Ternyata ini Rahasia Diet Para Bintang Sepak Bola

olahraga

Semua orang bisa saja main sepak bola. Tapi untuk menjadi atlet sepak bola di tingkat internasional hingga menjadi seorang bintang sepak bola tentu tidak mudah karena banyak hal yang harus dilakukan, terutama diet ketat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Pengaturan pola makan menjadi hal yang sangat penting bagi seorang pemain sepak bola profesional. Ini karena asupan nutrisi yang tepat akan mempengaruhi performa para atlet di lapangan saat bertanding.

Sponsored Links

Pentingnya Atur Pola Makan

Kalau bagi banyak orang mengatur pola makan adalah hal yang bisa dikatakan sulit, bagi para pemain sepak bola ini adalah hal mendasar yang wajib dilakukan. Pola makan sehat yang teratur akan membantu pemain sepak bola untuk mendapatkan nutrisi yang baik menjelang bertanding dan pengembalian tenaga yang cukup cepat saat usai bertanding. Itu sebabnya pola makan harus menjadi perhatian utama.

Mengatur pola makan adalah penting untuk pemain sepak bola (Foto: Pexels)

Sebelum pertandingan dimulai, seorang pemain sepak bola harus sudah makan dengan benar termasuk pengaturan waktunya. Jadi, sebelum pertandingan proses pencernaan dan penyerapan makanan harus sudah sehingga aliran darah bisa menuju ke otot rangka untuk menyalurkan zat gizi dan oksigen yang amat dibutuhkan saat pemain bertanding.

Asupan dan pola makan yang tepat sebelum bertanding juga berfungsi untuk menjaga stamina pemain lebih baik dan tidak mudah kelelahan saat berada di lapangan.

Selain nutrisi, para pemain sepak bola harus memperhatikan asupan cairan yang masuk dalam tubuh. Ini berguna untuk tetap menghidrasi tubuh dan tidak mudah lelah saat pertandingan berjalan.

Sedangkan setelah pertandingan, para pemain sepak bola juga harus konsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak, ini berguna untuk bisa memulihkan kondisi tubuh dengan cepat. Makan banyak karbohidrat juga akan berguna untuk mengganti cadangan glikogen (cadangan glukosa yang digunakan tubuh untuk membuat energi).

Diet Para Pemain Sepak Bola

Ada beberapa cara berdiet yang dilakukan oleh para bintang olahraga dan kamu juga bisa ikut melakukannya.

Kelola karbohidrat

Seperti yang kita tahu bahwa karbohidrat adalah sumber energi bagi setiap orang. Itu sebabnya mengapa menjadi sangat penting bagi pemain sepak bola untuk konsumsi karbohidrat secara rutin. Namun tentu saja takaran karbohidrat yang dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

Sebagai contoh, pada saat bertanding patokan asupan karbohidrat pemain sepak bola adalah 7 gram 1 kilogram berat badannya. Namun pada saat tidak bertanding hanya 5 gram per 1 kilogram berat badannya.

makanan jangan dicuci
Asupan protein dari daging merah (Foto: Pexels)

Banyak asupan protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang amat penting bagi pemain sepak bola. Memang banyak jenis makanan dan minuman yang mengandung protein, namun biasanya para pemain sepak bola mengutamakan protein yang berasal dari daging merah. Ini karena daging merah juga mengandung asam amino yang berfungsi untuk menguatkan dan memelihara otot.

Selain itu protein dari sayuran  juga baik untuk dikonsumsi. Ini juga yang dilakukan bintang sepak bola Cristiano Ronaldo yang konsumsi protein dari sayuran yang juga tinggi serat.

Tidak minum minuman berenergi

Ironis memang, karena minuman energi biasanya diiklankan dengan gambaran seorang atlet yang kuat. Padahal atlet profesional sangat menghindari jenis minuman ini. Minuman energi umumnya mengandung gula dalam kadar yang sangat banyak dan ini akan merusak pola makan yang sudah mereka lakukan. Selain itu gula berlebihan juga merupakan sumber penyakit dan berdampak buruk untuk kesehatan.

Memang tidak mudah untuk menjadi seorang pemain sepak bola profesional karena selain keterampilan mengolah bola, juga dibutuhkan tubuh sehat yang dibentuk dari latihan dan pola makan sehat yang dilakukan secara rutin dan konsisten.


Visited 1 times, 1 visit(s) today