Kurang Fokus Bisa Ganggu Produktivitas, ini Cara Mengatasinya

fokus konsentrasi sibuk

Salah satu kondisi yang mengganggu produktivitas baik itu saat belajar maupun bekerja adalah kurang fokus. Menciptakan kondisi agar bisa fokus memang kedengarannya sederhana, tapi nyatanya banyak orang sering tidak fokus dalam bekerja.

Kehilangan fokus atau konsentrasi dalam bekerja bisa berakibat buruk, seperti pekerjaan yang tidak selesai atau pekerjaan yang selesai dalam kondisi tidak baik secara kualitas. Buat kamu yang sibuk bekerja, ini tentu saja berbahaya karena bisa mengganggu reputasi dan prestasi kamu.

Sponsored Links

Penyebab Kurang Fokus

Hilangnya fokus dalam bekerja bisa disebabkan banyak hal, seperti misalnya:

Media sosial

Buat kamu yang mengidap sindrom FOMO, mengecek media sosial seperti menjadi sebuah keharusan yang tak bisa ditinggalkan walau hanya sebentar saja. Kondisi ini membuat kamu sering hilang fokus saat kerja karena di sela-sela pekerjaan selalu menyempatkan diri untuk mengalihkan perhatian ke media sosial.

Gangguan dari teman

Kadang kita bekerja di tengah lingkungan yang berisik. Bukan karena suara mesin atau kebisingan lainnya, tapi orang yang saling berbicara tanpa henti. Pernah kan di saat kamu sedang serius mengerjakan sesuatu, tapi teman di sekitarmu mengobrol dengan santainya.

Lingkungan seperti ini kadang terlihat biasa dan sederhana saja. Tapi bagi beberapa orang yang harus mengerjakan tugasnya dengan konsentrasi tinggi, tentu akan mengganggu.

karir
Teman kerja kadang bisa ganggu fokus dalam bekerja (Foto: Pexels)

Multitasking

Jangan mendewakan kemampuan multitasking! Beberapa penelitian sudah membuktikan betapa buruk dampak dari multitasking untuk perkembangan individu dalam berkarir dan kesehatan mental.

Multitasking juga hanya akan membuat kamu menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus tanpa mempedulikan kualitas dari hasil pekerjaannya. Multitasking juga merupakan biang keladi dari pecahnya konsentrasi sehingga kamu malah kesulitan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Kurang tidur

Ini masalah yang cukup sering dialami banyak orang. Kurang tidur bisa menyebabkan kamu sulit untuk konsentrasi akibat terganggunya metabolisme ke jaringan saraf otak. Kurang tidur yang berlarut-larut juga bisa sebabkan terganggunya tekanan darah yang menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih berbahaya dari sekadar kurang fokus.

Tingkatkan Fokus dengan Cara ini

Buat skala prioritas

Menentukan skala prioritas penting untuk dilakukan, lebih dari sekadar membuat to-do-list yang hanya mencatat apa-apa saja yang harus dikerjakan. Skala prioritas membuat kamu mengerjakan apa yang paling penting secara urgensi sehingga memudahkan kamu dalam menyelesaikan semua pekerjaan.

Jangan lupa untuk juga menentukan waktu atau durasi menyelesaikan pekerjaan. Pengaturan ini akan membuat kamu lebih terbantu dalam menyelesaikan banyak pekerjaan dan bisa fokus dengan lebih baik.

Cukup istirahat

Waktu tidur yang cukup sering disepelekan karena dianggap sudah tidak relevan lagi dengan zaman yang serba sibuk seperti sekarang. Tapi, siklus metabolisme tubuh memang sudah mengatur secara alami kebutuhan istirahat kamu.

tidur
Waktu tidur yang cukup bisa bantu tingkatkan fokus (Foto: Pexels)

Lagi pula, kebanyakan orang tidur larut malam bukan karena menyelesaikan pekerjaan, tapi lebih kepada main gadget. Jadi, justru alasan kesibukanlah yang sebetulnya tidak relevan. Bukan waktu tidur yang cukup.

Latihan meditasi

Banyak yang mengira meditasi hanya membuang-buang waktu saja dan bisa membuat pikiran jadi kosong. Tapi sebetulnya meditasi melatih kamu untuk bisa fokus pada satu hal, bukan menghilangkannya sama sekali.

Meditasi sudah terbukti ampuh untuk membantu kamu lebih fokus pada satu hal dan bisa membantu kamu juga dalam fokus pada pekerjaan. 

Terapkan rumus SMART

Buat kamu yang sering terganggu dengan banyaknya pekerjaan sehingga sulit dan bingung untuk mengerjakannya, kamu bisa menggunakan rumus SMART, yaitu:

  • Spesifik

Tentukan detail dari pekerjaan yang harus kamu lakukan. Supaya kamu paham betul pekerjaan mana yang harus ditangani lebih dulu.

  • Measurable atau terukur

Selalu cek dan ketahui sampai dimana kamu menyelesaikan pekerjaan kamu.

  • Realistis

Ketahui apakah pekerjaan yang diberikan ini memang bisa kamu selesaikan dengan tepat waktu sesuai dengan keinginan.

  • Timely

Ketahui juga kapan pekerjaan ini harus selesai sehingga kamu bisa mengatur kapan harus mengerjakannya.

Semua orang pasti mengalami kehilangan fokus dalam bekerja. Tapi masalah ini juga ada solusinya dan kamu bisa mulai mencobanya dengan beberapa hal sederhana di atas. 

Visited 7 times, 1 visit(s) today