26

AUG 19

Tim writer GoodLife

Selain Teh dan Kopi, 5 Minuman Ini Juga Nikmat Sebagai Pembuka Hari

dan... Menyehatkan!

Kopi dan teh banyak dipilih orang sebagai minuman di pagi hari.

Teh bisa memberi efek menenangkan sedang kopi bisa membuat kita lebih bersemangat menghadapi hari.

Tapi untuk kamu yang enggak suka teh atau kopi, atau sedang bosan dan ingin mencari alternatif lain, berikut ini ada 5 minuman yang enggak kalah nikmat untuk diminum sebagai pembuka hari.

 

1.   Bir Pletok

Meski namanya bir, tapi minuman ini sama sekali enggak mengandung alkohol. Justru minuman khas Betawi ini sangat menyehatkan karena terbuat dari campuran jahe, serai, kayu manis, dan kapulaga.

Minum bir pletok di pagi hari bisa menghangatkan tubuh dan membantu melawan penyakit flu, batuk, dan masuk angin.

 

2.   Wedang Uwuh

Dalam bahasa Indonesia, uwuh artinya sampah. Mengapa diberi nama wedang uwuh, mungkin karena berbagai dedaunan dan akar-akaran dimasukkan ke dalam panci untuk kemudian direbus. Namun semua dedaunan dan akar tanaman di dalam wedang uwuh memiliki khasiat yang menyehatkan bagi tubuh.

Untuk membuat wedang uwuh minuman khas Jogjakarta ini, diperlukan jahe, kayu secang, buah, batang, daun cengkeh, pala, kayu manis, akar dan daun serai, serta gula batu. Wedang uwuh yang diseruput di pagi hari bisa memberi efek kebugaran dan menjaga stamina tubuh.

 

3.   Jus Buah

Jika ingin minuman yang menyehatkan dan memberi efek kenyang, kamu bisa mencoba membuat jus buah. Aneka buah yang cocok dijus untuk dimunum pagi antara lain jeruk, tomat, mangga, avokad, apel, atau jambu merah.

Manfaat jus buah selain menyegarkan, juga bisa memperbaiki sistem pencernaan.

 

4.   Bandrek

Bandrek biasanya banyak diminum di malam hari untuk menghangatkan tubuh. Tapi diminum di pagi hari pun, bandrek sama nikmatnya. Apalagi rasanya yang kaya rempah seperti jahe, cengkeh, serai, pandan wangi, dan susu bisa memberi efek menyehatkan untuk tubuh.

Minum bandrek di pagi hari bisa menghangatkan tubuh, meringankan gejala masuk angin, dan mengatasi pegal linu.

 

5.   Air Hangat + Kunyit

Segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput kunyit, bisa menjadi alternatif pilihan minuman pagi yang menyehatkan. Kunyit sudah terkenal lama memiliki antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Jika menyukai rasa manis, kamu bisa menambahkan sedikit madu di dalamnya.

 

Recommended Articles