Saatnya Refreshing, Ini 15 Tempat Liburan Bertema Petualangan di Sekitar Bogor dan Sukabumi

Setelah cukup lama berdiam diri di rumah karena pandemi, rindu untuk liburan tentu saja ada. Namun liburan di masa New Normal pastinya berbeda dengan kondisi liburan biasanya. Selain harus mentaati protokol kesehatan, destinasi liburan yang bernuansa alam bebas kini jadi pilihan untuk menghindari risiko penyebaran virus Covid-19. Nah, buat Sahabat Goodlife yang berencana liburan sambil beraktivitas seru di ruang terbuka, berikut ini adalah beberapa tempat di sekitar Bogor dan Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan. 

1. The Forest Cisarua 

Akomodasi yang lokasinya berdekatan dengan Taman Safari ini menyediakan pilihan tempat menginap berupa resor, tenda glamping dan pondok (cabin). Untuk tenda glampingnya sendiri, disediakan kasur yang nyaman, selimut, lemari untuk menyimpan pakaian hingga televisi. Sedangkan fasilitas pondoknya berupa balkon, kamar mandi dengan shower dan 2 ranjang susun.

Fasilitas yang tersedia adalah kolam renang, gedung aula, kids ground, tungku perapian untuk api unggun dan saung untuk bersantai sambil berkumpul. Sementara, aktivitas yang ditawarkan adalah permainan paintball, bertualang naik ATV (All Terrain Vehicle atau kendaraan segala medan), dan rafting

  • Alamat: Desa Cidokom, Jl. Lembah Nyiur / Alternatif Cisarua No. 65, Cisarua Bogor 
  • Instagram: @theforestcisarua 
Foto: IG @theforestcisarua

2. Filemon Camp 

Meskipun lokasinya terlihat cukup menantang dan terkesan hanya kendaraan berpenggerak 4 roda saja yang bisa mencapainya, Filemon Camp sebetulnya cukup mudah diakses dengan berbagai jenis kendaraan, seperti minibus dan sedan. 

Untuk bermalam, Sahabat Goodlife bisa menggunakan tenda yang disediakan pengelola atau membawa tenda sendiri dari rumah. Berbagai aktivitas petualangan juga tersedia di tempat ini, mulai dari bersepeda gunung, mengunjungi kebun teh hingga bertualang naik mobil Land Rover klasik melintasi perbukitan. 

  • Alamat: Jl. Praboro – Cisadon, Bojong Koneng, Bogor 
  • Instagram: @filemoncampground 
  • Whatsapp: 0811-111-776 
Foto: IG @filemoncampground

3. Puncak Langit Camping Ground 

Berada persis di tengah hutan pinus dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, Puncak Langit Camping Ground tak hanya memanjakan tamunya dengan udara segar dan pemandangan cantik, tapi juga pilihan akomodasinya yang cukup nyaman.

Selain tenda dengan fasilitas kasur nyaman, tempat ini juga menyediakan Pinus Room, berupa rumah mungil dengan bentuk piramida dengan warna-warni cerah. Salah satu aktivitas seru di sini adalah bike camp yang menjanjikan petualangan seru melintasi hutan dan bukit dengan sepeda. 

Di masa pademi, pengelola menerapkan protokol kesehatan dengan baik, salah satunya dengan membatasi jumlah pengunjung. Tenda antar pengunjung diberi jarak sejauh 1,5 meter dan semua akomodasi yang selesai digunakan akan disemprot dengan desinfektan.

  • Alamat: Jl. Cipendawa, Megamendung Cisarua, Bogor 
  • Instagram: @puncak_langit 
  • Whatsapp: 0882-2566-9804 
Foto: IG @puncak_langit

4. Forrester Glamping 

Ini seru banget, karena untuk menuju ke lokasi glamping, Sahabat Goodlife akan diantar dengan shuttle berupa mobil offroad dengan bak terbuka. Di siang hari tentu saja akan terasa panas, tapi tentu ini akan jadi pengalaman tak terlupakan saat berlibur. 

Akomodasinya berupa tenda yang diberi nama Glasto tent, yaitu tenda yang terinspirasi dari bentuk tenda khas di festival tahunan Glastonbury di Inggris. Fasilitasnya selain kasur empuk yang nyaman, juga karpet berwarna-warni yang Instagramable. Jangan lupa untuk jalan-jalan ke Curug Panjang yang lokasinya hanya 10 menit jalan kaki dari area glamping. 

Foto: IG @forresterglamping

5. The Highland Park Resort 

Tempat glamping yang satu ini memang cocok banget buat Sahabat Goodlife yang ingin beraktivitas luar ruang dengan maksimal sambil foto-foto dengan latar pemandangan yang indah. Selain pemandangan hutan pinus, tenda-tenda di tempat ini dirancang seperti tenda Indian dan Mongolia. 

Fasilitasnya juga maksimal mirip dengan hotel, yaitu televisi, kasur nyaman hingga pendingin ruang. Aktivitas yang disediakan juga beragam, mulai dari kolam renang, flying fox, mini golf, hingga karaoke. 

Foto: IG @thehighlandparkresortbogor

6. Herman Lantang Camp 

Buat Sahabat Goodlife yang aktif di komunitas pecinta alam, pasti sudah gak asing lagi dengan nama Herman Lantang. Lokasi glamping yang dikelola langsung oleh salah satu tokoh pecinta alam Indonesia ini cocok buat kamu yang ingin liburan ala petualang bersama keluarga sekaligus ingin tetap nyaman dengan fasilitas yang maksimal. 

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Curug Nangka, maka bertualang ke air terjun menjadi pilihan utama yang menyenangkan untuk dilakukan saat bermalam di sini. Akomodasinya berupa tenda yang dibangung di bawah bangunan pondok sederhana. Setiap unit tenda dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang bersih di sampingnya. Jadi gak perlu jalan jauh untuk menuju kamar mandi. 

Foto: IG @hermanlantangcamp

7. Pondok Rasamala 

Mau bergaya petualang tapi enggan meninggalkan kenyamanan. Nah, Pondok Rasamala bisa jadi pilihan. Lokasinya yang berada di tengah hutan membuat tempat ini cocok untuk menyepi dari keramaian kota besar dan lebih dekat dengan alam, karena di tempat ini Sahabat Goodlife juga masih bisa mendengarkan gemericik air sungai, tersentuh kabut gunung dan kicauan burung di pagi hari. 

Akomodasinya terdiri dari villa berkapasitas hingga 8 orang, tenda glamping dan camping ground buat pengunjung yang hendak membawa tenda sendiri. 

  • Alamat: Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Bogor 
  • Marketing Office: Jl. Sawo No. 99A, Cipete Utara, Jakarta Selatan 
  • Instagram: @pondokrasamala 
  • Whatsapp: 0857-7108-9787 
Foto: IG @pondokrasamala

8. Leuweung Geledegan Ecolodge 

Tempat ini lokasinya gak jauh dari pusat kota Bogor. Jadi cocok banget buat Sahabat Goodlife yang mau liburan sambil melihat pemandangan pegunungan tapi gak mau terlalu jauh dari Jakarta. 

Tempat ini menyediakan 82 unit akomodasi yang dirancang mirip tenda dengan warna putih cerah. Fasilitasnya juga setara dengan hotel, yaitu tempat tidur nyaman, televisi, pendingin ruangan dan kamar mandi dalam kamar. 

Tempat ini juga memiliki 2 kolam renang, 2 restoran berkapasitas hingga 50 orang dan lahan untuk aktivitas outbond seluas 1 hektar. Pengelola juga memiliki perkebunan yang terdiri dari 500 jenis tanaman dan memang dirancang untuk wisata edukasi. Namun di masa pandemi aktivitas ini dibatasi jumlah pesertanya. 

Foto: IG @lge_bogor

9. Wonderful Citamiang 

Dengan dikelilingi oleh hutan pinus yang sejuk, tempat ini menawarkan berbagai jenis akomodasi sesuai dengan keinginan, yaitu tenda glamping dan rumah pondok yang dirancang sederhana. 

Fasilitas akomodasinya tergolong lengkap, yaitu kamar mandi, saluran televisi kabel, sofa bed hingga persediaan kopi dan teh. Bila ingin bertualang di lingkungan sekitar, pilihannya adalah trekking ke Sungai Ciliwung atau menjelajahi kebun teh. 

  • Alamat: Tugu Utara Cisarua, Puncak, Bogor 
  • Instagram: @wonderfulcitamiang 
  • Whatsapp: 0819-9053-0888 
Foto: IG@wonderfulcitamiang

10. Teras Jingga Camp Ground 

Kawasan kemping ini menyediakan akomodasi berupa tenda berkapasitas 3 hingga 4 orang, dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi terpadu yang dilengkapi dengan shower, air panas dan toilet duduk. Ada juga ruang makan yang dirancang untuk bersantap secara prasmanan dengan sajian minuman hangat dan camilan yang tersedia selama 24 jam. 

Selama menginap, pengunjung bisa mengikut aktivitas menarik, yaitu berkeliling kebun teh, trekking ke hutan atau mengunjungi air terjun. Tak perlu khawatir soal keamanan kesehatan, karena tempat ini sudah menerapkan protokol kesehatan khusus pariwisata, CHSE untuk operasionalnya. 

Foto: IG @teras.jingga

11. Gunung Geulis Campsite

Karena konsepnya yang eco-friendly, jadi tempat ini sama sekali gak menyediakan air mineral dalam kemasan plastik. Pengelola melalui website-nya juga menyarankan agar pengunjung yang datang membawa botol minum sendiri dan nantinya bisa diisi ulang di tempat-tempat yang sudah disediakan. 

Tempat ini menyediakan 50 unit akomodasi berupa tenda yang dirancang dengan nyaman, 2 gedung pertemuan dengan kapasitas hingga 150 orang, kolam renang, tempat bermain anak dan area parkir yang luas. 

Aktivitas yang ditawarkan berupa latihan memanah, naik sepeda gunung, naik mobil melintasi jalur offroad, dan outbond. Bagi yang tertarik untuk berlatih yoga, tempat ini juga menyediakan paket Yoga Experience

  • Alamat: Taman Nasional Gunung Geulis, Jl. Raya Pasar Angin, Bogor 
  • Instagram: @gununggeuliscampsite 
  • Whatsapp: 0812-1880-8808 
Foto: IG @gununggeuliscampsite

12. Sparks Forest Adventure 

Mulai beroperasi pada 2019, Sparks Forest Adventure ini mengusung konsep tree house atau rumah pohon. Akomodasinya terbuat dari kayu dan sebagian dibangun dengan rancangan rumah panggung. Namun yang menarik, tempat ini juga menawarkan akomodasi glamping yang terdiri dari 6 unit tenda. 

Pilihan aktivitasnya juga beragam, mulai dari bermain di waterpark, beraktivitas di kawasan outbond, dan mengamati burung di Mini Bird Park

Foto: IG @sparksforestadventure

13. Bravo! Adventure 

Kalau masih kurang puas sekadar bermalam di tenda yang mewah, Bravo! Adventure menawarkan petualangan yang seru. Di sini Sahabat Goodlife bisa mencoba menikmati sensasi rafting dan aktivitas lain, seperti hiking, trekking dan sepeda lintas alam. Gak perlu repot bawa sepeda, karena pihak pengelola juga menyediakan sepeda untuk disewakan.

  • Alamat: Bantarselang, Cikidang, Sukabumi 
  • Instagram: @bravoadventure 
  • Whatsapp: 0812-8020-8020, 0857-9566-6881 
Foto: IG @bravoadventure

14. Situ Gunung Suspension Bridge 

Dikenal juga dengan nama Jembatan Gantung Situ Gunung, tempat ini juga diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Selain populer dengan jembatan gantungnya yang ikonik, tempat ini juga dikenal dengan kawasan kempingnya yang asri. Namun, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum bermalam di tempat ini. 

Selain mengunjungi jembatan gantungnya, tempat ini juga menawarkan petualangan ke Curug Sawer dengan tinggi 35 meter dan bisa dicapai dengan jalan kaki melintasi hutan Situ Gunung sejauh 1,7 kilometer. 

Kalau ingin bersantai, bisa juga mengunjungi Danau Situ Gunung untuk sekadar menikmati pemandangan Gunung Gede Pangrango atau bermain sepeda air dan naik rakit mengelilingi danau. 

  • Alamat: Taman Nasional Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi 
  • Instagram: @situgunungsuspensionbridge 
  • Whatsapp: 0811-1522-422 
  • Email: situgunungbridge@gmail.com 
Foto: IG @situgunungsuspensionbridge

15. Tanakita Camp 

Berlokasi di kaki Gunung Gede Pangrango, tempat ini merupakan area berkemah dengan fasilitas yang cukup lengkap. Selain itu, pilihan aktivitasnya juga beragam, mulai dari river tubing, paintball, dan aktivitas berkelompok lainnya yang dilakukan di alam terbuka. 

Di masa pandemi seperti ini, Tanakita Camp juga sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar pemerintah demi kenyamanan dan keamanan pengunjungnya. Sangat direkomendasikan untuk menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu untuk memastikan persyaratan dari protokol kesehatan yang berlaku. 

Foto: tanakita.id
Visited 9 times, 1 visit(s) today