6 Alat di Gym yang Bisa Bantu Hilangkan Perut Buncit

gym

Selain menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan, penggunaan alat gym berikut ini juga sangat efektif untuk membantu menghilangkan perut buncit. 

Memiliki perut buncit, bukan saja mengganggu dari segi estetika penampilan, tetapi juga membahayakan bagi kesehatan.

Menurut Kementerian Kesehatan RI batas aman lingkar perut normal untuk pria adalah 90 sentimeter dan untuk wanita adalah 80 sentimeter. Lingkar perut yang melebihi batas ini menjadi tanda bahwa kamu memiliki lemak perut yang berlebihan.

Lemak yang menumpuk di area perut ini biasanya disebabkan oleh pola makan tinggi lemak dan gula, tidak aktif bergerak (olahraga), stres, atau kurang tidur.

Sponsored Links

Dampak Buruk Perut Buncit

Berikut ini beberapa dampak buruk perut buncit terhadap kesehatan.

Risiko Penyakit Jantung Meningkat

Dilansir dari nytimes studi yang dilakukan oleh The Million Women di Inggris menjelaskan bahwa semakin besar lingkar pinggang wanita maka risiko untuk kena penyakit jantung semakin kuat. Tambahan 2 inci lingkar pinggang wanita akan menaikkan risiko penyakit jantung sebesar 10%.

Risiko kanker

Kumpulan lemak di dalam tubuh merangsang produksi sitokin (senyawa peradangan) yang dapat mengganggu metabolisme tubuh, meningkatkan hipertensi, dan risiko kanker tertentu seperti kanker usus besar, pankreas, dan tenggorokan.

Diabetes

Memiliki lemak berlebih di perut juga bisa mengurangi kinerja dan efektivitas insulin sehingga gula darah tidak terkontrol dan menyebabkan peningkatan risiko diabetes.

Alat Gym yang Bisa Hilangkan Perut Buncit

Selain perubahan pola makan dan gaya hidup yang sehat, alat gym berikut ini bisa bantu hilangkan perut buncit.

Treadmill

Ini adalah alat yang paling banyak ditemui di pusat kebugaran atau gym. Lari atau berjalan di atas treadmill selama durasi tertentu dengan rutin sangat efektif membantu membakar lemak, termasuk lemak yang terdapat di sekitar perut.

olahraga
Treadmill adalah alat yang selalu ada di setiap gym, bisa digunakan dengan santai hingga intensitas tinggi (Foto: Pexels)

Lari dan berjalan di treadmill juga dapat meningkatkan denyut jantung, sekaligus membakar kalori.

Kamu bisa memilih program latihan di treadmill yang sesuai dengan tujuan kesehatan kamu, seperti interval atau hill climb untuk meningkatkan pembakaran kalori dan meningkatkan kekuatan otot perut, paha, dan kaki.

Lat Pulldown Machine

Latihan dengan alat ini dengan gerakan pull-down akan berfokus pada otot-otot inti di bagian perut, membantu mengecilkan perut, memperbaiki postur tubuh, dan meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mengurangi risiko cedera, sebaiknya lakukan latihan pada pulldown machine dengan bimbingan instruktur.

Sepeda statis

Latihan di atas sepeda statis akan melibatkan otot kaki, sekaligus menguatkan otot perut. Saat mengayuh, otot perut akan aktif bekerja untuk menjaga keseimbangan tubuh dan hal itu sangat efektif untuk mengencangkan dan menguatkan otot perut secara keseluruhan.

Bersepeda statis juga merupakan latihan kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran dan membakar lemak dalam tubuh.

Sepeda statis juga sekaligus menguatkan otot kaki (Foto: Pexels)

Ab roller

Ab Roller dirancang untuk fokus melatih otot perut. Prinsip kerja ab roller adalah kamu mendorong alat ke bagian depan dan kemudian menarik ke belakang lagi. Ketika menggerakkan ab roller, otot-otot perut harus bekerja ekstra untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Latihan menggunakan ab roller sangat efektif mengencangkan bagian perut yang buncit atau kendur.

Rowing machine

Seperti namanya, latihan dengan rowing machine mengharuskan kamu melakukan gerakan seperti orang sedang mendayung. 

Gerakan mendayung ini sangat efektif melatih sebagian besar otot tubuh, seperti otot kaki, otot lengan, punggung, dan terutama otot inti atau perut.

Gym ball

Gym ball atau bola fitnes merupakan alat gym yang sangat fleksibel untuk digunakan sebagai latihan yang melibatkan otot inti. Gym ball dapat digunakan dalam berbagai latihan dan gerakan yang membentuk otot perut.

Misalnya gerakan latihan duduk di atas bola gym sambil menjaga keseimbangan atau sambil melakukan gerakan-gerakan tertentu yang melibatkan otot perut.

Selain dapat melatih otot perut, latihan menggunakan gym ball juga meningkatkan fleksibilitas dan stabilitas tubuh secara keseluruhan. Untuk menghilangkan perut buncit, alat-alat gym di atas bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan. 

Selain membakar lemak di sekitar perut, berlatih menggunakan alat-alat gym juga bisa menguatkan otot inti, meningkatkan keseimbangan dan stabilitas tubuh. Lakukan latihan dengan konsisten sambil mengubah pola makan yang lebih sehat.

Visited 1 times, 1 visit(s) today