Hari Mencuci Tangan Sedunia 2020: Begini Cara Cuci Tangan yang Benar Agar Cegah Penyakit!

Mencuci tangan pakai sabun, hal yang gampang dilakukan tetapi sangat efektif mencegah penyakit, penyebaran infeksi ke orang lain, dan menyelamatkan nyawa. Apalagi di pandemi Covid-19 seperti sekarang, mencuci tangan menjadi kebiasaan baru (New Normal) yang harus sering kita lakukan.

Sahabat Goodlife pasti sering tanpa sadar menyentuh mata, mulut, atau hidung. Jika tangan kita kotor, kuman bisa masuk ke dalam tubuh melalui anggota badan kita yang tadi. Kuman di tangan juga bisa berpindah ke permukaan benda yang kita pegang dan dapat menulari orang lain.

Nah, untuk memperingati Hari Mencuci Tangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober ini, yuk kita ingat lagi pentingnya cuci tangan. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan diri kita sendiri tetapi juga keluarga dan orang-orang yang kita sayangi.

Melansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencuci tangan sebaiknya dilakukan saat-saat penting seperti sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, menyentuh sampah, setelah bersin dan batuk, sebelum dan setelah merawat luka.

Dan selama pandemi ini, mencuci tangan juga harus lebih sering dilakukan terutama sebelum menyentuh hidung, mata, mulut dan setelah berada di tempat umum dan menyentuh barang atau permukaan yang mungkin sering disentuh orang lain seperti tombol lift atau gagang pintu.

Harus Pakai Sabun          

Cara mencuci tangan yang baik adalah dengan menggunakan air mengalir. Hal ini untuk mencegah area tangan terkontaminasi ulang jika dicuci di air yang ditempatkan di wadah. Air di wadah tersebut bisa saja sudah terkontaminasi akibat penggunaan sebelumnya.

Nah, yang lebih penting lagi selain menggunakan air mengalir adalah mencuci tangan menggunakan sabun. Karena sabun lebih efektif mengangkat mikroba dari kulit dan ketika mencuci tangan menggunakan sabun, orang cenderung menggosok tangan dengan lebih teliti dibanding hanya menggunakan air saja.

Ketika mencuci tangan dengan sabun, pastikan Sahabat Goodlife membersihkannya hingga sela-sela jari, di bawah kuku, dan punggung tangan. Ini cara cuci tangan dengan sabun yang direkomendasikan World Health Organization (WHO).

WHO: How to handwash? With soap and water

Jangan lupa untuk menggosok di bagian tengah telapak tangan dengan ujung-ujung jari. Gerakan menggosok menciptakan gesekan yang membantu mengangkat kotoran, minyak, dan mikroba di atas permukaan kulit.

Selama 20 Detik

Meski tidak ada ukuran pasti berapa lama kita mencuci tangan, namun banyak negara dan organisasi global merekomendasikan untuk cuci tangan selama sekitar 20 detik.

Dalam jurnal yang diterbitkan oleh International Association for Food Protection disebutkan mencuci tangan selama 20 detik menunjukkan pengurangan kuman yang signifikan dibanding hanya 5 detik.

Setelah mencuci tangan, Sahabat Goodlife juga disarankan mengeringkan tangan dengan benar dengan handuk bersih atau diangin-anginkan. Karena kuman dapat lebih mudah berpindah dari dan ke tangan yang basah.

cuci tangan

Hari Mencuci Tangan Sedunia tahun 2020 ini mengusung tema Hand Hygiene for All. Dalam kesempatan ini, Goodlife mengajak kamu semua untuk menyebarkan kesadaran tentang pentingnya tangan yang bersih.

Dan mencuci tangan, kegiatan yang sangat mudah dilakukan ini, ternyata bisa sangat membantu kita semua untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan juga orang lain. Yuk, sering-sering cuci tangan dengan sabun ya Sahabat Goodlife!