07

AUG 19

Tim writer GoodLife

5 Langkah Sayangi Bumi Yang Mudah Dilakukan Setiap Hari

Yuuk! Belajar sayangi bumi dimulai dari kita.

Isu lingkungan sudah semakin mengkhawatirkan.

pun sudah seharusnya mengambil peran penting untuk menjaga lingkungan dan menyayangi bumi tempat tinggal kita.

Banyak hal kecil yang bisa kamu lakukan, yang bisa memberi dampak pada kebaikan lingkungan. Misalnya membuang sampah pada tempatnya, menggunakan sedotan ramah lingkungan, dan mengurangi penggunaan plastik.

Selain tiga hal tadi, kamu juga bisa melakukan 5 langkah sayangi bumi yang mudah dilakukan setiap hari berikut ini.

 

1.   Bawa Tumbler

Membawa tumbler atau tempat minum dari rumah membantu mengurangi penggunaan gelas atau botol plastik sekali pakai. Jika dalam sehari kamu biasanya membeli air mineral dalam gelas atau botol plastik 2 kali, dalam satu minggu kamu bisa mengurangi sampah plastik sebanyak 14 botol. Itu artinya dalam satu bulan, kamu bisa memangkas limbah botol plastik 56 buah.

Bayangkan jika selalu membawa tumbler atau tempat minum konsisten kamu lakukan selama setahun. Tentu hal kecil ini bisa menjadi aksi menjaga lingkungan yang sangat berarti.

 

2.   Bawa Kotak Makan

Selain botol minum, kamu juga bisa membawa kotak makan dari rumah. Saat beli makanan atau cemilan yang biasanya dibungkus dengan kantong plastik, misalnya siomay atau gorengan, kamu bisa memakai kotak makan.

Selain bisa mengurangi limbah plastik, kotak makan juga lebih terjamin kebersihannya.

 

3.   Naik Transportasi Umum

Polusi udara banyak disumbangkan oleh asap kendaraan bermotor. Alih-alih memakai motor atau mobil sendiri, ini saatnya kamu naik transportasi umum untuk membantu mengurangi polusi udara.

Jika pergi tidak terlalu jauh, misalnya ke minimarket, lebih bagus lagi jika kamu jalan kaki. Hitung-hitung berhemat BBM dan juga membuat badan lebih sehat.

 

4.   Mengurangi Penggunaan Tisu Basah

Limbah plastik menjadi salah satu perhatian besar bagi masyarakat, khususnya pecinta lingkungan. Selain mengurangi penggunaan kantong, sedotan, dan kemasan plastik, kamu juga sebaiknya mengurangi penggunaan tisu basah.

Karena salah satu bahan pembuatan tisu basah adalah resin plastik. Itu sebabnya tisu basah tidak bisa larut dalam air seperti tisu kering.

 

5.   Tularkan ke Teman Terdekat

Tularkan kebiasaan baik menyayangi bumi pada orang-orang di lingkungan terdekat, misalnya keluarga dan teman. Beri mereka penjelasan mengapa kamu selalu bawa botol minum dan tempat makan dari rumah, memilih transportasi umum, atau tidak menggunakan tisu basah.

Jelaskan juga bahwa langkah kecil tadi, jika dilakukan oleh semua orang maka akan sangat memberi dampak pada lingkungan.

 

Recommended Articles