusia suka tidak peduli soal self care kalau belum merasakan sakit fisik atau mental. Padahal banyak manfaat jika kamu melakukan self care, misalnya membuat hidup jadi lebih seimbang, lebih sehat secara lahir dan batin, dan pola hidup bahagia.” Berikut ini self care yang bisa kamu lakukan.

 

1.   Olahraga yang Disukai

“Olahraga membuat kita sehat secara fisik dan mental. Olahraga juga bisa menurunkan rasa stress dan menimbulkan perasaan bahagia,” kata Henny.

Pilih olahraga yang memang kamu sukai dan mudah dilakukan, misalnya yoga, renang, atau lari.

“Kamu bisa coba misalnya sekali dalam seminggu kemudian rasakan perbedaannya. Kamu bisa tingkatkan frekuensi 1-2 kali dalam seminggu. Yang penting dilakukan rutin, olahraga tadi bisa membuat kamu sehat dan bahagia,” kata Henny.

 

2.   Makanan Bergizi

Saat ini generasi milenial mulai banyak yang memilih makan makanan yang sehat. Dan itu sudah merupakan sebuah self care yang baik.

“Jadi makan jangan hanya asal kenyang aja tetapi juga perhatikan nilai gizinya. Pilih makanan yang sehat. Kamu juga bisa gunakan aplikasi untuk mengontrol asupan gizi dan kalori yang kamu butuhkan,” terang Henny.

 

3.   Tidur Berkualitas

Salah satu kelemahan generasi milenial adalah suka menganggap remeh waktu tidur. “Mereka merasa kuat jadi melakukan banyak aktivitas tanpa mempertimbangkan untuk menjaga waktu dan kualitas tidur.”

Padahal menjaga waktu dan kualitas tidur bisa membuat fisik dan mental kamu lebih sehat dan bahagia. “Biasanya kalau sudah ambruk, baru deh menyadari bahwa memberi tubuh waktu tidur berkualitas adalah sebuah keharusan. Untuk tidur lebih berkualitas, kamu bisa menggunakan aroma terapi atau menyetel musik  yang tenang.”

 

4.   Pengembangan Diri

Mengikuti kursus, pelatihan, seminar, atau sekadar membaca buku-buku yang bermanfaat juga merupakan self care yang baik.

“Kadang orang merasa sudah cukup jadi enggak perlu ikut kursus atau pelatihan. Padahal jika terus melakukan pengembangan diri misalnya ikut kursus, pelatihan atau membaca buku, membuat kita lebih percaya diri. Dan hal itu bagus untuk kesehatan mental kita.”

 

5.   Konsultasi

Konsultasi dengan psikolog, bahkan ketika belum ada masalah juga merupakan salah satu self care.

Konsultasi dengan psikolog, mungkin hanya untuk bicara, bisa mengetahui apakah mental kita sehat. Selama ini orang mungkin sudah mulai sering konsultasi kesehatan rutin pada dokter, tapi masih jarang yang menyadari pentingnya ‘berbicara’ dengan psikolog untuk kesehatan mental.

“Biasanya kalau sudah bermasalah, baru konsultasi dnegan psikolog. Padahal konsultasi sebelum ada masalah juga menghemat biaya karena bisa mencegah sebelum masalah terjadi,” tutup Henny.

Recommended Articles