Bukan Cuma Buat Bela Diri, ini Manfaat Lain dari Belajar Aikido

olahraga

Setelah tampil di beberapa film aksi terkenal, bela diri aikido kini mulai dikenal banyak orang dan peminatnya juga makin bertambah. Bela diri yang gayanya seperti orang menari ini juga diklaim punya banyak sisi positif buat yang mempelajarinya.

Jepang memiliki berbagai macam seni bela diri yang sudah terkenal di seluruh belahan dunia. Contohnya karate, judo, kedo, dan aikido. Aikido sendiri merupakan seni bela diri yang diciptakan oleh Morihei Ueshiba dengan berfokus pada teknik bertahan, bukan menyerang. Karena gerakan yang dilakukan tidak memerlukan tenaga yang besar, aikido menjadi olahraga bela diri yang digemari oleh wanita dan lansia.

Selain untuk belajar mempertahankan diri, aikido juga memiliki manfaat lainnya yang dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah manfaat tersebut?

Menyehatkan fisik

Pergerakan yang dilakukan dalam bela diri aikido melingkupi peregangan tubuh dan penggunaan postur tubuh alami manusia. Sehingga, aikido dapat menjadi bentuk olahraga yang baik untuk pengondisian aerobik, meningkatkan kekuatan dan kelenturan, memperbaiki postur, meningkatkan reaksi dan koordinasi serta keseimbangan tubuh.

Selain itu, aikido juga dapat meredakan rasa sakit pada tubuh, menyehatkan jantung, dan menurunkan tekanan darah. 

Melatih kepekaan

Berlatih aikido dapat membuat seseorang merasa lebih santai dan juga percaya diri. Terlebih lagi, aikido juga dapat melatih agar seseorang lebih sadar dan peka terhadap dirinya sendiri dan juga lingkungan sekitar. 

Menguatkan mental

Selain berbagai macam manfaat kesehatan fisik, aikido juga menawarkan berbagai macam manfaat bagi kesehatan mental. Melakukan aikido dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, fokus, dan juga lebih peka. Seiring dengan latihan yang berkala, aikido juga membantu melatih diri untuk dapat menghadapi situasi penuh tekanan dengan kepala dingin dan positif.

Aikido justru melatih kamu untuk lebih sabar dan mengendalikan diri (Foto: Pexels)

Sarana pengembangan diri

Dalam aikido, seluruh praktisionernya diwajibkan untuk menghadapi masalah yang ada di depan mata dan tidak melarikan diri. Secara tidak disadari, berlatih aikido menjadi sebuah proses untuk mengatasi berbagai macam masalah serta meningkatkan kepekaan, keputusan, dan kekuatan dalam diri.

Manfaat kejiwaan

Tidak hanya manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, aikido juga dapat meningkatkan spiritualitas seseorang dengan meningkatkan pemahaman intuitif seseorang terhadap dirinya, melihat kehidupan dengan fokus, meningkatkan perspektif, dan juga kejelasan hal-hal yang ada di sekitar seseorang.

Itulah beberapa manfaat aikido yang bisa diambil untuk diri kita sendiri dan juga orang lain. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba belajar aikido di waktu luangmu.

Visited 17 times, 2 visit(s) today