Berjalan di Pasir Pantai Tanpa Alas Kaki, Ternyata Banyak Manfaatnya Buat Kesehatan

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada jalan-jalan tanpa alas kaki di atas pasir pantai yang lembut sambil mendengarkan suara alam. Nyatanya, berjalan tanpa alas kaki di atas pasir pantai juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Sekadar membayangkan berjalan-jalan tanpa alas kaki di pantai berpasir lembut saja sudah bisa membuat kita tersenyum. Apalagi ketika kita benar-benar melakukannya, merasakan sendiri butiran pasir yang lembut di bawah telapak kaki kita sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. 

Sudah pasti kita akan merasakan ketenangan dan kedamaian. Karena memang bukan rahasia lagi jika berjalan kaki tanpa alas kaki di pasir pantai adalah hal yang memiliki daya tarik tersendiri. 

Namun lebih dari itu, aktivitas berjalan tanpa alas kaki di pasir pantai memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Sponsored Links

Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki di Pasir Pantai

Memperkuat otot kaki

Saat diinjak, pasir pantai akan ‘menenggelamkan’ kaki dan kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk kembali melangkah. Hal itu akan melatih kekuatan otot di lengkungan kaki, pergelangan kaki, dan kaki secara keseluruhan.

Membakar kalori

Fakta bahwa berjalan kaki di atas pasir lebih berat dibanding berjalan kaki di permukaan yang keras membuat kamu mengeluarkan energi 2-3 kali lebih banyak saat melakukannya. Energi ekstra ini membuat kamu dapat membakar kalori lebih banyak.

Dilansir dari Livestrong sebuah penelitian menunjukkan bahwa kamu bisa membakar sekitar 50% lebih banyak kalori dengan berjalan atau berlari di atas pasir dibandingkan dengan melakukannya di atas permukaan keras.

Melancarkan sirkulasi

Butiran pasir yang lembut dan tidak stabil ketika diinjak akan merangsang saraf dan otot-otot kecil di kaki. Hal itu memberi efek seperti pijatan lembut pada kaki dan dampaknya membantu meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh.

Tekstur pasir pantai yang lembut dan sedikit kasar bisa meningkatkan sirkulasi pada tubuh (Foto: Freepik)

Memberikan efek relaksasi dan meredakan stres

Kaki yang terbungkus sepatu sepanjang hari, lalu jika dibiarkan jari-jari bergerak bebas, meregang, sambil menyentuh pasir akan memberikan efek relaksasi yang menenangkan. 

Hal itu jika ditambah dengan mendengar suara alam akan membantu meredakan stres.

Eksfoliasi alami

Tekstur pasir pantai, meski lembut dapat memberikan efek eksfoliasi alami tanpa kamu harus menggosoknya. Pasir pantai bisa menghaluskan bagian yang kasar pada telapak kaki.

Tips Jalan Tanpa Alas Kaki di Pasir Pantai

Sekilas, berjalan tanpa alas kaki pasir pantai adalah hal yang mudah. Meski begitu, bagi kamu yang baru akan memulai berjalan tanpa alas kaki di pantai, berikut tips yang bisa kamu lakukan agar meminimalisasi risiko cedera.

  1. Sebaiknya pilih waktu di pagi atau sore hari ini melakukan kegiatan berjalan tanpa alas kaki di pasir pantai untuk menghindari sengatan sinar matahari.
  2. Oleskan tabir surya sebelum berjalan di pantai dan oleskan kembali setelah kamu berada 1-2 jam di pantai. Lakukan hal ini meski cuaca sedang mendung.
  3. Lakukan pemanasan dengan berjalan tanpa alas kaki di permukaan keras selama 2-3 menit untuk meregangkan otot-otot kaki.
  4. Cobalah untuk berjalan dengan jarak yang tidak terlalu jauh terlebih dahulu. Kamu bisa menyiasati dengan jarak pendek namun berjalan bolak-balik.
  5. Jangan lupa kenakan topi, kacamata, dan membawa sebotol air minum.
  6. Setelah selesai, bersihkan kaki dengan air lalu biarkan hingga sampai benar-benar kering sebelum kamu memakai kaos kaki atau sepatu untuk menghindari lecet akibat gesekan pasir dna permukaan kulit yang masih lembap.
  7. Carilah teman agar kegiatan ini semakin menyenangkan.

Jadi, lepas sepatu dan sandalmu lalu biarkan kakimu merasakan betapa menyenangkan dan menyehatkannya pasir pantai yang lembut. 

Visited 16 times, 1 visit(s) today