Makan Berat Sehabis Olahraga, Boleh Gak Sih?

makan

Langsung makan setelah olahraga menjadi dilema banyak orang. Di satu sisi, olahraga sudah membuang kalori, jika langsung makan maka akan seperti sia-sia. Di sisi lain, rasa lapar yang timbul setelah olahraga juga tidak bisa diabaikan. Lalu, bolehkah langsung makan berat sehabis olahraga?

Rasa lapar yang muncul setelah olahraga adalah hal yang wajar. Pasalnya, ketika berolahraga tubuh mengeluarkan energi dan itu menyebabkan perut menjadi lapar. Olahraga juga membuat otot-otot tubuh bekerja keras sehingga membutuhkan nutrisi untuk memulihkan kondisinya.

Karenanya, sangat penting untuk makan setelah olahraga, meskipun kamu ingin menurunkan berat badan.

Sponsored Links

Yang Terjadi Jika Tidak Makan Setelah Olahraga

Gula Darah Rendah

Tubuh memerlukan nutrisi untuk menggantikan energi yang telah terpakai selama olahraga. Jika kita tidak makan setelah olahraga, otak akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk ‘menghemat energi.’

Pada kondisi itu, tubuh akan mengambil cadangan glikogen. Glikogen adalah bentuk glukosa, sumber energi utama yang disimpan tubuh terutama di hati dan otot. Glikogen juga berfungsi menstabilkan gula darah.

Jika kamu tidak makan setelah olahraga, gula darah akan turun dan hal itu membuat tubuh gemetar, keluar keringat dingin, lemas, dan pusing.

Kram Otot

Ketika tidak mendapatkan asupan makanan setelah berolahraga, tubuh akan mengambil sumber energi lain dari lemak atau otot. Jika hal itu terjadi, maka otot berpotensi kehilangan massa dan membuatnya menjadi lemah sehingga memicu kram otot.

Tidak makan setelah olahraga bisa memicu kram otot (Foto: pexels)

Dehidrasi

Selama berolahraga, tubuh mengeluarkan cairan melalui keringat. Jika cairan tubuh yang keluar tidak diganti, akan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan tubuh mengalami dehidrasi. Akibatnya, kamu akan merasa kelelahan, pusing, bahkan bisa pingsan.

Bolehkah Langsung Makan Berat Sehabis Olahraga?

Meskipun kamu harus makan sehabis olahraga, namun sebaiknya jangan langsung makan besar sehabis olahraga. Pasalnya, setelah berolahraga, tubuh akan mengalami peningkatan aliran darah ke otot-otot. Jika langsung makan, hal itu bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, dan diare.

Selain itu, makan berat sehabis olahraga juga bisa mengganggu penyerapan nutrisi. Hal itu dikarenakan saat berolahraga, tubuh melepaskan hormon insulin untuk membantu penyerapan glukosa dari darah. Jika langsung makan berat, akan membuat insulin bekerja keras untuk menyerap glukosa, sekaligus menyerap nutrisi. Pada akhirnya, akan mengganggu penyerapan nutrisi.

Lalu kapan sebaiknya kita makan sehabis olahraga?

Dilansir dari Mayoclini. sebaiknya makan besar setelah 2 jam sehabis olahraga. Namun jika tidak memungkinkan, kamu bisa menunggu 30-60 menit setelah berolahraga, baru makan besar.

Meskipun ingin mengembalikan energi dan nutrisi tubuh sehabis olahraga, bukan berarti kamu boleh makan besar secara berlebihan. Kamu tetap harus memperhatikan porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Sehabis olahraga, kita disarankan makan yang mengandung karbohidrat dan protein. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi bisa membantu mengisi kembali energi yang keluar selama olahraga. 

Sementara itu, makanan berprotein tinggi sangat berguna untuk memperbaiki dan membangun massa otot.

Makanan karbohidrat tinggi yang disarankan, seperti nasi merah, kentang, oatmeal, sayur, dan buah-buahan. Makanan kaya protein yang sebaiknya dimakan sehabis olahraga, antara lain dada ayam, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan.  

Nah, jangan salah lagi ya soal makan berat sehabis olahraga. Kamu wajib makan makanan berkarbohidrat dan protein tinggi setelah 30-60 menit berolahraga. 

Visited 29 times, 1 visit(s) today