Ini Manfaat Yogurt Buat Kamu yang Ingin Jaga Berat Badan Ideal

Yogurt saat ini sudah banyak dikonsumsi sebagai salah satu sajian pencuci mulut atau sekadar sajian ringan di sela-sela kesibukan. Selama ini yogurt identik dengan minuman untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tapi, tahukah kamu kalau yogurt juga efektif untuk jaga berat badan ideal?

Yogurt pada dasarnya adalah bentuk olahan susu yang dibuat dengan proses fermentasi dan menghasilkan asam laktat sehingga menimbulkan rasa yang khas dari yogurt. Untuk itu, yogurt memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah:

Memperkuat imun

Yogurt diketahui memiliki kandungan magnesium, selenium dan zinc yang semuanya bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kesehatan pencernaan

Rutin konsumsi yogurt berarti mambantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuh sehingga pencernaan juga akan lebih sehat.

Mencegah osteoporosis

Yogurt juga mengandung kalsium dan vitamin D yang berperan penting dalam menguatkan tulang. Dua kandungan ini juga bisa membantu kepadatan tulang sehingga kamu terhindar dari risiko osteoporosis.

Sponsored Links

Yogurt untuk Jaga Berat Badan Ideal, Bisakah?

Pada dasarnya, yogurt juga efektif untuk tujuan menjaga berat badan ideal. Seperti diungkapkan Oleh Ricky Kapoyos, Marcomm Manager dari Heavenly Blush saat berbincang dengan Goodlife, “Heavenly Blush fokus pada fungsi yogurt untuk menjaga berat badan ideal.”

Itu sebabnya Heavenly Blush sejak 2021 gencar melancarkan kampanye ‘3R Heavenly Gut Care System’. Ini adalah kampanye yang dirancang khusus untuk membantu orang-orang mencapai berat badan ideal, dimana yang dimaksud dengan 3R adalah:

Reduce

Kadang di saat jam makan siang kta sering makan berlebihan dengan pola makan yang tidak teratur. Ini biasanya terjadi karena terlalu lama menahan lapar dari pagi sehingga keinginan untuk makan menjadi tidak terkendali.

“Di sini kita sarankan untuk konsumsi Greek yogurt sebelum makan,” terang Ricky. “Greek yogurt ini tinggi protein sehingga bisa timbulkan rasa kenyang, dan teksturnya juga lebih kental sehingga lebih padat di pencernaan,” tambahnya.

Ricky menyarankan untuk konsumsi Greek yogurt di saat-saat sebelum waktunya makan besar, seperti jam 10:00 sebelum makan siang dan jam 17:00 sebelum makan malam. Dengan begitu, saat waktu makan tiba, kamu tidak terlalu kelaparan dan bisa mengontrol nafsu makan agar tidak berlebihan.

Greek yogurt yang tinggi protein (Foto: Dok. Heavenly Blush)

Rebalance

Menurut Ricky, banyak orang melakukan diet hanya sekadar membatasi makanan namun tidak tahu takaran nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari. Akibatnya adalah bukannya menjadi lebih sehat, tapi justru kekurangan nutrisi.

“Disinilah butuh rebalance dan kami ada Yoguruto. Yogurt yang rendah gula, rendah lemak tapi tinggi kalsium, kaya nutrisi susu dan ada serat probiotik,” terang Ricky.

Lebih jauh, Ricky juga menjelaskan bahwa pencernaan adalah otak kedua manusia. Kalau kondisi pencernaan baik, maka saraf akan mengirimkan sinyal yang baik ke tubuh sehingga kita merasa lebih segar dan happy. Sebaliknya pencernaan yang tidak baik akan berdampak negatif buat kita, seperti mudah marah, kulit kusam, hingga susah tidur. Itu sebabnya kenapa pencernaan harus terjaga kondisinya, termasuk nutrisi yang seimbang.

Remove

Makanan yang masuk ke tubuh tidak semuanya diserap dan pasti ada sisanya yang akan menjadi kotoran. Masalahnya, tidak semua orang terbiasa BAB dengan lancar dan teratur. Itu sebabnya sistem remove ini mutlak diperlukan.

“Pada remove ini menggunakan Tummy yogurt yang kaya akan kandungan serat,” terang Ricky. “Ada banyak faktor yang sebabkan orang tidak lancar BAB dan dengan Tummy yogurt diharapkan bisa lebih lancar,” tambahnya.

Jadi, dengan menggabungkan konsep reduce, rebalance dan remove diharapkan pola makan jadi lebih teratur, nutrisi lebih terjaga dan pencernaan jadi lebih baik.

Tidak Terlalu Asam

Salah satu keunggulan Heavenly Blush adalah rasanya yang tidak terlalu asam. Menurut Ricky ini karena produk Heavenly Blush telah melalui fermentasi menggunakan bakteri asam laktat yang tidak menimbulkan rasa terlalu asam namun nutrisi yogurt sudah terbentuk.

Ricky juga mengingatkan bahwa yogurt dengan PH (derajat keasaman) rendah akan semakin terasa asam dan biasanya untuk menutupi rasa yang terlalu asam akan ditambahkan banyak gula. “Ini yang berbahaya, karena gula justru akan memberi makan bakteri jahat dan melemahkan bakteri baik di pencernaan. Jadi fungsi yogurtnya jadi tidak optimal,” terang Ricky.

Yogurt Heavenly Blush yang tidak terlalu asam (Foto: Dok. Heavenly Blush)

Lalu, benarkah rasa asam pada yogurt juga berbahaya bagi lambung? Sebetulnya asam laktat yang ada pada yogurt sama sekali tidak berbahaya bagi lambung sehingga tidak akan menimbulkan gangguan apapun. “Yang bahaya adalah asam sitrus, asam cuka dan lain-lain yang sengaja ditambahkan ke yogurt agar rasa asamnya lebih tajam,” terang Ricky. “Heavenly Blush tidak menambahkan asam seperti ini dan hanya asam laktat yang tidak berbahaya bagi lambung,” tambahnya.

Jadi, untuk membeli yogurt, Ricky menegaskan untuk mengecek dulu bahan-bahan yang digunakan. “Jangan mengandalkan harga yang murah saja, tapi cek bahannya. Kalau tinggi gula sebaiknya jangan dikonsumsi,” terangnya.

Mencapai berat badan yang ideal bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang cukup mudah adalah dengan rutin konsumsi yogurt. Kamu bisa memulainya dengan pilihan produk dari Heavenly Blush yang sudah diformulasikan seperti diatas. Selain mendapatkan manfaatnya, kamu juga bisa menikmati kelezatan rasanya yang tersedia dalam berbagai varian.

Visited 8 times, 1 visit(s) today