23

AUG 19

Tim writer GoodLife

Sering diremehkan, Ternyata Memilih Sepatu Tak Boleh Sembarangan

Find your right shoes!

Memilih sepatu ternyata tak boleh sembarangan. Salah pilih sepatu bisa membuat kesehatan terganggu.

Alas kaki, khususnya sepatu, merupakan salah satu aksesori yang membantu kaki supaya bisa beraktivitas dengan nyaman. Pemilihan sepatu yang tidak tepat bisa membuat kesehatan terganggu dan beresiko mengalami cedera. 

Selain nyaman, sepatu yang baik harus mampu membantu aktivitas, sesuai dengan ukuran kaki, serta melindungi kaki dan sendi. Sepatu yang baik juga harus memiliki sol atau bantalan yang nyaman, yang mampu menopang kaki dan berat tubuh saat menapak di tanah. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih sepatu antara lain belilah sepatu pada sore hari usai berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Pada saat itu, kaki sedang berada pada ukuran terbesarnya sehingga bisa menghindari salah ukuran, sepatu yang terlalu sempit atau kebesaran ukurannya.

Coba pakai sepatu yang akan dibeli dengan kaos kaki yang biasa dipakai sehari-hari, minta petugas outlet untuk mengukur kaki karena ukuran kaki akan semakin membesar seiring pertambahan usia. Perhatikan juga ukuran kaki sebelah kiri dan kanan karena biasanya tidak sama. 

Gerakkan kaki setiap kali mencoba sepatu. Pastikan semua ujung jari kaki bisa bergerak dengan leluasa dan nyaman. Ingat, kaki juga butuh ruang untuk bergerak mengikuti langkah si pemakai. Cobalah berjalan satu dua langkah untuk memastikan sepatu incaran nyaman saat dipakai beraktivitas. 

Tak hanya ukuran besarnya, lebar sepatu juga harus diperhatikan. Caranya, rasakan apakah mata kaki terasa nyaman saat memakai sepatu. Jika mata kaki terasa sesak, berarti ukuran lebar sepatu kurang pas. Mintalah ukuran sepatu yang lebih lebar. Yang tak kalah penting, rasakan sol atau bantalan sepatu, apakah mampu menapak dengan nyaman di permukaan lantai atau tanah.

Namun, meski sepatu juga berkaitan dengan selera atau penampilan (fashion), tidak semua sepatu cocok dan tepat dipakai untuk beraktivitas. Salah satunya adalah sepatu high heels (berhak tinggi) atau stiletto.

Pemakaian sepatu high heels yang tidak tepat dan terus-menerus bisa memberi dampak negatif bagi kesehatan. Gangguannya mulai dari kelainan bentuk ibu jari kaki (bunion), nyeri punggung bagian bawah, kerusakan sistem saraf, nyeri lutut, bahkan gangguan pita suara dan kanker!

Agak mengejutkan yah. Kami pun coba merangkum informasi dari beberapa media seperti laporan The Times, pemakaian sepatu high heels yang terus-menerus bisa membuat napas menjadi pendek dan cepat. Suara juga jadi melemah sehingga bisa mengakibatkan pita suara terganggu. 

Spesialis kanker, Dr. David Agus, kepada Daily Mail memaparkan bahwa beberapa jenis inflamasi yang memicu berbagai penyakit serius, termasuk kanker, diduga juga berkaitan dengan pemakaian sepatu high heels yang terus-menerus. “Penyakit-penyakit tersebut di antaranya penyakit jantung, Alzheimer’s, penyakit-penyakit autoimun, diabetes, dan bahkan bisa meningkatkan resiko kanker." 

Selain itu Dr. Emely Splichal juga mengatakan kepada Health.com, tentu saja boleh memakai high heels asalkan tingginya tak lebih dari 7 cm dan tidak terus-menerus. Kualitas dari sepatu high heels juga harus diperhatikan. “Sepatu high heels lebih dari 7 cm bisa mengubah biomekanik dari cara berjalan serta memicu gangguan kesehatan dan cedera”. 

 

Wah, benar-benar jangan diremehkan yah guys untuk memilih sepatu. 

Recommended Articles