Tur Vaksin ke Amerika Serikat, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Vaksin kini menjadi salah satu harapan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang sudah berlangsung setahun lebih. Pemerintah saat ini memang sudah menggelar vaksinasi gratis ke masyarakat, bahkan untuk anak sekalipun. Namun, pandemi tak cuma soal vaksin. Dengan kondisi yang terbatas dan tak pasti, tak sedikit orang yang rindu bepergian. Itu sebabnya kini perjalanan wisata vaksin ke luar negeri menjadi pilihan menarik.

Seperti yang jelaskan oleh Grandy Soleman Oley, pengelola agen perjalanan Traxist Travel yang kini merilis paket tur vaksin ke Amerika Serikat. “Banyak yang berminat vaksin di Amerika Serikat karena vaksin yang diberikan di sini efikasinya lebih tinggi, cara dapatnya juga sangat mudah,” terang Grandy saat berbincang dengan Goodlife.

Sponsored Links

Terbuka Bagi Siapa Saja

Salah satu kemudahan yang diberikan pada layanan vaksin Covid-19 di Amerika Serikat adalah konsepnya yang bersifat terbuka untuk siapa saja. “Di sini tidak jadi masalah untuk warga negara asing, dari negara mana saja bisa dapat vaksin dengan mudah,” kata Grandy.

Menurut Grandy, untuk mendapatkan vaksin bagi warga asing di Amerika Serikat cukup dengan datang ke fasilitas kesehatan atau lembaga-lembaga yang menyediakan layanan vaksin Covid-19. “Cukup datang bawa paspor saja, nanti akan diberi penjelasan soal vaksin dan efek sampingnya, lalu kita diberi pilihan mau vaksin apa,” jelas Grandy. “Kalau wisatawan biasanya pilih Johnson & Johnson karena dosisnya hanya sekali suntik saja,” lanjutnya. 

Sementara vaksin Covid-19 yang tersedia di Amerika Serikat adalah Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson. Setelah itu pasien akan mendapatkan kartu vaksinasi sebagai bukti bahwa kita telah divaksin di Amerika Serikat dengan jenis vaksin yang kita pilih.

Peserta tur mendapatkan vaksin di New York (Foto: IG @traxist)

Begitu mudahnya cara mendapatkan vaksin di Amerika Serikat, Grandy juga mencontohkan website New York Vaccine Finder yang menurutnya sangat membantu dengan data lengkap tempat-tempat layanan vaksin gratis di New York.

“Tak perlu antre apalagi berdesakan, di Amerika Serikat tinggal datang saja langsung bisa vaksin,” tegas Grandy yang saat ini juga sudah beberapa bulan berdomisili di New Jersey.

Vaksin Sekaligus Jalan-Jalan

Di Amerika Serikat sendiri saat ini masyarakat juga sudah lebih leluasa untuk beraktivitas di tempat umum. “Memakai masker hanya diterapkan pada beberapa tempat saja, tapi secara umum sudah boleh tanpa masker,” kata Grandy. “Amerika Serikat juga tidak menetapkan peraturan karantina bagi warga asing yang datang ke sini,” tambahnya.

Kondisi yang lebih mendukung inilah yang menurut Grandy juga menjadi alasan kenapa saat ini sebetulnya cukup banyak wisatawan Indonesia yang berminat ke Amerika Serikat. Menurutnya, tur vaksin ke Amerika Serikat selain bertujuan untuk mendapatkan vaksin, juga merupakan kesempatan untuk jalan-jalan melepas penat karena kondisi yang serba terbatas di Indonesia.

“Dari peserta tur yang saya perhatikan selama di Amerika Serikat mereka sangat enjoy sekali menikmati kondisi yang lebih bebas tanpa pembatasan,” kata Grandy.

Tur vaksin Covid-19 ke Amerika Serikat ini bisa diikuti dengan pilihan harga bervariasi, mulai Rp 29.500.000 untuk 20 pax dalam 10 hari dan sudah termasuk dengan pengurusan administrasi vaksin di Amerika Serikat, asuransi perjalanan Covid-19, tiket pesawat, akomodasi, tour leader, transportasi, dan tiket masuk tempat wisata.

Lalu, apa saja yang perlu disiapkan untuk mengikuti tur vaksin Covid-19 ini? Menurut Grandy, peserta hanya harus melakukan tes antigen (tidak perlu PCR), siapkan paspor dan visa kunjungan ke Amerika Serikat saja. Selebihnya, akan disesuaikan dengan peraturan negara tujuan dan aturan penerbangan yang berlaku di masa pandemi.

Grandy Oley saat menikmati meriahnya perayaan Independence Day 4 Juli 2021 dengan kondisi tanpa masker dan boleh berkerumun. (Foto: Dok. Grandy Soleman Oley)

“Beberapa maskapai penerbangan sekarang belum bisa terbang dari Jakarta ke Amerika Serikat, tapi masih ada yang bisa, seperti Turkish Airlines, Qatar Airways, JAL dan ANA,” terang Grandy.

Di masa pandemi seperti sekarang, Grandy juga menjelaskan bahwa jadwal tur lebih mengikuti jadwal dari tamu dan tidak selalu ditentukan oleh agen perjalanan. “Saat ini juga tamu lebih cenderung suka private tour, jadi minimal 2 orang juga kami layani,” terang Grandy.

Bagi yang sudah menerima vaksin di Indonesia juga diizinkan untuk mendapatkan vaksin lagi di Amerika Serikat. Dan yang menarik, tur ini juga berlaku untuk Warga Negara Asing selain Amerika Serikat yang ada di Indonesia. 

Untuk tur vaksin Covid-19 ke luar negeri, saat ini Traxist Travel sendiri hanya menyediakan paket ke Amerika Serikat saja dikarenakan peraturan setempat yang relatif lebih mudah untuk menerima kunjungan orang asing dibanding negara lain.

Selain mendapatkan vaksin Covid-19, tur ini juga menyediakan pilihan perjalanan yang menyenangkan. Tur sendiri akan dibagi menjadi 2 wilayah, yaitu East Coast dan West Coast, dimana bagi penyuka wisata alam biasanya memilih West Coast dan penyuka budaya atau sejarah akan mengambil jalur East Coast.

West Coast akan memulai perjalanan dari San Fransisco atau Los Angeles dan mengambil rute ke Nevada, Las Vegas, Arizona, Yosemite dan Santa Barbara atau mampir ke San Diego. Sementara untuk wilayah East Coast akan memulai perjalanan dari New York atau Washington D.C. dan mengambil rute ke Niagara, Boston dan kembali ke New York.

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari 1 tahun memang membuat banyak orang merasa tertekan dan cemas. Sambil mendapatkan vaksin, tak ada salahnya kalau sekaligus juga berjalan-jalan melepas stress dengan mengikuti tur vaksin ke Amerika Serikat.

Visited 1 times, 1 visit(s) today