21

MAY 20

Tim writer GoodLife

Manfaat dan Dampak Infused Water Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Tahukah kamu, tubuh kita sekitar 60 persennya adalah air. Setiap tetes cairan tersebut bekerja untuk meningkatkan sirkulasi darah, pencernaan dan perombakan zat makanan, pengaturan suhu, hingga mengalirkan nutrisi pada tubuh. Tubuh sendiri akan kehilangan air saat proses berkeringat, pernapasan, dan pencernaan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaganya tetap terhidrasi, jangan sampai dehidrasi...

Untuk memberikan warna baru dalam minuman kesukaan, kita bisa mencoba dengan membuat infused water. Infused water pun dapat dikatakan dengan detox water. Dimana minuman ini merupakan minuman sehat yang menambahkan aneka buah dan rempah pilihan ke dalam air minum.  Kombinasi yang biasanya dibuat adalah mentimun dan mint, lemon dan jahe, jeruk dan rosemary, serta pilihan lain sesuai selera.

 

Manfaat Infused Water

Jika kita tidak minum cukup air, dehidrasi akan terjadi dengan ditandai mulai dari merasa lelah, pegal, kram, dan sembelit. Jadi, lakukan apa yang perlu dilakukan untuk mendapat cukup air. Apabila dengan adanya perisa rasa dalam infused water yang akan membuatmu minum lebih cukup, maka itulah yang harus dilakukan.

Beberapa manfaat yang dipercaya ketika meminum infused water adalah sebagai berikut:

1.  Rasanya enak sehingga minum lebih banyak, dan itu meningkatkan hidrasi tubuh.

2.  Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat secara efisien membuang limbah melalui organ-organ termasuk ginjal, hati, dan kulit. Proses inilah yang disebut dengan adalah "detoksifikasi" secara alami yang dilakukan oleh tubuh kita.

3.  Jika kita minum infused water, maka konsumsi minuman soda bergula dapat dikurangi dan itu adalah nilai plus yang menyehatkan.

4.  Minum lebih banyak air dapat membantu kita merasa lebih kenyang dan mengatasi kelaparan yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Kesimpulannya disini adalah “Manfaat kesehatan akan datang saat tubuh mendapatkan asupan air yang cukup. Infused water adalah salah satu bentuk penggeraknya.”

Selain itu, adapun batasan untuk kecukupan air di dalam tubuh harus disesuaikan dengan beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut diantaranya tingkat aktivitas yang dikerjakan, dimana kita tinggal, dan kesehatan secara menyeluruh. Menurut Mayo Clinic, jika urin yang dihasilkan tersebut jernih atau berwarna kuning muda, maka itu tandanya tubuh kita baik-baik saja.

Mengkonsumsi air secara berlebih pun dapat menyebabkan gangguan pada ginjal yang tidak akan memprosesnya dengan baik. Penyakit yang ditimbulkan bernama Hiponatremia. Dengan kondisi ini, tubuh menyimpan terlalu banyak air. Hal tersebut kemudian dapat melarutkan kadar natrium dalam darah dan menyebabkan kadarnya berkurang.

 

Dampak buruk yang dapat terjadi

Alih-alih menjadi sehat, mengkonsumsi infused water secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 4 dampak buruk yang dapat ditimbulkan.

1.  Meningkatnya asam lambung

Kabar tidak mengenakan datang untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit pada bagian lambung. Untuk kamu yang memiliki riwayat ini, lebih baik tidak minum terlalu sering. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan asam lambung atau GERD.

Alasannya dikarenakan infused water dengan potongan lemon, memiliki rasa asam yang akan membuat asam lambung semakin parah.

2.  Migrain atau sakit kepala sebelah

Dalam sebuah penelitian, 11% dari 490 pasien migrain mengatakan bahwa mengkonsumsi buah jeruk, walaupun jeruk atau lemon tersebut sudah diolah menjadi infused water, dapat tetap menimbulkan rasa sakit kepala sebelah atau migrain.

Alasannya dikarenakan buah jeruk memiliki zat tyramine, yaitu sebuah produk protein yang merupakan pemicu terjadinya migrain.

3.  Mengikis enamel gigi

Lemon yang terdapat didalam infused water memiliki rasa asam. Zat asam tersebut kemudian dapat menimbulkan pengikisan pada bagian enamel gigi jika terlalu sering dikonsumsi.

Akibatnya, gigi kita pun menjadi lebih sensitif. Apalagi saat mengkonsumsi makanan panas atau dingin.

Alasan secara ilmiahnya dikarenakan gigi terbentuk dari kalsium. Dan kalsium tersebut, mudah larut jika bereaksi dengan zat asam.

4.  Perut menjadi sakit, bahkan maag

Terlalu sering mengkonsumsi infused water dinilai menjadi salah satu penyebab perut menjadi sakit. Hal ini dikarenakan zat asam yang terkandung dalam lemon tersebut bereaksi dengan asam lambung, sehingga menghasilkan rasa sakit di perut.

Pernyataan di atas pun lalu dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi bernama Jackie Ballau di New York. Ia mengatakan bahwa mengkonsumsi infused water terlalu banyak dapat menyebabkan sensasi terbakar di dalam dada.

 

Nah dari penjelasan tadi, semoga dapat menjadikan lebih memahami akan manfaat dan dampak yang ditimbulkan dari infused water. Tetap konsumsi sewajarnya dan stay healthy, Goodpeeps~

 

Source

 

Baca Juga:

Sebelum Lakukan Detoks, Perhatikan Aturan Mainnya

Minuman Detoks Ini Menyehatkan Dan Bisa DIY Lho!

Recommended Articles