Ini Dia Game Social Distancing yang Viral di Jepang, Cobain Yuk!

Game Mitsu desu

Walaupun sudah berjalan beberapa bulan lamanya, namun kondisi pandemi masih belum usai. Tugas kita pun untuk menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan harus tetap dilanjutkan. Contohnya seperti menggunakan masker saat berada di luar rumah dan menjauhi kerumunan. Berbicara soal kerumunan, ternyata di Jepang sedang viral salah satu game tentang social distancing lho. Namanya adalah “Mitsu desu.” Sahabat Goodlife penasaran? Yuk, kita mulai bahas!

Sponsored Links

Apa Itu Game “Mitsu Desu” ?

Jika diartikan ke bahasa Indonesia, “mitsu” adalah kepadatan. Maksudnya mengarah pada kepadatan masyarakat. Ada pula istilah “san mitsu” berarti tiga kepadatan yang perlu dihindari. Ketiga hal tersebut diantaranya ruang tertutup, tempat keramaian, dan kontak langsung dengan orang lain secara dekat. Karena saat social distancing, jarak aman kita dengan orang lain yaitu 2 meter atau 6 langkah dari mereka.

Game ini menampilkan Gubernur Tokyo bernama Yuriko Koike yang membubarkan kerumunan masyarakat yang membandel dengan mengatakan “mitsu desu!

Game Mitsu desu
Gubernur Tokyo, Yuriko Koike (Foto: Tokyo Metropolitan Govenment, https://www.metro.tokyo.lg.jp/)

Ini bermula dari seorang mahasiswa Jepang bernama Mose (@motulo) yang memposting game buatannya melalui twitter. Selang beberapa waktu, postingannya pun mendapatkan tanggapan baik dan banyak warganet yang memainkan game ini.

Bagaimana Cara Bermainnya?

Game Mitsu desu
tampilan saat mendapat wagyu beef & ikan

Dengan tampilan yang sederhana, game ini cukup mudah dipahami sehingga dapat memudahkan pemain. Walaupun aslinya merupakan game Jepang, namun kita juga bisa memilih bahasa Inggris yang disediakan. Saat berbahasa Inggris, kata “mitsu desu” diterjemahkan menjadi “social distance.”

Pertama-tama, kita memilih ingin tipe permainan yang mudah atau normal. Saat game dimulai, kita akan berperan sebagai karakter utama yang mana menjadi Koike. Akan ada lingkaran hijau yang melingkari tubuh kita sebagai bentuk jarak aman dalam menghindari keramaian. Saat melihat keramaian tersebut, maka kita perlu membubarkannya dengan cara klik di bagian itu dan suara “mitsu desu” atau “social distance” pun terdengar.

Sebagai pertahanan, kita disediakan 5 buah masker yang akan hilang saat orang lain masuk dalam lingkaran hijau di sekitar kita. Tapi tak perlu khawatir, di tengah perjalanan akan ada karakter dari Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri di Jepang, yang memberikan masker untuk mengisi kembali bagian yang hilang tadi. Selain itu, kita juga memiliki peluang untuk mengambil bagian wagyu beef dan ikan segar. Masker Abe, wagyu beef dan ikan segar itu mengarah pada sindiran untuk kebijakan pemerintah Jepang agar dapat menyediakan bahan-bahan itu kepada masyarakat.

Game Mitsu desu
cara mendapatkan Masker Abe

Dimanakah Kamu Bisa Memainkannya?

Kabar baik, bagi Sahabat Goodlife yang ingin mencoba memainkan game ini tidak perlu mengunduh atau memasang perangkat lunaknya. Kita hanya perlu membuka browser dan mengaktifkan internet saja, lalu sudah bisa mainkan deh.

Ada versi 3D juga membuat Koike menjadi bisa terbang di udara dan berlari saat membubarkan kerumunan massa, loh. Link-nya di bawah ini, yah.

Versi Bahasa Jepang http://gamingchahan.com/mitsudesu/

Versi Bahasa Inggris https://gamingchahan.com/mitsudesuenglish/

Versi 3D https://unityroom.com/games/mitsu-desu-3d

Jadi, secara keseluruhan game “Mitsu desu” bisa memberikan pembelajaran bagi kita semua untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal ini dilakukan guna mencegah virus Covid-19 tidak semakin menyebar. Di akhir permainan pun ada sebuah kalimat yang diutarakan yaitu “ouchi ni ite kudasai,” yang menyarankan kita untuk kembali pulang ke rumah dan tetap #DiRumahAja selagi tidak ada kepentingan mendesak di luar sana. (Ayu Fauziah)

Visited 50 times, 2 visit(s) today